Tutorial : Jailbreak iPhone OS 3.0

Minggu, 21 Juni 2009 | 09:07

iPhone OS 3.0 dirilis pada hari Kamis yang lalu dan kali ini, iPhone Dev Team berhasil men-jailbreak-nya! Sesuai dengan janji, kali ini saya akan memandu anda untuk proses jailbreak pada iPhone 2G dan 3G dengan iPhone OS 3.0.

PERHATIAN :

Proses unlocking bisa dilakukan untuk iPhone 3G dengan baseband 02.28.00 (dapat dicek di Settings–About–Modem Firmware), semua versi iPhone 2G dan iPhone 3GS dengan OS 3.0 (gunakan redsn0w).

Tutorial ini khusus untuk pengguna Mac OS X saja. Kami tidak akan menuliskan proses Jailbreak untuk Windows.

a. Bagi Anda pengguna iPhone 2G/3G/3GS Resmi :

  • Bila anda tetap menggunakan operator resmi, anda boleh melakukan proses jailbreak ini. Bila anda harus meng-unlock-nya terlebih dahulu, sebaiknya untuk TIDAK melakukan tutorial ini. Tunggu tutorial selanjutnya.
  • Kemungkinan kerusakan pada perangkat anda bisa saja terjadi.
  • Kami hanya menyediakan tutorial ini. Segala resiko diakibatkan oleh proses jailbreak dan unlock ini menjadi tanggung jawab anda sendiri.
  • UPDATE : Khusus pengguna iPhone 3G Telkomsel Bundle, secara otomatis ketika iPhone anda diupgrade menjadi OS 3.0, maka iPhone akan teraktivasi dan ter-unlock secara otomatis. Sehingga, tanpa melalui proses unlocking, anda dapat menggunakan SIM card apapun di luar Telkomsel pada iPhone anda. Namun, untuk memasang Cydia, anda diharuskan untuk melewati proses jailbreaking.
b. Bagi Anda pengguna iPhone 3G/3GS Factory Unlock :

  • Kemungkinan kerusakan pada perangkat anda bisa saja terjadi.
  • Kami hanya menyediakan tutorial ini. Segala resiko diakibatkan oleh proses jailbreak dan unlock ini menjadi tanggung jawab anda sendiri.

Proses Jailbreak dengan Pwnage Tool (untuk pengguna iPhone OS 3.0)

Perangkat lunak yang dibutuhkan :

Cara :

  1. Unduh semua perangkat lunak yang dibutuhkan. Jangan lupa perbaharui Mac OS X hingga versi 10.5.7 supaya sistem lebih stabil. Anda bisa memesan update combo Mac OS X dan semua software yang dibutuhkan ke kami kalau koneksi internet Anda tidak memungkinkan.
  2. Hubungkan iPhone 2G/3G Anda ke Mac menggunakan kabel USB.
  3. Jalankan aplikasi Pwnage Tool. Lalu pilih OK.
  4. Pilih jenis iPhone yang anda gunakan. Apabila Anda tidak yakin, iPhone 2G mempunyai bagian belakang alumunium, iPhone 3G mempunyai bagian belakang hitam atau putih.
  5. Pwnage Tool akan mencari firmware 3.0 yang dibutuhkan secara otomatis. Lalu, pilih firmware tersebut. Pilih tombol tanda panah biru untuk melanjutkan proses.
  6. Pilih Yes untuk meletakkan firmware yang dimodifikasi di Desktop. Ingat-ingat nama berkasnya, karena ini merupakan berkas penting.
  7. Pilih Yes bila anda menggunakan operator resmi dan pilih No bila anda menggunakan operator lain.
  8. Pwnage Tool akan memodifikasi firmware terlebih dahulu. Di tengah perjalanan, Pwnage Tool akan meminta kata sandi anda. Selanjutnya, pilih No.
  9. Tahap berikutnya adalah proses untuk mengubah iPhone ke dalam mode DFU. Langkah tersebut: matikan iPhone – tekan tombol Sleep dan Home selama 10 detik – lepas tombol Sleep dan tetap tekan dan tahan tombol Home selama 10 detik kedua. Langkah ini harus tepat dilakukan, mungkin harus beberapa kali coba.
  10. Maka, iPhone akan memasuki mode DFU (apabila proses di atas dilakukan dengan tepat).
  11. iTunes akan meminta anda untuk mencabut dan memasang kembali kabel USB iPhone anda. Lakukan perintah iTunes!
  12. Lalu, dengan iTunes dalam keadaan aktif, tekan dan tahan Option (Mac) dan klik tombol Restore. Pilih IPSW yang sudah dimodifikasi di Desktop anda. Lalu, pilih Open.
  13. iTunes akan menginstalasi iPhone OS 3.0 yang sudah dimodifikasi pada iPhone 2G/3G anda.
  14. Setelah proses jailbreak selesai, maka muncul aplikasi Cydia dan Icy.

Proses Jailbreak dengan menggunakan redsn0w

Selain menggunakan Pwnage Tool, proses jailbreak dapat dilakukan juga dengan menggunakan redsn0w. Perangkat yang dapat di-jailbreak oleh redsn0w antara lain iPhone (2G dan 3G) dan iPod touch (generasi pertama dan kedua). Redsn0w pun dapat langsung men-unlock iPhone 2G. Untuk iPhone 3G, belum bisa di-unlock, perangkat lunak yang dibutuhkan akan dirilis beberapa hari ke depan. Tutorial ini sangat berguna untuk anda yang iPhone-nya telah diperbaharui menjadi OS 3.0 dan terjebak di posisi dengan panah mengarah ke lambang iTunes.

Perangkat lunak yang dibutuhkan :

Cara :

  1. Unduh semua perangkat lunak yang dibutuhkan. Jangan lupa perbaharui Mac OS X hingga versi 10.5.7 supaya sistem lebih stabil. Anda bisa memesan update combo Mac OS X dan semua software yang dibutuhkan ke kami kalau koneksi internet Anda tidak memungkinkan.
  2. Perbaharui terlebih dahulu iPhone/iPod touch anda dengan tutorial yang sudah saya buat sebelumnya. Saya sarankan anda untuk menggunakan cara manual.
  3. Hubungkan iPhone/iPod touch Anda ke Mac menggunakan kabel USB.
  4. Luncurkan redsn0w.
  5. Pada redsn0w, tekan Browse dan pilih firmware yang anda butuhkan (iPhone1,1 untuk iPhone 2G, iPhone1,2 untuk iPhone 3G, iPod1,1 untuk iPod touch 1G dan iPod2,1 untuk iPod touch 2G).
  6. Redsn0w akan langsung memproses dan mengidentifikasi firmware tersebut. Setelah teridentifikasi, pilih Next.
  7. Redsn0w akan mengunduh file apa yang dibutuhkan untuk men-jailbreak perangkat anda. Tentunya anda membutuhkan koneksi internet disini.
  8. Selanjutnya, pilih Next untuk menginstalasi Cydia.
  9. Lalu, ikuti petunjuk pada jendela selanjutnya yaitu untuk mematikan iPhone/iPod touch anda. Bila sudah dimatikan, pilih Next.
  10. Ikuti secara langsung instruksi langsung dari redsn0w yang bertujuan untuk memasukkan iPhone/iPod touch anda ke dalam mode DFU.
  11. Setelah masuk ke mode DFU, biarkan redsn0w melakukan segalanya untuk anda. Pastikan kabel USB tetap terhubung dengan Mac anda.
  12. Setelah beberapa menit kemudian, iPhone / iPod touch anda sudah ter-jailbreak.
Semoga, panduan ini dapat sangat membantu anda.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi