Aplikasi PeduliLindungi Berubah Menjadi Satu Sehat, Apa Bedanya?

Rabu, 01 Maret 2023 | 14:38
MakeMac

Satu Sehat, nama baru dari aplikasi Pedulilindungi

Mulai 1 Maret 2023 alias hari ini, aplkasi PeduliLindungi berganti nama menjadi Satu Sehat.

Penggantian nama PeduliLindungi menjadi Satu Sehat ini dapat diunduh di App Store untuk pengguna iPhone dan Play Store untuk pengguna Android.

Bagi pengguna aplikasi PeduliLindungi yang belum update, ada informasi di layar yang menampilkan bahwa kamu harus update aplikasi terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mencoba akses ke dalam apliaksi yang baru yaitu Satu Sehat.

Dari pantauan tim MakeMac di App Store, nama yang digunakan masih tetap sama yaitu PeduliLindungi untuk di bagian pencarian atau kolom Update di App Store.

Namun di bagian deskripsi atau informasi update dan gambar, konten yang tampil sudah menggunakan isian dari aplikasi Satu Sehat.

Baca Juga: Cara Mudah Menambahkan Kartu Vaksin COVID-19 di Aplikasi Wallet

Setelah update PeduliLindungi menjadi Satu Sehat, tampilan berikut ini yang akan hadir di layar.

Kamu harus tekan tombol Masuk ke Aplikasi lalu gunakan nomor telepon atau email yang sebelumnya digunakan pada akun PeduliLindungi.

Setelah itu tampilan aplikasi Satu Sehat akan hadir seperti gambar di bawah.

MakeMac
MakeMac

Login awal Satu Sehat

Sebagai tambahan, sejumlah pengguna hari ini mengeluhkan kendala masuk ke akun PeduliLindungi setelah update ke Satu Sehat.

Beberapa keluhan diantaranya adalah tidak mendapatkan nomor OTP jika masuk ke akun menggunakan nomor telepon. Sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi Satu Sehat untuk sementara.

Keluhan lain adalah sertifikat vaksin COVID–19 yang tidak dapat diakses sementara terutama hasil vaksinasi Booster Kedua.

MakeMac
MakeMac

Tampilan utama aplikasi Satu Sehat

Akun Twitter resmi PeduliLindungi yaitu @PLindungi menjelaskan bahwa hari ini ada peningkatan aktivitas akses aplikasi secara bersamaan. Sehingga membuat beberapa fitur mungkin mengalami kendala atau menjadi lebih lambat.

Tim teknis dari PeduliLindungi masih melakukan beberapa perbaikan agar aplikasi Satu Sehat dapat digunakan secara normal oleh semua pengguna.

Dari catatan di App Store, aplikasi Satu Sehat disebut sebagai transformasi serta pengembangan dari aplikasi PeduliLindungi.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat akan mendapatkan layanan kesehatan terintegrasi sehingga tidak perlu membawa rekam medis saat berpindah fasyankes karena berobat jadi lebih satset (red: cepat dan gesit).”

Beberapa fitur yang saat ini sudah ada di aplikasi Satu Sehat adalah sebagai berikut:

  • Mengakses sertifikat dan tiket vaksin Covid–19
  • Melihat hasil tes kesehatan Anda
  • Membuat sertifikat internasional Covid–19
  • Check-in dan Check-out lokasi
Apakah kamu sudah download update PeduliLindungi dan login ke Satu Sehat? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Satu Sehat

Editor : Bagus Hernawan