Pembeli iPhone di Digimap Keluhkan Sinyal No Service dan Gagal Refund

Senin, 07 November 2022 | 15:33
YouTuber Cupu

iPhone 14 Pro di Apple Orchard

Sejumlah pengguna perangkat iPhone beberapa hari ini ramai di Twitter seputar keluhan membeli iPhone baru dan mengalami masalah No Service.

Padahal perangkat iPhone tersebut berasal dari salah satu Apple Authorized di Indonesia yaitu Digimap.

Masalah iPhone baru yang kehilangan sinyal ini dikeluhkan oleh beragam pengguna dengan beragam tipe iPhone. Yaitu mulai dari iPhone 11 hingga iPhone 13 series yang meluncur tahun lalu.

Para pembeli iPhone dari Apple Authorized Digimap ini tidak dapat menggunakan kartu selular mereka alias tampil tulisan No Service di bagian Home Screen.

Bagi kamu yang belum tahu, di Indonesia ada aturan pengendalian IMEI pada perangkat ponsel atau gadget yang mendukung 4G dan sudah diumumkan sejak tahun 2020.

Secara singkat, aturan IMEI ini membatasi perangkat yang dibeli dari luar negeri dan belum membayar pajak, sehingga tidak dapat menggunakan jaringan seluler di Indonesia.

Sedangkan perangkat ponsel yang dibeli lewat toko resmi di Indonesia, tidak akan terdampak dengan aturan pembatasan IMEI tersebut.

Digimap sebagai salah satu Apple Authorized atau jaringan ritel resmi dari Apple, tentunya menjual perangkat iPhone resmi Indonesia dan IMEI yang digunakan terdaftar di website imei.kemenperin.com.

Namun nyatanya, para pengguna iPhone yang dibeli di Digimap dalam waktu beberapa minggu hingga 2 bulan ke belakang, banyak yang mengeluhkan masalah sinyal di ponsel mereka yang mengalami No Service alias tidak dapat digunakan.

Pembeli iPhone di Digimap keluhkan masalah No Service

Masalah ini bahkan terjadi sejak perangkat dibuka dari kemasan atau unboxing.

Salah satu pengguna Twitter membagikan pengalamannya membeli iPhone di Digimap dan hingga artikel ini dibagikan, ponsel seharga belasan juta tersebut masih menampilkan tanda No Service alias tidak dapat menggunakan jaringan seluler.

Pemilik aku Twitter @matchaaw menjelaskan bahwa dia sudah menempuh beragam cara untuk meminta kejelasan dari pihak Digimap mengenai masalah ini.

Namun pihak Apple Authorized tersebut tidak bisa memberikan kepastian mengenai kapan sinyal seluler di perangkat iPhone 13 miliknya bisa segera digunakan.

Jika melihat ke akun Instagram Digimap, keluhan serupa juga disampaikan oleh banyak pembeli iPhone lainnya yang mengalami masalah sinyal No Service sejak dibeli.

Kebanyakan mengeluhkan masalah ini sudah berlangsung mulai dari 2 minggu atau bahkan lebih dari sebulan.

Beberapa pengguna Twitter lainnya juga mengeluhkan hal yang sama yaitu masalah iPhone No Service dan pengalaman pelayanan dari pihak toko yang tidak bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: iPhone 14 Series Resmi Dijual di Indonesia Mulai Hari ini!

Komplain Lain dari Pembeli iPhone di Digimap

Komplain pembeli iPhone di Instagram @digimap_id

Selain soal IMEI atau sinyal No Service, para pembeli iPhone di Digimap juga mempunyai keluhan lain dengan jumlah yang tidak sedikit.

Yaitu masalah pengembalian dana untuk pembatalan transaksi secara online.

Falencia, salah satu Sahabat MakeMac mengalami masalah tersebut saat ingin membeli iPhone 13 di Digimap.

Dia melakukan pemesanan secara online pada 31 Oktober untuk produk iPhone 13 256GB dengan pilihan pengambilan barang di toko.

Namun produk yang dia pesan tidak dapat diambil langsung, pembeli harus menunggu email atau kode OTP dari pihak Digimap. Kode OTP ini dijanjikan akan diberikan dalam waktu 5 hari kerja.

“Pas tanggal 3 Nov, kami coba kontak CS lagi. Disitulah mereka bilang ada masalah sama IMEI, sehingga CS Digimap Lotte menawarkan untuk refund.”, hal ini diceritakan oleh Falencia kepada tim MakeMac melalui pesan singkat.

“Pihak Digimap menawarkan refund atau pengembalian dana. Pembeli diminta mengirimkan email ke hello@Digimap.co.id.”

Namun dari pengalaman Falencia, email tersebut tidak dapat menerima pesan yang dia kirim alias bounce back.

Masalah yang dialami Falencia ini juga terjadi pada banyak pembeli iPhone di Digimap, baik dari tipe iPhone 13 series atau lainnya.

Mereka melayangkan komplain tersebut di Instagram @digimap_id dan kebanyakan tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Hingga artikel ini dibagikan, pihak Digimap belum memberikan penjelasan seputar masalah IMEI yang dikeluhkan oleh para pembeli atau masalah refund dan kode OTP yang sudah saya jelaskan di atas.

Editor : Bagus Hernawan