Facebook dan Instagram Bikin Langganan Centang Biru, Berapa Harganya?

Senin, 20 Februari 2023 | 10:06
MakeMac

Instagram MakeMac

Meta, perusahaan utama dari Facebook, Instagram dan WhatsApp meluncurkan layanan berlangganan bulanan bernama Meta Verified.

Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook menjelaskan, dengan layanan ini pengguna dapat memperoleh tanda centang biru atau Verified di akun Instagram maupun Facebook.

Menurut Facebook, fitur ini hadir untuk membantu kreator khususnya yang baru menggunakan Facebook dan Instagram, agar lebih mudah dalam mengembangkan kehadiran mereka dan membangun komunitas dengan lebih cepat.

Para pelanggan Meta Verified akan mendapatkan beberapa kelebihan khusus dan fitur tambahan dari Meta. Salah satunya adalah tanda verifikasi atau centang biru yang selama ini dikenal hanya dapat diperoleh oleh akun milik selebritis, artis, publik figur atau media terdaftar hingga akun pemerintahan.

Selain tanda verifikasi, pelanggan Meta Verified akan mendapatkan beberapa fitur tambahan lainnya.

Seperti peningkatan perlindungan dari peniruan identitas, akses ke tim dukungan langsung untuk masalah akun (tidak melalui bot sistem), peningkatan visibilitas dan jangkauan di beberapa area platform dan beragam fitur eksklusif lain di waktu yang akan datang.

Baca Juga: (Rumor) Centang Biru di Instagram Segera Berbayar, Berapa Harganya?

Harga Langganan Meta Verified

Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa fitur Meta Verified ini dijual dengan sistem langganan bulanan dengan harga $11.99 (182 ribu Rupiah) jika melalui website atau $14.99 (228 ribu Rupiah) untuk pelanggan lewat in-app purchase dari iOS atau Android.

Untuk saat ini, Meta Verified baru akan diuji di wilayah Australia dan Selandia Baru mulai minggu depan.

MakeMac
MakeMac

Facebook MakeMac

Belum ada penjelasan mengenai kapan fitur ini resmi dapat dibeli oleh pengguna umum secara global atau hadir di Indonesia.

Nantinya setiap calon pelanggan Meta Verified harus melakukan verifikasi akun dengan bukti identitas asli seperti KTP atau lainnya sebelum dapat membeli langganan ini.

Sebagai tambahan, fitur serupa juga telah diluncurkan oleh Twitter dengan nama Twitter Blue pekan lalu.

Para pelanggan Twitter Blue akan mendapatkan tanda verifikasi atau centang biru dan beberapa fitur khusus.

Simak daftar fitur Twitter Blue di artikel MakeMac berikut ini ya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Meta Verified? Apakah ingin berlangganan jika sudah tersedia di Indonesia?

Editor : Bagus Hernawan