Cara Setup Keyboard Nirkabel

Senin, 01 Juni 2009 | 10:14

Apple mempunyai dua buah perangkat nirkable yaitu mouse (tetikus) dan keyboard. Dalam dua tulisan yang bersambung ini saya akan membahas bagaimana cara memasang dua perangkat tersebut. Keyboard nirkabel Apple berukuran kecil dan tidak mempunyai tombol nomor numlock (yang ada di bagian kanan). Keyboard yang berwarna silver dan tombol putih yang mirip dengan desain Apple baru membuatnya terlihat memukau. Sayangnya, keyboard nirkabel ini tidak mempunyai slot USB tambahan seperti di keyboard berkabel.

Packaging

Desain packaging mengikuti standar Apple, kardusnya dibalut plastik untuk melindungi dari tumpahan benda cair.

Shiny box

Yang Anda dapatkan adalah, batere 3 buah yang siap pakai, buku manual dan garansi dan tentunya keyboard. Sebelum mulai menggunakannya alangkah lebih baik kalau buku manualnya dibaca terlebih dahulu.

merk batere yang tahan lama

Memasangkan keyboard dengan Mac

Langkah pertama, ya, masukan baterenya terlebih dahulu. Untuk membuka penutup baterenya, Anda akan membutuhkan uang logam, uang Rp.100 atau Rp.500 cocok untuk bagian ini. Bagian tersebut tertutup oleh sebuah plastik tipis, Anda dapat membuangnya, tidak juga gak masalah koq.

Putar berlawanan arah untuk membukanya

Keyboard ini membutuh 3 batere AA sekali pakai, untuk batere selanjutnya ada baiknya kalau memakai batere isi ulang. Bagian positif batere menghadap ke dalam, lihat gambar ini.

pastikan kepala positif ada di bawah

Setelah batere semuanya masuk, nyalakan dengan menekan tombol power yang ada di bagian ujung yang lain. Ketika dinyalakan pertama kali, keyboard akan berada dalam mode discovery, yaitu menunggu pairing dari Mac, dalam mode ini lampu akan menyala hijau kelap kelip.

tekan tombolnya sekali saja, selama beberapa detik

Pairing dengan Mac

Langkah selanjutnya adalah pariring keyboard dengan Mac. Bukalah System Preferences… dan masuk ke pane bluetooth. Ketika icon Bluetooth di klik akan muncul jendela ini.

Jendela Bluetooth Assistant

Pilih Keyboard

Setelah itu Mac akan mencari keyboard yang siap di pairing. Jadi pastikan lampu keyboard menyala hijau. Setelah keyboard ditemuukan akan di dalam pilihan, seperti di gambar ini.

Keyboard terdeteksi

Setelah tombol Continue ditekan selanjutnya Anda harus menekan rangkaian nomor dan diakhiri dengan menekan Return. Langkah ini harus diselesaikan dengan benar. Apabila ada kesalahan atau memakan terlalu lama sehingga Mac menganggap keyboard Anda tidak merespon. Ulangilah langkah pairing dari deteksi keyboard.

Rangkaian angka

Selamat sampai tujuan

Kembali lagi ke System Preference, keyboard Anda sekarang sudah terhubung dan terdaftar di daftar perangkat bluetooth.

Keyboard sudah terdaftar

Monitoring keyboard

Karena keyboard bluetooth memakai batere, Apple menyediakan pane khusus untuk memonitoring umur batere yang terpakai. Untuk melihatnya Anda bisa membukanya di Keyboard & Mouse preferences (masih di System Preferences). Di tempat ini pula Anda dapat mengatur apakah mau menampilkan icon bluetooth di menu bar atau membangunkan Mac ketika sleep, yang berguna kalau Anda menggunakan mode clamshell di MacBook atau MacBook Pro.

Kekuatan batere

Kesimpulan

Pengaturan bluetooth yang disediakan oleh Apple sangat mudah dimengerti. Keyboard yang kecil ini sangat hemat energi, salah satu keyboard nirkable sudah dipakai lebih dari 3 bulan sampai sekarang masih penuh (dengan pemakaian kurang lebih 8 jam sehari). Harganya memang lebih mahal daripada keyboard pabrikan lain dengan koneksi bluetooth, tapi fitur-fiturnya yang mirip dengan keyboard di laptop membuat kita tidak perlu lagi mengatur apapun dan serasa seperti memakai keyboard laptop.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto