Update iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 Versi Release Candidate Resmi Rilis

Kamis, 08 Desember 2022 | 14:56
MakeMac

Update iOS 16.2

Apple telah merilis update iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 versi Release Candidate.

Update Release Candidate adalah penutup dari versi iOS Beta, sebelum hadir untuk pengguna umum.

Di iOS 16.2 dan iPadOS 16.2, Apple merilis beragam fitur baru yang sudah diujikan selama beberapa pekan lalu.

Salah satunya adalah fitur Freeform yang dibagikan untuk iOS 16.2 dan iPadOS 16.2.

Freeform adalah aplikas untuk bekerja secara kolaborasi dengan beberapa pengguna secara lewat perangakt iOS masing-masing yang mendukung sinkronisasi realtime.

Contoh penggunaan Freeform adalah membuat sketsa kerangka desain bersama, menggambar, membuat konsep diagram dan lain sebagainya.

Untuk iPadOS 16.2, Apple memberikan dukungan fitur Stage Manager ke monitor eksternal pada perangkat iPad yang menggunakan CPU M1 dan M2.

Sebelumnya fitur ini sempat dihapus pada update iPadOS 16 versi sebelumnya, demi membuka dukungan Stage Manager ke iPad Pro yang belum menggunakan CPU Apple M1 series.

Baca Juga: Cara Menggunakan Live Activities iOS 16: Pantau Skor Piala Dunia 2022!

Fitur baru lainnya yang diberikan pada iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 adalah Apple Music Sing.

Pelanggan Apple Music dapat melakukan karaoke dengan fitur Apple Music Sing yang berguna untuk mengurangi volume dari vokal yang ada di sebuah lagu dan menggunakan tampilan lirik intuitif.

Fitur keamanan baru yang diberikan pada iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 adalah Advanced Data Protection for iCloud. Penjelasan lengkapnya akan tim MakeMac bahas di artikel terpisah.

Setelah itu ada juga fitur baru untuk mode Lock Screen yang mendukung AAlways-On display pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Fitur ini dapat memberikan opsi untuk menyembunyikan wallpaper dan notifikasi ketika Always-On display diaktifkan.

Kapan update iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 rilis untuk pengguna umum? Diprediksi update ini akan meluncur pada awal pekan depan, sekitar tanggal 13 Desember. Kita tunggu ya!

Editor : Bagus Hernawan