Fitur Baru iOS 4

Jumat, 25 Juni 2010 | 10:42

Seperti yang sudah semua pemake Mac ketahui kalau sistem operasi iPhone yang baru bernama iOS 4 yang mengandung banyak sekali fitur baru yang sangat berguna. Fitur yang dinantikan diantaranya adalah Folder dan Multitasking. Artikel kali ini membahas tentang fitur-fitur baru di iOS4 serta cara penggunaannya.

Kelompokan aplikasi ke dalam Folder

Seperti halnya komputer yang memakai folder untuk mengelompokan berkas-berkas kedalamnya. iPhone dengan iOS 4 bisa mengelompokan aplikasi ke dalam Folder yang namanya bisa diatur oleh Anda. Folder berguna sekali apabila Anda mempunyai banyak sekali aplikasi yang berserakan di layar iPhone yang sangat terbatas.


Untuk membuat folder Anda bisa menggunakan iTunes atau di layar iPhone. Tap/klik salah satu icon-nya sampai bergoyang, kemudian geser icon aplikasi tersebut ke dalam icon lainnya. Akan muncul sebuah kotak hitam bergaris putih sebagai pertanda pembuatan Folder. Setiap Folder mampu menampung 12 aplikasi, tapi hanya 9 icon saja yang nampak. Untuk menyunting Folder, tekan folder atau icon manapun sampai bergoyang, kemudian tap Folder yang akan disunting, Anda akan mendapatkan form nama yang bisa disunting.

Kerja lebih cepat dengan Multitasking

Bagi pengguna iPhone 3G atau 2G multitasking tidak didukung, hanya 3GS yang dapat memakai fitur ini. Hal ini dikarenakan batasan perangkat keras yang terdapat di iPhone 3G atau 2G (kalau iPod Touch, saya kurang tahu. Ada yang bisa konfirmasi?).

Untuk mengaktifkan Multitasking, tekan tombol Home dua kali. Daftar Aplikasi akan terlihat di bagian bawah layar, Anda bisa geser kiri atau kanan untuk memilih aplikasi lain tanpa perlu menutup aplikasi yang sekarang sedang dijalankan.

Anda juga bisa mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, tekan salah satu icon di bagian multitasking sampai goyang kemudian akan muncul tombol minus. Tekan tombol minus tersebut untuk mematikan aplikasi tersebut. Fitur ini tidak disebutkan di WWDC yang lalu, karena semua aplikasi yang ada di belakang layar dibekukan prosesnya. Mungkin Apple menyediakan fitur ini sebagai langkah darurat apabila suatu Aplikasi yang dikemas secara buruk dan membuat iPhone Anda melambat.

Background Home Screen

Bagi Jailbreakers fitur ini bukanlah sesuatu yang baru. Tapi bagi Anda yang belum pernah Jailbreak, iPhone Anda akan seperti iPad dimana Home Screen sekarang dapat menggunakan gambar background. Sayangnya iPhone 3G atau 2G tidak mendukung fitur ini juga. Jadi, silakan ikuti tutorial Jailbreaknya.

Pengaturan ini terletak di tempat yang sama dengan OS sebelumnya, yaitu di aplikasi Settings > Wallpapers. Anda akan diberikan pilihan seperti di layar atas. Jadinya seperti ini.

Mail yang lebih baik

Unified Inbox adalah salah satu fitur utama terbaru di Mail. Di iOS 4 Anda dapat melihat semua email di All Inboxes layaknya di Mail.app Mac. Hal ini tentunya berguna bagi yang mempunyai banyak akun email dan ingin melihat email baru dari seluruh akun.

Mail sekarang dapat menampilkan pesan email yang saling terakit kedalam satu kelompok pesan, mirip fitur threaded message di Mail.app. Jumlah email yang tekandung ditampilkan di sebelah kanan.

Bukan hanya itu saja. iOS 4 sekarang mendukung akun gMail lebih baik. Apabila Anda memakai akun gMail di iPhone, Anda akan melihat logo gMail muncul. Selain itu Anda juga dapat singkronisasi bukan saja email, bisa juga Calendars dan Notes.

Sinkronisasi dengan notes Mail.app juga lebih baik, di OS4 Anda dapat mengaktifkan singkronisasi notes di Settings > Mail, Contacts, Calendar, kemudian pilih akun email yang dituju.

Location Service

Setiap aplikasi yang memakai Location Service sekarang ditampilkan di dalam Settings. Apabila suatu Aplikasi memakai Location Service, Anda akan menemukan tanda panah berwarna ungu di menu bar.

iBooks

iBooks, sayangnya toko online iBooks tidak bisa dipakai apabila Anda menggunakan iTunes Store Indonesia. Tapi iBooks bisa juga koq dipakai untuk membaca PDF, info lengkapnya di artikel selanjut tentang cara menambahkan PDF ke iBooks.

iBook terintegrasikan dengan Safari, apabila Anda membuka sebuah file PDF di Safari, akan tombol penyimpanan ke iBooks. Sangat memudahkan bukan?

iBooks harus diunduh secara terpisah, silakan unduh melalui iTunes. Nah ini tangkapan layar iBooks dengan akun iTunes USA, penuh dengan buku-buku keren.

iPod

iPod juga mendapatkan sedikit fitur tambahan berupa tombol kontroler yang terdapat di bilah Multitasking, untuk menggantikan kontrol iPhone di OS sebelumnya yang diaktifkan ketika tombol Home di tekan dua kali.

Sekarang Anda juga dapat membuat Playlist di iPhone, ketika di tap, akan muncul pop-up untuk memasukan nama Playlist. Setelah di tap Save, Anda dapat memasukan lagu ke dalam Playlistnya. Anda dapat menyuntingnya, menghapus atau menambahkan lagu baru dengan mengakses halaman Playlistnya.

Sayangnya, Playlist yang dibuat di iTunes tetap belum bisa di sunting di iPhone.

Penguncian Orientasi Layar

Saya sering sebal kalau pakai iPhone sambil berbaring, orientasi layar seringkali berubah tanpa dikehendaki. Di iOS4, orientasi layar bisa dikunci dengan menekan icon Lock Potrait di bilah Multitasking, lokasinya ada di paling kiri disebelah tombol iPod. Setelah dikunci akan muncul icon Lock di Menu Bar.

Photo dan Camera

Tidak banyak yang perlu diharapkan dari kamera iPhone 3G atau 3GS yang hanya 3 Mega Pixel. Tapi fitur Zoom di iOS 4 cukuplah untuk sebuah pemutakhiran. Zoom hanya berfungsi di mode foto, untuk video tidak bisa.

Untuk mengaktifkan Zoom, tap saja layar iPhone, slider Zoom pun akan muncul. Zoom di iPhone menggunakan zoom digital, gambar Anda akan pecah apabila di zoom terlalu besar.

Apabila Anda singkronisasi antara iPhone dengan iPhoto, sekarang iPhone dapat mengenali data Faces dan Places.

Fitur lainnya

SMS mempunyai perhitungan jumlah karakter ketika Anda mengetik. Agak terasa oldies sih, tapi ini penting bagi Anda yang menghitung berapa tarif SMS yang dikeluarkan ketika mengirimkan SMS yang panjaaaang. Perhitungan jumlah karakter harus di aktifkan dulu di Settings > Messages. ON-kan Character Count.

Apabila jaringan Anda memberikan kuota bandwidth maka di iPhone 4 Anda dapat mematikan  koneksi data selularnya melalui menu Settings > General > Network. Matikan Cellular Data, Anda tidak akan bisa menggunakan koneksi Edge ataupun 3G lagi. Penting kalau sedang di daerah yang dikenakan roaming.

Kali ini mesin pencari di iPhone bukan Google saja, sekarang ada Bing dan Yahoo!. Bagi yang suka Yahoo! atau Bing, Anda bisa mengganti mesin pencari melalui Settings > Safari > Search Engine. Entah ini dikarenakan merenggangnya kerjasama Google dan Apple atau hanya memberikan pilihan bagi para pengguna iPhone.

Spotlight di iPhone sekarang bisa di kostumisasi, Anda dapat memilih konten yang bisa di cari oleh Spotlight dan mengatur kepentingannya dengan mengatur urutan bilahnya. Pengaturannya ada di Settings > General > Sportlight Search.

Sekarang iPhone mendukung pemakaian keyboard Bluetooth. Sayangnya saat ini saya sedang tidak memakai keyboard Bluetooth, jadi tidak bisa mencobanya.

Barusan adalah fitur-fitur iOS 4 yang saya temukan dan sudah di coba penggunaannya selama beberapa hari ini. Mungkin ada beberapa fitur lainnya yang lolos dari pengamatan saya, karena iOS 4 sebenarnya mempunyai banyak fitur baru yang kentara ataupun tidak begitu kentara.

Apabila Anda mengenal fitur lainnya yang belum disebutkan silakan berkomentar. Bagi Anda yang sudah memakai iOS 4, fitur manakan yang paling Anda sukai atau tidak disukai?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Kuswanto