Apple Hapus Suara Vokal di Video Iklan iPhone 14, Apa Alasannya?

Selasa, 29 November 2022 | 11:54
Apple

Video iklan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Apple diam-diam telah mengubah iklan video dari peluncuran produk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, setelah 2 bulan dijual untuk umum.

Iklan yang ada ada di akun YouTube Apple ini sekarang sudah tidak disertai lirik lagu dari musik Biggest by Idris Elba.

Sebelumnya video iklan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus ini menggunakan suara dari lirik lagu Biggest by Idris Elba dengan kata-kata “Bigger, bigger, bigger, bigger” di beberapa bagian video.

Namun sejumlah pengguna diduga salah mendengarkan lirik tersebut dan terdengar seperti ucapan rasis “n-word”.

Dikutip dari 9To5Mac, iklan ini sempat menjadi meme dan perdebatan di dunia maya tentang penggunaan kata “Bigger” yang terdengar seperti ejekan rasis terhadap etnis afro atau kulit hitam.

Kini Apple telah mengambil tindakan dengan menghapus vokal atau lirik dari lagu tersebut pada iklan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

However, the way the way the word was said in the song meant some people instead heard an offensive racial slur. It became somewhat of a viral meme almost immediately after the ad came out in September. Two months on, though, Apple has responded by removing the vocals from the ad’s soundtrack entirely.

Baca Juga: Buntut Kerusuhan Karyawan Foxconn, iPhone 14 Pro Terancam Langka!

Meskipun vokalnya telah dihapus, Apple masih tetap memberikan music credit pada Idris Elba di bagian deskripsi iklan tersebut.

Berikut ini video perbandingan iklan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sebelum dan sesudah diedit oleh Apple.

Dari pantauan tim MakeMac, sebelumnya tidak pernah ada iklan iPhone yang terpaksa diganti oleh Apple karena memicu salah persepsi dan dianggap rasisme.

Baru kali ini saja di produk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Apple harus mengganti iklan tersebut alias edit dengan menghapus vokalnya karena beberapa kalangan merasa salah dengar dengan lirik lagu yang disampaikan.

Bagaimana menurut pendapat kamu seputar iklan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang dianggap rasis? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan