20 aplikasi gratis yang harus Anda punya

Rabu, 06 Agustus 2008 | 06:59

Banyak hal yang menyenangkan menjadi pengguna Mac. Salah satunya adalah banyaknya aplikasi gratis yang berkualitas sama dengan aplikasi berbayar bahkan lebih baik. Kebanyakan aplikasi yang saya punyai adalah aplikasi tidak berbayar, sisanya adalah aplikasi berbayar yang dibeli secara rombongan.

1. Skitch

Skitch adalah sebuah aplikasi pengolah gambar yang menyenangkan. Skitch bisa menangkap tampilan layar dan Anda bisa memberikan pesan atau mencorat-coret gambar. Cocok bagi Anda yang sering berbagi gambar. Anda harus mendaftar di situs skitch untuk bisa memakai Skitch.

Daftar dan Unduh Skitch

2. iGetter

iGetter mampu menyambung aktivitas mengunduh yang gagal, dan juga terintegrasi ke browser di Mac Anda. Anda bisa memakai iGetter selama mungkin, tapi Anda akan terganggu dialog berbayar yang harus ditutup setiap kali menjalankan iGetter.

Unduh iGetter

3. Evernote

Evernote adalah sebuah aplikasi yang luarbiasa untuk mencatat sesuatu. Bisa juga menyimpan gambar atau menangkap gambar langsung dari iSight. Anda juga bisa menyimpan tulisan Anda di server Evernote sehingga semuanya tersinkronisasi. Untuk mendapatkannya Anda harus mendaftar ke situs Evernote.

Daftar evernote

4. NeoOffice

NeoOffice bisa mejadi pilihan Anda untuk pengolah kata atau pengolah data, tapi bukan hanya itu NeoOffice juga mempunyai pengolah gambar. Neoffice adalah hasil modifikasi dari OpenOffice, yang telah dirombak antarmukanya sehingga sangat terasa Mac. NeoOffice mensuport format Microsoft Office dan menampilkannya dengan baik.

Unduh NeoOffice

5. Adium

Kalau Anda sering berbincang dengan teman Anda menggunakan MSN, Yahoo! Messenger, Google Talk. Adium dapat melakukannya sekaligus. Adium juga didukung oleh antarmuka yang bisa dikostumisasi, juga terintegrasi dengan Address Book. Suatu saat saya akan membahas cara kostumisasi Adium secara menyeluruh.

Unduh Adium

6. AppDelete

Installasi aplikasi sih gampang, tapi unistall aplikasi yang benar bukan cuma masukin ke tong sampah saja. Dengan AppDelete Anda bisa menghapus berkas-berkas yang berhubungan dengan aplikasi yang bersangkutan. Membuat sistem Anda tetap bersih. App delete adalah Aplikasi sumbangan, apabila sangat bermanfaat bagi Anda silahkan untuk menyumbang demi perkembangannya.

Unduh App Delete

7. LiteIcon

Berfungsi sebagai pengganti aikon sistem. Anda bisa merubah aikon folder, hard drive Dock, dan sebagainya. Liteicon bisa dibilang versi gratisnya dari Candybar. Lihat tulisan sebelumnya mengenai cara merubah aikon untuk lebih detail mengenai tata cara penggantian aikon di Mac.

Unduh LiteIcon

8. CyberDuck

CyberDuck adalah salah satu aplikasi FTP yang banyak digunakan. Selain gratis, CyberDuck juga gampang digunakan. Mendukung FTP, SFTP, MobileMe, atau Amazons3. CyberDuck terintegrasi dengan Bonjour, dan Keychain untuk penyimpanan kata kunci Anda.

Unduh CyberDuck

9. Fluid

Bagi yang sering menggunakan aplikasi web, seperti Google Docs. Fluid App dapat merubah aplikasi website manjadi aplikasi Mac. Aplikasi web Anda sekarang bisa berjajar dengan aplikasi lainnya di Dock.

Unduh Fluid

10. Handbrake

Lupakan aikonnya yang tidak sekeren aikon Mac lainnya, kalau berbicara me-rip DVD, yang satu ini memang jagonya. Kalau Anda sering rip DVD Handbrake harus ada di dalam folder Aplikasi. Handbrake mempunya antarmuka yang sederhana, tapi sangat fungsional. Anda juga bisa memilih subtitle yang di inginkan, dan akan langsung terlihat di video hasil rip.

Unduh Handbrake

11. iPhoneNotes

Saya sering mencatat di iPhone, dan sampai saat ini Apple belum juga memberikan solusi sinkronisasi Mail Notes dengan iPhone. Untung ada aplikasi iPhoneNotes, jadi saya bisa menyunting dan/atau menambahkan tulisan saya di Mac kemudian melakukan sinkronisasi dengan iPhone secara nirkabel.

Unduh iPhoneNotes

12. jUploadr

Punya akun Flickr? dengan jUploadr Anda bisa mengunggah gambar dari Mac langsung ke Flickr. jUploadr juga memndukung tagging, deskripsi foto yang diunggah.

Unduh jUploadr

13. MindNode

Saat ini MindNode adalah aplikasi pilihan saya untuk Mind Mapping. Saya sering menggunakan metoda mind mapping untuk merencanakan sesuatu. MindNode sangatlah sederhana, membuat Anda lebih banyak berkonsentrasi kepada mapping daripda antarmuka yang mengalihkan perhatian.

Unduh MindNode

14. Smultron

Smultron adalah aplikasi editor teks yang handla. Fungsi utamanya membuat berkas HTML tapi sesuai dengan perkembangan aplikasinya, saat ini Smultron mendukung bahasa program yang populer.

Unduh Smultron

15. Unarchiver

Teman Anda mengirimkan file RAR? Bikin bingung cara bukanya? Dengan Unarchiver Anda bisa membuka file kompresi populer. Bahkan file RAR yang dipisah-pisahpun bisa dibuka dengan Unarchiver.

Unduh Unarchiver

16. Transmission

Apabila Anda sering mengunduh memamakai berkas Torrent. Maka Anda butuh klien untuk mengatur pengunduhan, Transmission mungkin pilihan yang tepat. Saya menggunakannya setiap kali mengunduh berkas torrent, belum ada yang bisa menggantikannya sampai sekarang.

Unduh Transmisson

17. VLC

Quicktime boleh menjadi pemutar video bawaan Mac. Tapi ketika dihadapkan kepada format berkas yang datang dari Windows, quicktime bisa angkat tangan. Maka VLC datang sebagai penyelamat.

Unduh VLC

18. Twitterific

Bagi yang suka nge-twitter, Twitterific harus di install. Karena bisa menjadi klien twitter yang mumpuni. Sebenarnya Twitterific adalah aplikasi berbayar, untuk yang gratis akan ada Iklan yang muncul setiap beberapa interval waktu.

Unduh Twitterific

19. VirtualBox

Virtual Box sekarang telah di rangkul oleh Sun. Virtual Box adalah aplikasi virtualisasi seperti VMWare atau Pararrel. Anda bisa install Windows, Linux atau OS lainnya kecuali tentunya Mac, gratis.

Unduh VirtualBox

20. Perian

Perian adalah plug-in untuk mengsuport format-format multimedia yang tidak dapat diputar sebelumnya oleh Mac. Sangat diperlukan apabila sering memutar berkas multimedia.

Unduh Perian

Tambahan yang harus disebut: QuickSilver

QuickSilver banyak dipakai sebagai peluncur aplikasi tapi sebenarnya QuickSilver mempunyai fungsi yang lebih maju. Quicksilver bisa mencari kontak, music, dan data lainnya, bisa juga mengurutkan berkas-berkas ke dalam prioritas, sehingga ketika Anda mencari kembali, berkas tersebut berada di urutan atas.

Unduh Quicksilver

Penutupan

Tadinya saya ingin membahas 20 tangga aplikasi teratas, tapi setelah berbincang-bincang di Plurk. Saya akhirnya memilih untuk menuliskan terlebih dahulu aplikasi gratis. Thanks to Dimas atas sumbangsih sarannya.

Nah, sekarang bagian Anda untuk berbagi aplikasi gratis apa saja yang Anda pakai?? Silahkan tuliskan di comment.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Kuswanto