Inilah Deretan Fitur Tersembunyi iPhone di iOS 16, Dijamin Berguna

Rabu, 11 Oktober 2023 | 19:09
MakeMac

15 Fitur Tersembunyi di Update iOS 16 (Part 2)

Makemac - Update iOS 16 menyimpan banyak sekali fitur baru dan cukup tersembunyi.

Tim MakeMac sudah membagikan beragam fitur baru di iOS 16 yang tersembunyi atau jarang diketahui banyak pengguna.

Dalam artikel ini ada 15 lagi fitur baru tersembunyi lainnya di update iOS 16 yang menarik untuk kamu simak dan wajib segera cobain ya!

Fitur Tersembunyi di Update iOS 16

1. Safari Translate Mendukung Bahasa Indonesia!

MakeMac
MakeMac

Safari Translate mendukung Bahasa Indonesia di update iOS 16

Fitur translasi bahasa di Safari iOS 16 sekarang sudah mendukung Bahasa Indonesia!

Kamu bisa dengan mudah menerjemahkan paragraf yang dipilih atau langsung 1 halaman web yang sedang dibuka ke Bahasa Indonesia.

Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah. Cukup sorot teks yang ingin kamu terjemahkan lalu tekan pilih Translate. Cari opsi unduh bahasa untuk translasi yang disediakan dan pilih Bahasa Indonesia.

Untuk translasi satu halaman penuh, cukup tekan ikon aA di sebelah kiri Address Bar Safari lalu pilih Translate to Indonesian.

Dari percobaan yang tim MakeMac lakukan, fitur translate Bahasa Indonesia di iOS 16 ini baru tersedia di Safari dan aplikasi bawaan lain seperti Photos.

Sedangkan aplikasi Translate yang juga dibuat oleh Apple sebagai aplikasi bawaan di update iOS 16, belum mendukung mode terjemahan ke Bahasa Indonesia.

2. Memoji Baru

MakeMac
MakeMac

Memoji Baru di update iOS 16

Dalam update iOS 16 kamu bisa menemukan beragam Memoji baru yang bisa diakses lewat aplikasi Messages.

Apple menjelaskan bahwa update iOS 16 membawa 17 tampilan baru untuk detail menghias Memoji seperti gaya rambut, aksesoris kepala, warna bibir yang lebih natural, beragam bentuk hidung, serta pose stiker yang ditambahkan.

Selain itu Memoji di update iOS 16 juga bisa digunakan untuk foto pada bagian daftar kontak. Lalu di iOS 16 ada tambahan 3 pose baru untuk kontak dengan Memoji.

3. Hapus Find My, Clock, Health

MakeMac
MakeMac

Aplikasi Find My, Clock dan Health bisa dihapus di update iOS 16

Sejak iOS 11, Apple telah memberikan fitur untuk hapus aplikasi bawaan yang mungkin tidak kamu perlukan.

Setiap update iOS baru rilis, semakin banyak aplikasi bawaan yang bisa dihapus jika tidak kamu perlukan. Kali ini di update iOS 16, aplikasi bawaan yang dapat dihapus adalah Find My, Clock dan Health.

Jika aplikasi bawaan sudah kamu hapus atau tidak sengaja dihapus, kamu bisa unduh ulang dari App Store ya.

4. Personalized Spatial Audio

MakeMac
MakeMac

Personalized Spatial Audio

Fitur baru yang sangat menarik di update iOS 16 untuk pengguna AirPods 3 atau AirPods Pro dan Beats adalah Personalized Spatial Audio.

Dengan fitur ini, kamu bisa menggunakan kamera TrueDepth di perangkat iPhone untuk memindai telinga kiri dan kanan, lalu membuat personal profile untuk Spatial Audio. Sehingga suara yang dihasilkan dapat menjadi lebih personal dan sesuai dengan pengguna.

Fitur Personalized Spatial Audio ini hanya bisa digunakan pada AirPods Pro 1 atau 2, AirPods Max, AirPods 3 atau Beats Fit Pro.

Penjelasan lengkap dan panduan menggunakan Personalized Spatial Audio dapat kamu cek di laman Apple Support berikut ini.

5. Fitness App Tanpa Apple Watch

MakeMac
MakeMac

Fitness App

Sekarang di update iOS 16, aplikasi Fitness bisa digunakan atau hadir di Home Screen bahkan tanpa perlu menggunakan Apple Watch.

Aplikasi Fitness akan mencatat beragam data kesehatan kamu seperti estimasi kalori yang terbakar, durasi latihan dan waktu berdiri menggunakan beragam sensor gerakan yang ada di perangkat iPhone.

6. Membuat Alarm Langsung dari Spotlight

MakeMac
MakeMac

Membuat alarm dan timer langsung di Spotlight iOS 16

Sering memerlukan alarm dan tidak ingin repot membuatnya dengan memanggil Siri atau mungkin mencari aplikasi Clock terlebih dahulu?

Sekarang di update iOS 16, kamu bisa membuat alarm secara langsung dari Home Screen perangkat iPhone lewat bantuan Spotlight.

Caranya sangat mudah, tinggal akses Spotlight pada halaman Home Screen lalu ketik alarm. Setelah itu tekan tampilan Create Alarm yang hadir di layar dan atur sesuai kebutuhan.

Selain akses alarm langsung, kamu juga bisa membuat Timer dengan cara yang sama.

Baca Juga: Update iOS 16 Bisa Deteksi AirPods Palsu dengan Mudah, Begini Caranya

7. Desain Baru Video Player di Safari

MakeMac
MakeMac

Desain baru video player di Safari iOS 16

Untuk kamu yang biasa menonton video atau film pendek di peramban Safari, kini update iOS 16 mengusung desain tampilan baru untuk mode ini.

Tombol akses playback dan play/ pause di mode putar video pada update iOS 16 sekarang dipindah di tengah layar atau di bagian atas video yang sedang kamu putar.

Sedangkan mode Playback Speed dan garis timeline video ada di bagian paling bawah layar yang menjadi lebih mudah diakses.

8. Mencari Teks Dalam Foto di App Photos

MakeMac
MakeMac

Mencari teks dalam foto di Photos iOS 16

Aplikasi Photos di update iOS 16 punya banyak sekali fitur baru yang sudah tim MakeMac rangkum dalam artikel sebelumnya.

Namun ternyata saya masih bisa menambahkan rangkuman ini dengan catatan baru lagi dari update iOS 16 untuk aplikasi Photos!

Fitur tersembunyi di Photos iOS 16 kali ini adalah mode mencari teks yang ada di sebuah foto secara otomatis.

Contohnya adalah saya mencari foto kemasan Beats Studio Buds yang sudah pernah saya jepret beberapa waktu lalu.

Tinggal masuk ke aplikasi Photos, akses tab Search dan ketik Beats Studio Buds. Photos di iOS 16 akan langsung menemukan foto tersebut karena tulisan yang ada di kemasan dapat terbaca secara jelas. Mudah sekali ya!

Sebagai catatan, fitur ini dapat bekerja untuk foto hasil jepretan kamera atau juga screenshot gambar. Tidak ada pengaturan apapun untuk menggunakan fitur ini.

9. Urutkan Music di Playlist Apple Music

MakeMac
MakeMac

Urutkan musik di Playlist Apple Music iOS 16

Fitur baru di update iOS 16 ini sudah lama saya nanti sebagai pelanggan Apple Music.

Kini di Apple Music iOS 16, kamu bisa melakukan sorting alias urutkan daftar musik di sebuah Playlist dengan beberapa kategori. Yaitu Title, Artist, Album dan beragam lainnya.

Sebelumnya ketika kamu membuat Playlist di Apple Music, urutan musik di dalamnya hanya berdasarkan mana yang kamu tambahkan dahulu.

Sekarang dengan mode Sort Playlist di Apple Music iOS 16, kamu jadi lebih mudah untuk menata urutannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Berhenti dari Program iOS 16 Beta dan Instal iOS 16 Versi Resmi

10. Hapus Background Foto Massal di App Files

MakeMac
MakeMac

Hapus background foto massal di Files iOS 16

Sudah mencoba fitur hapus background foto di aplikasi Photos pada update iOS 16? Fitur ini bisa kamu gunakan cukup dengan tekan tahan sebuah foto lalu tekan Copy, kemudian Paste di apliaksi Notes atau kirim ke iMessages misalnya.

Nah selain diakses lewat aplikasi Photos, fitur ini juga bisa kamu gunakan di aplikasi Files loh! Bahkan jika menggunakan aplikasi Files, kamu bisa langsung hapus background foto secara massal alias dalam banyak foto secara sekaligus.

Siapkan saja beberapa foto yang ingin kamu coba dengan fitur baru ini di sebuah folder dalam aplikasi Files di iPhone yang sudah melakukan update iOS 16.

Lanjutkan dengan menggunakan mode Select untuk memilih foto mana saja yang ingin kamu lakukan hapus background foto. Lanjutkan dengan menekan ikon 3 titik horisontal dan pilih Remove Background.

Aplikasi Files akan mengerjakan perintah Remove Background dan membuatnya sebagai hasil file baru di folder yang sama. Mudah dan cepat!

11. Deteksi AirPods Palsu, Super Mudah!

MakeMac
MakeMac

Deteksi AirPods palsu di iOS 16

Ingin membeli AirPods atau AirPods Pro bekas namun takut dengan produk KW alias palsu? Tenang, Apple punya fitur baru untuk hal ini di update iOS 16!

Kini dengan update iOS 16, kamu bisa mendapatkan pemberitahuan ketika menghubungkan sebuah AirPods dan ternyata itu adalah produk palsu.

Jika produk AirPods yang kamu coba terdeteksi palsu, update iOS 16 akan menampilkan notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Tidak ada pengaturan apapun yang perlu kamu lakukan untuk menggunakan fitur deteksi AirPods palsu pada update iOS 16. Cukup hubungkan AirPods seperti biasa dan jika kamu tidak menemukan notifikasi seperti di bawah, bisa dipastikan AirPods yang kamu gunakan asli.

12. Copy Paste Events di Calendar

MakeMac
MakeMac

Copy Paste Events di Calendar iOS 16

Untuk kamu yang biasa membuat catatan Events di Calendar misalkan jadwal rapat atau reunian dengan teman, ada fitur baru yang menarik untuk dicoba pada update iOS 16.

Yaitu fitur copy paste Events untuk mempermudah kamu menggandakan Events yang sama pada hari berbeda atau jadwal yang tidak bisa dibuat berulang dengan pola tertentu.

Caranya adalah buat sebuah Events di Calendar, setelah selesai tekan dan tahan pada bagian Events tersebut lalu tekan Copy.

Kemudian cari tanggal lain dan waktu yang ingin kamu atur kemudian tekan sekali untuk membuat Events baru seperti biasa. Bedanya adalah di update iOS 16, kamu bisa tekan tahan pada bagian ini lalu Paste untuk membuat catatan serupa.

13. Detail Privacy Access Baru di Control Center

MakeMac
MakeMac

Privacy Access di Control Center iOS 16

Sejak iOS seri sebelumnya, Apple memberikan tanda ketika kamu menggunakan akses fitur yang berhubungan dengan privasi di aplikasi.

Misalkan catatan lokasi, kamera, speaker, atau mikforon dengan tanda titik orange di layar serta ikon panah tanda penggunaan catatan lokasi.

Kini di update iOS 16, tanda ini dibuat semakin jelas dan lengkap. Yaitu ketika kamu sedang menggunakan atau baru saja menggunakan fitur yang berhubungan dengan privasi pengguna, ada tanda di bagian atas bagian Control Center.

Tanda Privacy ini memberikan ikon akses fitur yang berhubungan dengan privasi data pengguna, lengkap dengan nama aplikasi dan juga akses fitur yang diberikan.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Mode Lockdown di iOS 16, Dijamin Makin Aman

14. Notifikasi Charging Berhenti Ketika iPhone Panas

MakeMac
MakeMac

Notifikasi charging berhenti ketika iPhone panas di update iOS 16

Dalam update iOS 16, ada hal baru yang berhubungan dengan mode charging yang tidak dijelaskan Apple namun menjadi fitur baru yang menarik.

Ketika kamu melakukan charging di iOS 16 dan sistem operasi mendeteksi perangkat sedang mengalami kondisi panas berlebih, proses pengisian baterai akan berhenti otomatis. Selanjutknya notifikasi seperti tampilan gambar di bawah akan tampil di Lock Screen.

Kamu hanya perlu menunggu perangkat iOS kembali ke suhu normal dan proses charging di update iOS 16 akan kembali berjalan.

Fitur ini diberikan Apple untuk mencegah komponen baterai lebih cepat mengalami kerusakan karena charging dalam temperatur di atas normal.

15. Aplikasi Weather Lebih Detail

MakeMac
MakeMac

Aplikasi Weather di iOS 16

Aplikasi Weather di update iOS 16 punya tampilan yang lebih detail namun sedikit tersembunyi nih!

Sekarang jika kamu membuka aplikasi Weather di iOS 16, semua kolom atau kotak informasi ramalan cuaca dapat kamu tekan untuk akses informasi yang lebih detail.

Contohnya adalah bagian 10-Day Forecast, UV Index, Wind, Rainfall, Feels Like, Humidity, Visibility, dan lain sebagainya.

Fitur Favorit Kamu di iOS 16?

Dari artikel 15 fitur tersembunyi iOS 16 Part 2 ini, mana yang menjadi favorit kamu atau baru kamu ketahui setelah membaca artikel ini?

Atau kamu punya catatan fitur baru lainnya di update iOS 16 yang menarik untuk tim MakeMac bagikan? Tuliskan di kolom komentar atau bagikan di Twitter @MakeMac ya!

Editor : optimization

Baca Lainnya