Apple Tunda Riset Chip Wi-Fi Demi Kembangkan Apple Silicon Terbaru

Jumat, 27 Januari 2023 | 08:34
Apple

Apple M2 Pro dan Apple M2 Max

Apple dikabarkan akan menunda riset dan pengembangan chip Wi-Fi desain mereka sendiri.

Keputusan ini diambil untuk membuat tim pengembangan mereka lebih fokus ke hardware lain. Yaitu CPU Apple Silicon terbaru yang menggunakan fabrikasi 3nm.

Informasi ini dibagikan oleh Ming Chi Kuo dari hasil survey dan bocoran pihak terkait.

Menurut catatan dari Kuo, Apple tetap akan mengandalkan Broadcom sebagai penyuplai chip Wi-Fi dan Bluetooth untuk iPhone 15 dan Mac di masa yang akan datang.

Dia juga menjelaskan bahwa sebelumnya Apple sedang mengembangkan chip Wi-Fi saja, bukan Wi-Fi + Bluetooth.

Karena Apple hanya membuat chip Wi-Fi saja, akan sangat sulit untuk menggantikan chip combo Wi-Fi + Bluetooth dari Broadcom jika rencana ini diteruskan.

Kuo menjelaskan bahwa Apple akan lebih fokus pada tim pengembangan CPU Apple Silicon untuk mengejar produksi sepanjang tahun 2023 hingga 2025.

Pengembangan CPU yang lebih bertenaga, diharapkan akan meningkatkan keuntungan Apple secara signifikan.

Baca Juga: (Rumor) Apple Akan Luncurkan Headset AR/VR di Paruh Kedua 2023

“Perlambatan peningkatan prosesor tidak menguntungkan bagi penjualan produk akhir (seperti chip seri A16 dan M2). Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa prosesor 3nm tercanggih di dunia dapat memasuki produksi massal dengan lancar pada tahun 2023–2025, dan peningkatan kinerja serta peningkatan konsumsi daya dapat meningkat secara signifikan dibandingkan pendahulunya, Apple telah mencurahkan sebagian besar sumber daya desain IC-nya untuk pengembangan prosesor ”

Bagi kamu yagn belum tahu, sebelumnya Apple juga berencana mengembangkan chip 5G sendiri agar dapat meninggalkan Qualcomm.

Namun akibat kekurangan sumber daya tim pengembangan, modem 5G buatan Apple masih perlu waktu lebih lama.

Menurut Kuo, visibilitas pengembangan chip Wi-Fi buatan Apple, lebih rendah daripada chip baseband 5G.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Apple yang kembali menunda produksi chip buatan mereka sendiri? Bagikan di kolom komentar ya.

Editor : Bagus Hernawan