Hello iPhone 14 dan iPhone 14 Plus! Bodi Besar, Kamera Baru dan Koneksi Satelit

Kamis, 08 September 2022 | 02:53
Apple

Warna iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. midnight, blue, starlight, purple dan (PRODUCT)RED

Apple resmi mengenalkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus di Apple Event September 2022.

Fitur andalan yang diberikan adalah layar besar dengan ukuran diagonal 6,1 inci dan 6,7 inci, kamera ganda baru di bagian belakang, fitur Crash Detection, Emergency SOS via koneksi ke satelit dan baterai ekstra tahan lama.

Greg Joswiak selaku senior vice president of Worldwide Marketing di Apple mengatakan bahwa iPhone 14 Plus diciptakan dengan layar yang besar untuk membantu kamu menikmati tampilan konten dengan lebih maksimal dan lebih banyak teks yang dapat dibaca di layar.

Joswiak juga menjelaskan seputar kamera baru yang punya peningkatan ekstra di mode jepretan low-light, 5G, eSIM dan penggunaan CPU A15 Bionic yang ditingkatkan.

“Both phones have a powerful new Main camera with a huge leap in low-light performance, advanced connectivity capabilities with 5G and eSIM, and the incredible performance of A15 Bionic, which helps enable even better battery life. All of this, tightly integrated with iOS 16, makes iPhone more essential than ever.”

Berikut ini detail untuk fitur baru yang wajib kamu tahu di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Yuk simak langsung!

Desain Kuat dan Baterai Tahan Lama

Apple
Apple

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Secara desain bodi luar, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan desain yang identik dengan iPhone 13 series.

Bedanya adalah sekarang Apple menjual iPhone 14 Plus, bukan lagi perangkat iPhone dengan bodi mini.

Dikutip dari Apple Newsroom, “Layar iPhone 14 Plus yang lebih besar dan sangat bagus untuk streaming film serta bermain game, dan iPhone 14 Plus menawarkan masa pakai baterai terbaik yang pernah ada di iPhone”

Meskipun tetap menggunakan CPU A15 Bionic, Apple mengklaim bahwa ada peningkatan di kinerja termal yang lebih baik untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Dengan ukuran diagonal layar 6,1 inci dan 6,7 inci, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan layar Super Retina XDR yang mendukung kecerahan maksimal dengan HDR hingga 1200 nits dan Dolby Vision.

Untuk bagian layar depan, Apple memberikan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus teknologi Ceramic Shield untuk membuatnya lebih kuat dari ponsel lainya.

Peningkatan Kamera dengan Photonic Engine

Apple
Apple

Photonic Engine di iPhone 14 series

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan kamera utama yang mendukung hasil jepretan 12MP dengan sensor baru dan pixels yang lebih besar

Kamera depan dengan teknologi TrueDepth camera juga diperbarui, serta kamera belakang yang mendukung mode Ultra Wide.

Apple memberikan teknologi baru Photonic Engine untuk meningkatkan performa dan hasil jepretan dengan kondisi minim cahaya.

Photonic Engine meningkatkan kinerja pengambilan cahaya di kondisi sedang hingga rendah untuk foto di semua kamera. Peningkatan kecerahan gambar dalam mode kurang cahaya ini diklaim mencapai hingga 2x pada kamera Ultra Wide dan 2x pada kamera TrueDepth, serta 2,5x pada kamera utama.

“Photonic Engine memungkinkan peningkatan kualitas jepretan yang dramatis dengan menerapkan manfaat komputasi Deep Fusion lebih awal dalam, proses pencitraan untuk memberikan detail yang luar biasa.”

“Fitur ini juga mempertahankan tekstur yang halus, memberikan warna yang lebih baik, dan mempertahankan lebih banyak informasi dalam sebuah foto.”

Apple
Apple

Fitur rekam video Action Mode di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Berikut ini daftar fitur baru dan peningkatan mode kamera di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus:

  • Kamera utama baru dengan spek ƒ/1.5 aperture dan 1.9 µm pixels.
  • Kamera depan alias TrueDepth camera baru yang menggunakan spek ƒ/1.9 aperture.
  • Action mode untuk mode rekam video yang lebih stabil yang mengurangi gerakan ketika mengambil video sembari bergerak seperti lari atau lainnya.
  • Kamera Ultra Wide baru yang mendukung Photonic Engine untuk Low Light.
  • Peningkatan True Tone Flash hingga 10 persen lebih cerah.
  • Cinematic Mode sekarang mendukung 4K at 30 fps dan 4K at 24 fps
  • End-to-end Dolby Vision HDR.

Fitur Crash Detection dan Emergency SOS via Satellite

Fitur baru lainnya yang ditambahkan Apple untuk iPhone 14 series adalah bagian dari fitur keamanan. Yaitu Crash Detection dan Emergency SOS via Satellite.

Fitur-fitur ini memperkenalkan kemampuan keselamatan inovatif yang dapat memberikan bantuan darurat di saat yang paling penting.

Pertama untuk Crash Detection. Fitur ini dapat mendeteksi kejadian kecelakaan yang kamu alami dan langsung melakukan panggilan darurat jika diperlukan.

Fitur Crash Detection bekerja dengan menggunakan akselerometer dual-core baru yang mampu mendeteksi pengukuran G-force hingga 256G dan giroskop baru yang lebih detail.

Teknologi baru ini dapat mendeteksi kecelakaan seperti tabrakan mobil yang parah dan secara otomatis menghubungi layanan darurat saat pengguna tidak sadar atau tidak dapat menggunakan iPhone.

Fitur keamanan kedua yang dikenalkan adalah Emergency SOS via Satellite.

Apple
Apple

Emergency SOS via Satellite

Dengan Emergency SOS via Satellite, kamu bisa menghubungi pihak bantuan dan melakukan panggilan darurat di daerah yang tidak mendukung sinyal seluler yaitu menggunakan koneksi ke satelit.

Apple menjelaskan bahwa Emergency SOS via Satellite ini, “menggabungkan komponen khusus yang sangat terintegrasi dengan perangkat lunak untuk memungkinkan antena terhubung langsung ke satelit, memungkinkan pengiriman pesan dengan layanan darurat saat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi”.

Karena satelit berjarak sangat jauh dengan bumi dan merupakan objek yang selalu bergerak, koneksi ke satelit ini terkadang membutuhkan waktu beberapa menit.

Untuk membuatnya semakin efisien, iPhone yang sedang menggunakan fitur ini akan menampilkan beberapa pertanyaan penting untuk menilai situasi pengguna, dan menunjukkan arah satelit yang harus dihubungkan.

Pesan yang dikirim tersebut akan diteruskan ke pusat data dan diteruskan ke pusat bantuan darurat terdekat.

Selain Emergency SOS via Satellite, teknologi ini jug abisa digunakan untuk berbagi lokasi pengguna lewat fitur Find My.

Tujuannya adalah memberikan rasa aman ketika kamu sedang bepergian dengan beberapa orang untuk aktivitas seperti mendaki gunung atau berkeman di daerah yang tidak mendukung jaringan seluler.

Fitur Emergency SOS via Satellite ini akan tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat dan Kanada mulai November mendatang dan digratiskan selama 2 tahun pertama.

CPU A15 Bionic yang Ditingkatkan

Berbeda dengan tahun sebelumnya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tidak menggunakan CPU yang sama dengan iPhone 14 Pro dan iPhoen 14 Pro Max.

Apple masih tetap menggunakan CPU A15 Bionic untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Bedanya adalah A15 Bionic di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus mendapatkan peningkatan core dibandingkan yang ada di iPhone 13 series.

CPU A15 Bionic di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan spek CPU 6-core, GPU 5-core dan Neural Engine 16-core yang mampu melakukan 15,8 triliun operasi per detik.

Penambahan Core ini khususnya diberikan untuk fitur baru yang diberikan yaitu Photonic Engine dan Cinematic Mode.

Warna dan Ketersediaan

Apple
Apple

Warna iPhone 14

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus akan tersedia dalam 5 warna yaitu midnight, blue, starlight, purple dan (PRODUCT)RED.

Pilihan kapasitas penyimpanan dan harganya (di Amerika Serikat) adalah sebagai berikut:

  • iPhone 14 128GB = $799

  • iPhoene 14 256GB = $899

  • iPhone 14 512GB = $1099

  • iPhone 14 Plus 128GB = $899

  • iPhoene 14 Plus 256GB = $999

  • iPhone 14 Plus 512GB = $1199

Jika dikonversi ke Rupiah, harga iPhone 14 mulai dari 11,8 jutaan dan iPhone 14 Plus mulai dari 13,3 juta Rupiah.

Kedua perangkat ini dapat dipesan di Apple Online Store mulai hari ini, 9 September 2022.

Apple akan melakukan pengiriman untuk para pemesan dan menjual secara resmi di Apple Store mulai 16 September untuk iPhone 14 dan 7 Oktober untuk iPhone 14 Plus.

Tim MakeMac belum mendapatkan bocoran mengenai tanggal penjualan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus di Indonesia. Kita tunggu ya!

Editor : Bagus Hernawan