Mac mini M2 Diproduksi di Malaysia, Apple Mulai Tinggalkan Tiongkok?

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:00
Apple

Mac mini M2 dan Apple Studio Display

Komputer desktop Mac terbaru yaitu Mac mini M2 yang dikenalkan minggu lalu, kini sudah mulai mendapatkan banyak review oleh para YouTuber.

Salah satu hal menarik dari Mac mini M2 dengan CPU Apple M2 atau M2 Pro adalah produk ini ternyata dibuat di luar Tiongkok.

Aaron Zollo (Twitter @zollotech) membagikan foto bodi bagian bawah Mac mini M2 yang bertuliskan “Designed by Apple in California Made in Malaysia”.

Dari beberapa konten kreator lain di YouTube, kamu juga bisa melihat detail ‘Made in Malaysia’ di bagian bodi atau di kardus belakang Mac mini M2.

Beberapa diantaranya adalah video dari MKBHD, Max Tech, Brandon Butch, dan Brandon Geekabit.

Apple Mulai Tinggalkan Tiongkok?

Apple
Apple

Mac mini M2

Selama ini produk Apple dikenal dengan label dirakit di Tiongkok karena teknologi dan kapasitas produksi pabrik perakitan di sana yang sangat besar.

Namun sejak pandemi yang membuat produksi Apple mengalami gangguan dan banyak tertunda karena tergantung dengan Tiongkok, Apple kabarnya mulai melakukan diversifikasi produksi ke negara lain.

Beberapa diantaranya adalah Malaysia, Vietnam, Thailand dan India.

Sejak Mac mini M1, sebagian komputer desktop ukuran kecil ini memang sudah mulai dibuat di Malaysia.

Bahkan sejumlah Mac Studio juga disebut telah diproduksi di Malaysia sejak tahun lalu.

Selain Mac, Apple juga sudah mulai menggarap perangkat iPhone di negara selain Tiongkok.

Salah satunya adalah India. Pemerintah India punya aturan untuk memaksa para produsen gadget melakukan investasi ke negara mereka berupa membangun pusat produksi ponsel atau gadget agar biaya pajak yang dikenakan lebih rendah.

Editor : Bagus Hernawan