Review iPhone 14 Plus: Baterai Besar, Desain Lama, Namun Tetap Ringan

Rabu, 02 November 2022 | 20:35
MakeMac

Review iPhone 14 Plus

Produk iPhone 14 Plus menjadi salah satu varian iPhone 14 series yang telah dirilis Apple untuk tahun ini selain iPhone 14, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 14 Plus menggantikan iPhone seri mini yang sebelumnya dirilis dengan tipe iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini.

Kenapa Apple merilis iPhone 14 Plus? Sederhana saja, sekarang semua orang ingin menggunakan ponsel dengan ukuran yang lebih besar. Namun beberapa calon pengguna tersebut tidak ingin membeli seri yang paling mahal (iPhone 14 Pro Max).

Lalu apakah iPhone 14 Plus layak dibeli untuk kamu yang ingin upgrade dari seri sebelumnya atau mungkin baru pertama menggunakan iPhone?

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas pengalaman menggunakan iPhone 14 Plus selama beberapa hari untuk menulis artikel ini. Yuk simak langsung!

Review iPhone 14 Plus

Bodi dan Spesifikasi

iPhone 14 Plus menggunakan ukuran diagonal layar 6,7 inci alias menjadi layar yang paling besar, bersama dengan seri iPhone 14 Pro Max.

Meskipun ukuran layar besar, bodinya ternyata cukup ringan.

Dengan dimensi panjang 160,8 mm x lebar 78,1 mm dan tebal 7,80 mm, berat bodi iPhone 14 Plus hanya sekitar 203 gram.

Berat ini hanya sekitar 30 gram lebih besar dibandingkan iPhone 14 (172 gram).

MakeMac
MakeMac

Dimensi bodi dan berat iPhone 14 Plus

Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro memiliki berat 206 gram dan iPhone 14 Pro Max memiliki berat 240 gram.

Untuk bagian layar, iPhone 14 Plus menggunakan spek Super Retina XDR display (2778 x 1284 piksel), 458 ppi.

Spek layar yang digunakan bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan seri tahun lalu di iPhone 13.

Yaitu membawa teknologi HDR, True Tone, Wide color (P3), Haptic Touch dan Face ID.

Teknologi baru yang tidak dibawa Apple ke iPhone 14 Plus dan iPhone 14 adalah Dynamic Island dan Always-on Display.

Selain itu teknologi tahun lalu yang masih dibawa ke iPhone 14 Plus dan iPhone 14 adalah CPU A15. Sedangkan iPhone 14 Pro dan Pro Max sudah menggunakan seri CPU A16.

Untuk pengguna kasual, spek CPU A15 sebetulnya masih sangat mumpuni untuk mengerjakan beragam kegiatan di iPhone 14 Plus dan iPhone 14.

Bahkan sebetulnya untuk beragam proses berat seperti main games atau edit video dan menikmati konten AR sekalipun, tidak ada masalah lemot atau lainnya dengan CPU A15.

Baca Juga: Perbandingan Ketahanan Baterai iPhone 14 Pro Max vs Google Pixel 7 Pro

Kamera Ganda di Belakang, Ada Fitur Baru Apa?

MakeMac
MakeMac

iPhone 14 Plus

Kamera belakang iPhone 14 Plus menggunakan 2 lensa saja yaitu Wide dan Ultra Wide.

Dibandingkan seri iPhone 13 tahun tahun lalu yang punya tipe 2 lensa juga, apa saja fitur barunya yang ada di iPhone 14 Plus?

Pertama, aperture lensa yang lebih besar. Lensa Wide di iPhone 14 Plus menggunakan spek Wide 12MP (26 mm) dengan ƒ/1.5 aperture. Lalu Ultra Wide 12MP (13 mm) dengan ƒ/2.4 aperture.

Fitur baru lainnya yang dibawa ke kamera iPhone 14 Plus adalah Photonic Engine untuk semua lensa.

Photonic Engine adalah teknologi computational photography yang menggabungkan kemampuan hardware, machine learning dan software untuk menghasilkan foto yang lebih tajam dan terang untuk kondisi minim cahaya.

Photonic Engine adalah pengembangan dari fitur Deep Fusion yang dibawa pada iPhone 11 series sejak tahun 2019.

Fitur Photonic Engine dapat digunakan secara otomatis, tanpa pengaturan apapun atau dikerjakan di belakang layar oleh sistem.

Lalu untuk semua iPhone 14 series punya fitur fokus otomatis di bagian kamera depan TrueDepth.

Fitur baru lainnya adalah Action Mode untuk merekam video dengan lebih stabil ketika kamu sedang bergerak cepat semisal jalan atau berlari.

Apple
Apple

Action Mode di iPhone 14 series

Fitur Action Mode ini akan melakukan cropping di bagian tepian frame video sehingga hasilnya akan lebih zoom in dibandingkan mode video biasa.

Selain itu Action Mode juga sebaiknya digunakan di siang hari atau luar ruangan dengan cahaya yang sangat terang.

Untuk bagian kamera, iPhone 14 Plus dan iPhone 14 tidak mendukung beberapa fitur kamera profesional yang ada di seri Pro.

Seperti Macro, ProRAW, video ProRes, Night Mode, Time Lapse Night Mode, photo RAW 48MP dan beberapa lainnya.

Pengalaman Menggunakan iPhone 14 Plus, Baterai Seharian!

MakeMac
MakeMac

Pengalaman menggunakan iPhone 14 Plus

Salah satu hal paling menarik dari pengalaman tim MakeMac menggunakan iPhone 14 Plus adalah baterainya yang awet alias bisa dipakai seharian.

Hal ini bisa dilakukan karena kapasitas bateranya besar (4.323 mAH) dan tidak ada teknologi Always-On Display seperti di tipe iPhone 14 Pro.

Selain itu meskipun bodinya besar, iPhone 14 Plus tetap ringan karena tidak menggunakan 3 kamera di bagian berlakang dan tanpa LiDAR sensor.

Sesuai catatan di atas, berat iPhone 14 Plus tidak jauh dari iPhone 14 Pro yang punya ukuran lebih kecil namun ada beragam fitur tambahan seperti lensa Tele dan layar terbaru.

Untuk kamu yang suka main game atau membaca artikel di web dan ingin mendapatkan pandangan yang lega, iPhone 14 Plus adalah jawaban yang tepat ditambah harga yang lebih terjangkau daripada iPhone 14 Pro Max.

Kesulitan yang sempat saya rasakan saat menggunakan iPhone 14 Plus adalah menggunakan smartphone ini dengan satu tangan saja dan menyimpan di saku celana yang sempit.

Namun masalah ini tidak akan kamu temukan jika punya telapak tangan yang lebar atau badan yang besar, serta ingin membawa iPhone 14 Plus di dalam tas saat bepergian.

Baca Juga: iFixit Bongkar iPhone 14: Desain Internal Baru dan Mudah Diperbaiki

Worth It untuk Upgrade?

MakeMac
MakeMac

Perbandingan iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Plus

Produk iPhone 14 Plus cocok untuk menjadi ponsel upgrade atau menggantikan iPhone tipe lama yang sudah kamu gunakan sebelumnya, contohnya iPhone 11, iPhone XR, atau iPhone XS Max dengan dimensi yang tidak jauh berbeda.

Dengan bodi yang besar, baterai yang tahan lama dan kemampuan kamera terbaru yang digunakan, iPhone 14 Plus bisa jadi pilihan untuk upgrade tahun ini.

Ya meskipun salah satu hal paling kruisial dari ponsel ini alias CPU yang digunakan masih sama dengan tipe tahun lalu, CPU A15 Bionic.

Ditambah lagi ukuran Notch yang digunakan, desain bodi dan layar, serta detail fisik lainnya juga tetap cenderung identik dengan iPhone 13 series.

Jika kamu sekarang sudah menggunakan iPhone 13, tim MakeMac tidak menyarankan untuk beralih ke iPhone 14 ya. Sebaiknya sekalian saja beralih ke iPhone 14 Pro atau iPhone 14 Pro Max.

Tertarik membeli iPhone 14 Plus? Perangkat iPhone 14 Plus dan iPhone 14 hadir dengan 5 warna yaitu Biru, Ungu, Midnight, Starlight dan (PRODUCT)RED.

Pilihan kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 128GB, 256GB dan 512GB.

Tertarik membeli iPhone 14 Plus, produk iPhone atau Mac lainnya? Kamu bisa cek akun Studio Ponsel untuk beli beragam produk Apple terbaru dengan harga menarik!

Cek langsung Instagram Studio Ponsel atau Tokopedia Studio Ponsel ya! Selamat belanja.

Editor : Bagus Hernawan