Instagram Segera Hapus Tombol Shopping, Kembali ke Desain Lama?

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:53
MakeMac

Tombol Shop di Instagram akan segera dihapus.

Setelah beberapa tahun digunakan, Instagram akan menghapus tombol Shopping atau ikon keranjang belanja dari deretan tab atau tombol navigasi di bagian bawah.

Hal ini akan dilakukan Instagram mulai Februari 2023.

Dari catatan yang dibagikan di laman Facebook Help, tujuannya adalah membuat para pengguna lebih mudah dalam berbagi dan terhubung bersama teman atau pengguna lain dalam minat yang sama.

Saat ini, urutan tab di Instagram dari kirim ke kanan adalah Home, Search, Reels, Shop dan Profile.

Nantinya di Februari, urutannya akan berubah menjadi Home, Search, New Post, Reels dan Profile.

Secara sederhana, tombol New Post akan dikembalikan dari bagian atas layar ke bagian tengah bawah dan tombol Reels akan digeser ke kanan.

Starting in February, we are changing Instagram’s navigation to make it easier for people to share and connect with their friends and interests. The navigation bar at the bottom of the app will now have the shortcut for creating content in the center and Reels to the right.

Baca Juga: Cara Membuat Status atau Notes di DM Instagram, Fitur Baru Nih!

Meskipun tombol Shop di Instagram tidak lagi ada di tab tengah, namun fitur belanja ini masih tetap dapat digunakan.

Akun online shop yang menggunakan fitur Instagram Shopping tetap dapat membantu calon pelanggan mereka untuk berbelanja dari bagian postingan di feed, stories, reels atau lainnya.

As part of this change, the Instagram Shop tab will be removed. You will still be able to set up and run your shop on Instagram as we continue to invest in shopping experiences that provide the most value for people and businesses across feed, stories, reels, ads and more.

Adam Mosseri selaku bos Instagram mengatakan bahwa perubahan ini dilakukan Instagram untuk mengawali 2023 dengan 3 hal penting yang akan semakin ditingkatkan oleh Instagram untuk para pengguna.

Instagram
Instagram

Tampilan navigasi Instagram mulai Februari 2023

Yaitu membagikan kreativitas yang menginspirasi, menemukan hal baru dan membagikan koneksi atau pengguna.

Sebelumnya Instagram telah mendapatkan banyak kritik karena menempatkan tombol Shop menjadi bagian utama di tab bawah.

Keputasan tersebut membuat sejumlah pengguna merasa Instagram bukan seperti dulu lagi yaitu sosial media yang fokus pada berbagi konten foto atau video, namun malah mendahulukan fitur penjualan.

Sekarang dengan dihapusnya tab Shop, Instagram bisa dibilang kembali menomorsatukan pengguna yang ingin berbagi konten dan saling terkoneksi seperti dahulu.

Bagaimana pendapat kamu mengenai perubahan tombol navigasi di Instagram yang akan hadir mulai bulan depan?

Editor : Bagus Hernawan