Update iOS 16 Resmi Rilis untuk Pengguna Umum, Yuk Buruan Update!

Selasa, 13 September 2022 | 00:10
MakeMac

Update iOS 16

Setelah beberapa bulan menunggu, akhirnya Apple Fanboy dapat menikmati update iOS 16 mulai hari ini!

Ya, sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone alias update iOS 16 akhirnya resmi dibagikan untuk pengguna umum.

Update iOS 16 pertama kali dikenalkan pada WWDC Juni 2022 dan terus mendapatkan pembaruan dalam versi iOS 16 Beta selama 4 bulan terakhir.

Sekarang di tanggal 13 September 2022, update iOS 16 sudah resmi dapat diunduh oleh pengguna umum.

Pengguna perangkat iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus atau yang lebih baru dapat segera mengunduh update iOS 16 untuk menikmati beragam fitur terkni yang diberikan oleh Apple.

Dalam penjelasan Apple di WWDC22, update iOS 16 punya fitur andalan berupa Lock Screen yang sepenuhnya baru dan juga cara lebih menarik untuk berbagi dan berkomunikasi pada iOS 16.

Apple unveils an all-new Lock Screen experience and new ways to share and communicate in iOS 16

Users can personalize their Lock Screen, keep family photos in iCloud Shared Photo Library, recall sent messages, schedule mail, and discover more with Live Text and Visual Look Up

Bagaimana cara download update iOS 16 di perangkat iPhone yang kamu gunakan?

MakeMac
MakeMac

Update iOS 16

Silakan hubungkan perangkat iPhone ke koneksi Wi-Fi. Lalu masuk ke Settings - General - Software Update.

Tunggu hingga pemberitahuan update iOS 16 muncul di layar lalu tekan Download and Instal.

Proses download update iOS 16 akan berjalan sesuai kecepatan internet yang kamu gunakan dan setelah itu silakan instal iOS 16.

Proses instal iOS 16 akan langsung dilakukan pada perangkat dan pastikan perangkat iPhone dalam kondisi charging atau baterai di atas 50%.

Biasanya durasi waktu instal update iOS 16 berkisar antara 15 hingga 30 menit saja.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah update lewat perangkat komputer menggunakan iTunes atau Finder di macOS. Panduannya dapat kamu simak di artikel berikut ini.

Baca Juga: Daftar Perangkat iPhone, iPad yang Mendukung iOS 16 dan iPadOS 16

Fitur Andalan di Update iOS 16

Apple
Apple

Lock Screen dan Focus di iOS 16

Apple memberikan ratusan fitur baru di update iOS 16 yang dapat kamu coba pada perangkat iPhone. Beberapa diantaranya adalah peningkatan dari fitur lama yang sudah diberikan atau fitur yang sepenuhnya baru.

Salah satu fitur yang akan kamu lihat begitu selesai update iOS 16 adalah Lock Screen baru.

Dalam update iOS 16, tampilan Lock Screen yang digunakan punya beberapa desain baru.

Yaitu Lock Screen di iOS 16 mendukung mode Widget. Kamu bisa memantau beragam Widget dari Calendar, data Health di Apple Watch atau data lain dari aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

Setelah itu Lock Screen pada update iOS 16 juga mendukung mode ganti font dan warna untuk bagian Date & Time. Jadi kamu bisa menggunakan tampilan warna dan font untuk bagian keterangan waktu ini menjadi satu tema atau lebih kontras dengan wallpaper yang digunakan.

Masih seputar bagian Date & Time, wallpaper di Lock Screen iOS 16 juga bisa mendukung dynamic effect untuk gambar dengan mode Portrait.

MakeMac
MakeMac

Lock Screen di iOS 16

Hasilnya bagian gambar yang berdekatan dengan jam dan kalendar akan menutupi detail tersebut atau tampil di depan, seperti di sampul majalah.

Masih dari bagian Lock Screen, tampilan notifikasi juga sudah diubah oleh Apple menjadi ke bagian bawah layar.

Hal ini dibuat untuk memberikan ruangan lebih lega di bagian atas karena ada mode Widget Lock Screen.

Baca Juga: Cara Berhenti dari Program iOS 16 Beta dan Instal iOS 16 Versi Resmi

Setelah itu kamu juga bisa membuat desain beberapa Lock Screen dan simpan untuk digunakan sesuai kebutuhan. Desain setiap Lock Screen yang kamu buat juga bisa dihubungkan dengan fitur Focus.

Bagi pengguna Apple Watch, desain Lock Screen di iOS 16 ini mirip dengan cara mengganti template Watch Face yang sudah kamu buat.

Fitur menarik lainnya di update iOS 16 ada di aplikasi bawaan Messages.

Edit Messages di iOS 16

Kini aplikasi Messages mendukung beberapa mode baru yang sudah ditunggu oleh para pengguna sejak lama!

Fitur baru di Messages adalah edit pesan yang sudah dikirim, batalkan kirim pesan, tandai ulang pesan belum dibaca, kembalikan pesan yang sudah dihapus, menggunakan SharePlay di Messages, Dual SIM message filtering dan peningkatan pada fitur kolaborasi.

Aplikasi Mail juga tidak ketinggalan mendapatkan beberapa update penting, untuk kamu yang biasa berkirim pesan email kepada teman atau rekan kerja.

Fitur baru dan penting di Mail pada update iOS 16 juga tersedia cukup banyak.

Diantaranya adalah peningkatan mode Smart Search, notifikasi jika kamu lupa memberikan lampiran dokumen yang dibaca dari isi pesan email, batalkan kirim email, penjadwalan email, Follow Up dan Remind Me, serta masih banyak lainnya.

Masih banyak fitur baru lain yang diberikan Apple pada update iOS 16.

Mulai dari aplikasi Photos yang mendukung mode deteksi foto terduplikasi, sembunyikan foto dengan album Hidden dan Recently Deleted yang dikunci dengan Passcode Lock, Copy and Paste Edits, hingga mode Memory baru.

Baca Juga: 6 Fitur Baru Photos iOS 16: Kunci Album Hingga Copy Foto Tanpa Background

Aplikasi lain juga gak ketinggalan mendapatkan fitur baru pada update iOS 16.

MakeMac
MakeMac

Photos iOS 16

Mulai dari Camera, Reminder, Notes, Settings, Spotlight, Stocks, Translate, Visual Look Up, hingga Weather.

Meskipun ada banyak fitur baru, update iOS 16 ini sayangnya juga belum merilis beberapa fitur yang sudah dikenalkan Apple alias akan hadir belakangan lewat update iOS 16 versi lanjutan.

Contohnya adalah fitur iCloud Shared Photo Library, desain baru CarPlay, Freeform, Web Push Notifications di Safari, dan masih banyak lagi lainnya.

Selamat menikmati update iOS 16 ya! Setelah melakukan update iPhone ke iOS 16 dan menikmati fitur barunya, jangan lupa bagikan review kamu dengan mention ke Instagram @makemac atau Twitter @makemac.

Editor : Bagus Hernawan