(Rumor) MacBook Air 15 Inci Dikabarkan Akan Menggunakan Chip M2

Kamis, 16 Februari 2023 | 10:52
SlashGear

MacBook Air M2

Apple MacBook Air 15 inci yang dirumorkan akan dilengkapi dengan chip M2 dan akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2023.

Hal tersebut juga dikatakan oleh analis Apple, Ming Chi Kuo juga mengatakan bahwa MacBook 15 inci juga akan hadir dengan chip M2.

Menurut pemasok asal Taiwan yang dilansir dari DigiTime mengatakan MacBook 15 ini akan dirilis diantara April hingga Juni.

"Industry sources said the 15-inch MacBook Air began mass production after the Lunar New Year and is expected to be released in the second quarter," the report reads.

Informasi ini muncul satu hari setelah seorang analis industri layar, Ross Young, mengatakan pemasok Apple mulai memproduksi panel layar untuk MacBook Air 15 inci bulan ini.

Maka Ross Young memperkirakan MacBook Air mungkin akan diluncurkan pada awal April atau paling tidak du kuartal kedua 2023.

Baca Juga: (Rumor) MacBook Air 15 inci CPU M2 dan M2 Pro Bakal Rilis Bulan April

Sebelumnya Apple telah memperbaharui MacBook Aor 13 inci dengan chip M2 pada bulan Juli 2022 lalu.

Chip tersebut diproduksi dengan proses 5nm generasi kedua dari TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Chip M2 ini juga dianggap sebagai pengganti sementara dari chip M3 yang berbasis 3nm dari TSMC.

TSMC sendiri baru mulai memproduksi massal chip 3nm pada bulan Desember 2022 lalu, sedangkan produksi MacBook Air 15 inci terlebih dahulu dilakukan.

Untuk selanjutnya Apple akan memperbaharui MacBook Air dengan chip M3 pada paruh kedua di tahun 2023 mendatang.

Walaupun sejauh ini Apple memang jarang sekali memperbaharui MacBook Air dua kali dalam jangka waktu yang sesingkat itu.

Namun untuk MacBook Pro 14 Inci dan 16 inci terbaru kabarnya akan lebih dahulu dilengkapi dengan chip 3nm.

Selain itu MacBook Air 15 indi ini akan menjadi laptop Apple dengan layar terbesar karena selama bertahun-tahun Apple hanya menawarkan laptop dengan ukuran 11 inci dan 13 inci.

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : MacRumors

Baca Lainnya