Apple Blokir Aplikasi email dengan Fitur ChatGPT, Apa Alasannya?

Jumat, 03 Maret 2023 | 10:35
Unsplash @glenncarstenspeters

MacBook Pro

Apple dikabarkan telah memblokir update aplikasi email bernama BlueMail di App Store karena mengandung teknologi AI dari ChatGPT.

Dikutip dari WSJ, pendiri aplikasi BlueMail yaitu Ben Volach mengatakan bahwa Apple memblokir update aplikasi buatannya karena kekhawatiran bahwa fitur AI baru di aplikasi tersebut dapat menampilkan konten yang tidak pantas

Apple took steps last week to block an update of email app BlueMail because of concerns that a new AI feature in the app could show inappropriate content, according to Ben Volach, co-founder of BlueMail developer Blix Inc., and documents viewed by The Wall Street Journal.

Aplikasi BlueMail punya fitur baru yaitu menambahkan teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan untuk chatbot yaitu ChatGPT dari OpenAI.

Tujuan dari penambahan fitur ini adalah membantu mengotomatiskan penulisan email menggunakan konten email dan catatan di kalender.

Dengan ChatGPT, aplikasi email ini dibuat agar dapat membantu pengguna berkomunikasi dengan AI lewat cara yang narutal seperti dengan manusia. Sehingga chatbot ini dapat menulis balasan email dengan topik yang panjang.

Baca Juga: Adobe Stock Kini Izinkan Penjualan Karya Buatan AI, Ini Alasannya!

Menurut tim App Review di Apple, pemblokiran BlueMail dengan teknologi ChatGPT ini dilakukan karena pengembang belum mengaktifkan fitur content filtering.

Selain itu pengembang aplikasi juga diharuskan mengubah kategori usia pengguna yang dapat mengunduh aplikasi ini dari 4 tahun ke atas menjadi 17 tahun ke atas.

Tujuannya adalah mencegah ChatGPT dapat membuat pesan email dengan muatan bahasa yang menyinggung hingga konten seksual.

Namun Ben Volach mengatakan bahwa kebijakan dari Apple ini dirasa tidak adil.

Karena menurutnya, beragam aplikasi dengan teknologi AI di App Store tetap bisa menggunakan batas usia pengguna di atas 4 tahun dan tidak diblokir oleh Apple.

Pihak juru bicara Apple menjelaskan bahwa pengembang aplikasi juga bisa mengajukan banding atas blokir yang diberikan Apple lewat layanan App Review Board.

Langkah Apple untuk menetapkan batas usia pada aplikasi yang menggunakan konten ChatGPT atau mungkin kecerdasan buatan lainnya ini bisa menjadi indikasi bahwa Apple mengamati teknologi baru ini dan segala resikonya.

App Store
App Store

BlueMail

Apple selama ini memang dikenal sangat perhatian dengan privasi data pengguna apalagi dari beberapa aturan yang ada di App Store.

Masih dari catatan laman sumber, Ben Volach merasa bahwa Apple tidak adil dan sengaja melakukan hal ini pada aplikasi buatannya.

Menurutnya jika aplikasi BlueMail menggunakan content filtering dan mengatur usia pengguna untuk 17 tahun ke atas, ini dapat berpengaruh pada distribusi konten dan calon pengguna barunya.

Menurut Ben Volach, “Banyak aplikasi lain di App Store yang diiklankan dengan fitur seperti ChatGPT namun tidak diminta mengatur ulang pembatasa usia pengguna. Kami ingin keadilan. Jika kami harus mengatur batasan usia ke 17 tahun ke atas, aplkasi lain juga harusnya sama.”

Kamu bisa baca laporan lengkap dari sumber berita di laman berikut ini.

Saat artikel ini dibagikan, aplikasi BlueMail dengan fitur ChatGPT sudah mendapatkan update di App Store pada tanggal 3 Maret. Tim MakeMac belum melakukan pengecekan apakah fitur ChatGPT di update ini sudah dapat digunakan, karena di bagian Age Rating masih tertulis 4 tahun ke atas.

Download BlueMail

Editor : Bagus Hernawan