Segala Sesuatu Tentang Dock

Rabu, 02 Juli 2008 | 21:18

Dock! Kalau di artikan adalah dermaga. Dermaga untuk menyimpan aplikasi yang sering kita pakai, atau aplikasi yang sedang bekerja dan juga sebagai tempat folder pintas sehingga kita mudah mengakses folder tersebut. Tapi bukan hanya itu fungsi Dock, ada banyak fungsi Dock lainnya. Selain membahas fungsi Dock, saya juga membahas tentang modifikasi Dock, seperti merubah tema, dan tentunya ada juga pembahasan mengenai tombol pintas Dock. Silahkan simak tulisan ini selanjutnya.

Dock adalah salah satu elemen yang penting di Mac OS X, karena di dalam Dock kita bisa menaruh aplikasi dan folder-folder yang sering kita gunakan. Untuk mengakses Dock menggunakan keyboard, tekan Control+F3, selanjutnya Anda bisa menggunakan tombol panah untuk memilih benda-benda yang ada di Dock.

Aplikasi yang sedang berjalan ditandai dengan bulatan warna putih berpendar, aplikasi yang tidak ditandai artinya aplikasi tersebut belum dijalankan.

Mengatur Aplikasi dan Folder

Untuk menambahkan aplikasi ke dalam Dock, yang harus kita lakukan adalah hanya menarik icon aplikasi dari dalam folder Applications ke daerah di antara icon Finder dan garis pemisah.

Menambahkan Aplikasi Adium ke Dock
Untuk menambahkan folder stack, tarik folder yang Anda inginkan ke daerah antar garis pemisah dan Trash. Jenis tampilan Stack bisa anda simak di tulisan saya sebelumnya mengenai Desktop.

Menambahkan Folder Download ke Stack
Apabila Anda ingin menghilangkan aplikasi atau stack yang ada di Dock, tinggal Anda tarik keluar Dock. Aplikasi atau folder tesebut akan menghilang. Aplikasi atau Folder yang ada di Dock bukanlah yang sesungguhnya, file Aplikasi dan Folder yang asli tidak akan terhapus. Aplikasi yang sedang berjalan tidak bisa Anda hapus dari Dock, Anda harus menutupnya terlebih dahulu.

Dock juga bisa berfungsi untuk menutup aplikasi atau menyembukan aplikasi untuk sementara waktu. Icon yang ada di Dock bisa di klik kanan (atau Control+klik) untuk memunculkan menu kontekstual.

Kontekstual Menu Aplikasi Safari
Anda bisa menghentikan aplikasi yang bermasalah dengan menggunakan dock, caranya adalah setelah klik kanan kemudian tekan Option. Maka menu Hide dan Quit akan berganti menjadi Force Quit dan Hide Others. Hide Others artinya, aplikasi lain yang aktif akan disembunyikan sementara aplikasi yang iconnya terpilih akan tetap terlihat.

Force Quit dan Hider Others melalui Dock

Merubah Dock

Apabila Dock Anda merasa kurang cocok dengan Dock yang ada, Anda bisa merubahnya melalui System Preferences. Di sini juga Anda bisa merubah pembesaran Icon, posisi dock, atau effect ketika minimize.

System Preference Dock
Keterangan

  1. Merubah ukuran Dock dari kecil sampai BESAAR
  2. Centrang Maginifation untuk merubah ukuran pembesaran icon yang ada di Dock
  3. Merubah posisi Dock, di kiri bawah dan kanan layar. Ketika Dock berada di kiri atau kanan, secara otomatis akan berubah menjadi Dock 2 dimensi
  4. memelih jenis Efek Minimize
  5. Animate opening Application memberikan effeck meloncat loncat icon aplikasi yang Anda jalankan, icon tersebut akan berhenti meloncat ketika sudah terbuka.
  6. Mengilangkan Dock secara sementara, untuk memunculkannya lagi geser Pointer Anda ke tempat di mana Dock Anda berada

Jalan Pintas

Berikut adalah beberapa jalan pintas untuk merubah Dock Anda tanpa perlu mengakses System Preferences.

Merubah ukuran Dock
Anda bisa merubah ukuran Dock dengan meletakan cursor di atas garis pembatas kemudian sambil menekan klik kiri kemudian geser tetikus naik-turun.

Anda juga bisa sambil menekan tombol Option untuk merubah ukuran Dock ke ukuran yang lengket (saya gak tau istilah pastinya). Tapi hasilnya icon yang ada di Dock akan terlihat lebih jelas tidak terlalu Blur. Mungkin, Dock memakai ukuran Icon mac sebagai patokan.

Memindahkan Dock
Untuk memindahkan posisi Dock, tahan Shift, kemudian tarik garis pemisah di Dock dan geser Dock ke posisi yang Anda inginkan, misalnya ke Kanan atau ke Kiri layar Anda.

Menyembunyikan Dock
Dock juga bisa disembunyikan seperti halnya TaskBar di Windows. Tekan ⌘+Option+D, dock akan berada di bawah layar Anda. Tempelkan cursor di bawah monitor untuk membuat Dock naik kembali. Untuk memunculkan Dock secara permanen tekan kembali ⌘+Option+D.

Percantik Dock Anda

Tema Dock di Leopard bisa dirubah menggunakan aplikasi tambahan, atau bisa juga manual. Tapi jalan manual pastinya lebih sulit dan sedikit yang berbahaya. Ada beberapa aplikasi tambahan untuk mengubah tampilan Dock. Untuk saat ini mari kita gunakan, LeopardDocks.

Jendela Leopard Dock
Untuk mendapatkan tema Dock, anda bisa mengunduh dari Leopard Docks. Silahkan unduh tema yang Anda sukai. Seteleah itu jalankan aplikasi LeopardDocks yang sudah anda unduh tadi. Kemudian selusur folder tema anda, apabila masih dalam bentuk Zip harus di Uncompress dulu. Selanjutnya tekan tombol “change my Dock!”. LeopardDocks akan meminta kata kunci akun admin, masukan nama pengguna dan kata kucinya. Hal ini dikarenakan untuk merubah Dock dibutuhkan beberapa modifikasi di sistem Mac, jangan khawatir, modifikasinya tidaklah membahayakan.

Membutuhkan izin Administrator
Hasil tema Dock saya seperti ini, saya menggunakan tema Piano.

Tema Piano
Tombol “Add a Dock Spacer!” berfungsi untuk menambahkan ruang kosong di antara icon di Dock. Hal ini bisa berfungsi sebagai pemisah aplikasi yang ada di Dock.

Menambahkan ruangan kosong di Dock
Apabila Anda ingin merubah Dock kembali ke tema standar, yang perlu anda lakukan hanyalah, pilih Original Dock dan tekan kembali tombol “Change my Dock!”.

Aplikasi lain untuk merubah tampilan Dock

Merubah Dock menjadi dua dimensi

Secara bawaan apabila Dock Leopard berada di bawah akan menggunakan format tiga dimensi, tapi hal tersebut bisa diganti menjadi dua dimensi seperti ketika Dock berada di pinggir layar. Untuk merubahnya Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Super Docker. Tapi untuk saat ini mari kita gunakan Terminal. Terminal adalah sebuah aplikasi Command Line Interface, atau kalau di artikan secara gamblang adalah aplikasi perintah memakai tulisan berupa kode-kode.

Utuk membuka Terminal, jalankan Spotlight Command+Spasi, dan ketik Terminal.

Hasil pencarian Terminal
Setelah Terminal terbuka ketikan kode di bawah ini, atau salin dan tempelkan saja ke Terminal ;-), tekan Return untuk memasukan kode ini.

defaults write com.apple.dock no-glass -boolean YES

Belum terjadi apa-apa kan? Docknya harus di tutup dulu supaya kode di atas bisa terlihat. Caranya adalah dengan memasukan kode ini. Tekan lagi Return setelah menngetik ini di Terminal.

killall Dock

Hasilnya akan terlihat seperti ini.

Tampilan Dock 2 dimensi
Untuk kembali ke dalam format Dock 3D, masukan kode ini.

defaults write com.apple.dock no-glass -boolean NO

Diikuti dengan.

killall Dock

Fungsi Lain Dock

Selain hal-hal diatas Dock juga berfungsi juga peluncur aplikasi Dashboard, Exsposé, dan Spaces. Jadi apabila terjasi masalah di ketiga aplikasi tersebut, bunuh saja Dock dengan kode.

Selain itu juga Dock berfungsi sebagai pembuka berkas. Misalnya anda mempunya satu gambar di Desktop, untuk membuka gambar tersebut Anda bisa menariknya ke icon Photoshop atau Preview.

Membuka file gambar dengan menariknya ke Icon Photoshop

killall Dock

Kesimpulan

Dari tulisan ini semoga Anda lebih mengerti tentang fungsi Dock dan mengenal jalan pintas untuk merubah Dock, serta mengganti tema standar Dock Leopard.

Apakah Anda mempunya petunjuk mengenai Dock Leopard? Silahkan berbagi dengan kami dengan menuliskan komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Kuswanto