Apple Mulai Garap Produksi iPhone 14 di India, Apa Kabar Tiongkok?

Selasa, 27 September 2022 | 07:18
Apple

iPhone 14

Apple dikabarkan telah memulai produksi iPhone 14 di negara India.

Sebelumnya India memang sudah menjadi negara tempat Apple melakukan manufaktur atau produksi perangkat iPhone sejak tahun 2017.

Namun selama ini pabrikan di India hanya digunakan Apple untuk memproduksi seri iPhone lama atau rilisan beberapa tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, Apple sudah mulai melakukan produksi iPhone terbaru yaitu iPhone 14 di luar Tiongkok alias di India.

Produksi perangkat iPhone di India dikerjakan oleh rekanan manufaktur terbesar Apple yaitu Foxconn.

Tepatnya produksi iPhone 14 di India dilakukan di Sriperumbudur, sebuah fasilitas manufaktur elektronik di dekat Chennai, bagian India Timur.

Dikutip dari TechCrunch, pihak Apple mengatakan bahwa mereka sangat bersemangat untuk memulai produksi perangkat iPhone terbaru di negara India.

The company’s global partner Foxconn is manufacturing the device in the Sriperumbudur facility near Chennai. The locally produced iPhone units will go on sale in the country later this year. “We’re excited to be manufacturing iPhone 14 in India,” an Apple spokesperson told TechCrunch in a statement.

Baca Juga: Foxconn Siapkan Fasilitas Produksi Baru untuk iPhone di India

Diprediksi bahwa Apple akan mengubah India sebagai pusat manufaktur iPhone global pada tahun 2025.

Tujuannya adalah mengurangi ketergantungan Apple terhadap produksi perangkatnya di negara Tiongkok.

Selama ini Apple mengandalkan produksi hampir seluruh perangkatnya di Tiongkok sepanjang 10 tahun. Mulai dari iPhone, iPad, Mac dan juga AirPods.

Sejak pandemi yang melanda dunia terutama diawali dari Tiongkok dan menyebabkan produksi iPhone 12 tertunda hingga beberapa bulan pada 2020, Apple mulai berpikir untuk tidak bergantung kepada negara tersebut.

Selain mengurangi ketergantungan dengan Tiongkok dengan membuka produksi di India, Apple berharap dapat menjual perangkat iPhone 14 series dengan harga lebih murah di negara tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, pemerintah India punya aturan pajak yang tinggi untuk perangkat elektronik yang diproduksi di luar negara mereka.

Strategi ini dibuat India untuk mendorong sejumlah pabrikan elektronik untuk membuat pusat produksi di negaranya dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya