Aplikasi Produktivitas untuk Freelancer

Kamis, 23 Oktober 2008 | 08:09

Bagi yang berkecimpung di dunia kerja lepas atau disebut juga sebagai Freelancer, pengorganisasian tugas-tugas sudah menjadi santapan harian yang tak terelakan. Untungnya kalau Anda menggunakan Mac, banyak sekali aplikasi penunjang produktivitas yang bisa membantu kita lebih produktif.

iCal

Siapa yang gak kenal iCal? Software bawaan dari Apple untuk membuat janji di kalender atau membuat To-Do ini merupakan sebuah software yang sangat basic. Banyak orang yang tidak menggunakan iCal karena fungsi To-Do yang sangat sederhana. Kelebihan dari iCal adalah sistem notifikasi kelender yang bisa mengirim email ke beberapa orang sekaligus untuk memberitahukan jadwal yang kita buat.

Apabila Anda sudah menggunakan Leopard, iCal juga berintegrasi dengan To-Do di Mail.app atau aplikasi GTD lain yang mendukung iCal. Dengan begitu To-Do yang dibuat di aplikasi lain akan muncul di iCal.

Anxiety

Anxiety merupakan sebuah jendela yang sangat sederhana. Anda akan terfokus kepada To-Do yang Anda buat bukannya ke aikon yang rame warna-warna. Kelemahannya adalah Anxiety hanya bisa melihat satu kelender pada satu saat. Kalau Anda mempunyai kelender banyak, agak ribet untuk melihat To-Do di kelender lain.

Unduh Anxiety. Harga gratis.

Chandler

Chandler adalah sebuah aplikasi GTD open source yang menggunakan Java, dan berintegrasi dengan Mail.app. Chandler juga menyediakan fitur kelender seperti iCal. Kalau Anda membutuhkan kolaborasi dengan partner, bisa memanfaatkan fitur sharing. Chandler merupakan sebuah aplikasi multiflatform yang artinya bisa berjalan di Windows dan Linux juga. Dan Chandler juga mempunyai antar muka web yang bisa diakses dari mana saja tentunya dengan koneksi internet.

Unduh Chandler. Harga Gratis.

Things

Things merupakan sebuah aplikasi GTD yang cukup menggebrak dengan tampilan yang cantik. Tapi pengembangannya agak lambat, serta fitur-fitur yang disuguhkan di versi beta masih bisa dibilang sangat standard. Apabila Anda ingin mencoba sebuah software beta berkualtisa, Things bisa menjadi pilihan Anda.

Unduh Things. Harga beta gratis, harga rilis $49

OmniFocus

OmniFocus dibuat karena kefrustrasian atas aplikasi GTD lainnya yang terlalu sederhana. OmniFocus merupakan sebuah aplikasi matang yang mempunyai banyak fitur untuk mendukung produktivitas. Sisi yang kurang baik adalah harganya agak mahal, tapi harga kan relatif.

Unduh Omnifocus. Harga $80

Actiontastic

Sebuah aplikasi yang sederhan tapi sangat berguna. Actiontastic mengikuti konsep GTD David Allen dengan antar muka yang mudah dimengerti yang sederhana. Bagi saya aplikasi ini terlalu sederhana, dan kurang mengigit dari segi fitur.

Unduh Actiontastic. Harga Gratis.

ThinkingRock

Sebuah aplikasi java juga, Thinking Rock menggunakan metoda GTD yang sangat baik. Merupakan aplikasi yang sederhana dan tidak terlalu ribet untuk digunakan.

ThinkingRock. Harga Gratis.

Check Off

Check Off bercokol di menu bar, Anda bisa membuat To-Do atau mengaturnya kedalan folder dan memberi label warna. Check Off adalah aplikasi sumbangan, Anda tidak perlu membayarnya tapi disarankan untuk menyumbang.

Unduh Check Off. Harga gratis/sumbangan

Contactizer

Contactizer sebuah aplikasi yang mempunyai fitur yang kompleks, tapi sangat mudah digunakan. Contactizer berintegrasi sangat baik dengan Address Book, Mail, iChat, dan iCal. Anda bisa membuat sebuah proyek dan menentukan langkah-langkah proyek tersebut dan membuat tugas-tugas di setiap langkah. Contacttizer sebenarnya lebih berfungsi sebagai project management dibandingkan Aplikasi To-Do list.

Unduh Contactizer. Harga Contactizer Pro $119, Contactizer Express $59

Penutupan

Aplikasi diatas adalah aplikasi yang saya tahu dan sudah saya coba. Saat ini saya masih bertahan di Things dan berencana membeli Contactizer Pro untuk mengatur proyek-proyek yang lebih besar. Aplikasi-aplikasi diatas kebanyakan mempunyai antar muka yang bagus, kecuali aplikasi Java yang memang terlihat kurang cantik.

Jadi, apakah Anda sudah menggunakan aplikasi To-Do atau manajer proyek di Mac Anda? Silahkan berbagi aplikasi apa yang Anda pakai saat ini.

Bagi yang ingin mengetahui rahasi-rahasia, seluk beluk manajerial proyek Anda bisa membaca blog saudara kami Ruang Freelance. Tulisannya dibuat oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia online atau offline freelance.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto