MakeMac Best Apps Tahun 2011

Sabtu, 31 Desember 2011 | 15:40

Selama 2011, banyak sekali kejadian yang berlangsung. Peluncuran Mac OS X Lion yang membuat heboh, kemudian dilanjutkan dengan peluncuran iPhone 4S yang membuat takjub semua orang karena Siri. Dan yang terakhir adalah meninggalnya Steve Jobs yang menarik simpati dunia. Selama 2011, banyak aplikasi yang dikeluarkan, berikut ini pilihan aplikasi terbaik menurut MakeMac.

Aplikasi terbaik Mac OS X tahun 2011

OS X Lion

OS X lion adalah operating system (OS) pertamanya Apple yang di distribusikan melalui Mac App Store, walaupun ukurannya besar, tak memubuat orang enggan mengunduhnya. OS X Lion merupakan salah satu OS yang diadopsi orang tercepat karena distribusi digitalnya.

OS X Lion merupakan penyempurnaan dari OS sebelumnya. Fitur tambahan seperti full screen, Launchpad, Mission Control membuat OS X Lion lebih unggul daripada OS sebelumnya.

Menurut kami, OS X Lion adalah aplikasi terbesar dan tercanggih yang patut naik mimbar aplikasi terbaik untuk Mac OS X.

Aplikasi 10 besar Mac OS X

Pixelmator

Kalau Anda tidak tahu Pixelmator, Anda pasti masih baru. Pixelmator adalah sebuah aplikasi pengolah gambar yang mempunyai antar muka yang sangat indah, mempunyai kemampuan yang bisa disetarakan dengan Adobe Photoshop.

Kami sangat terkesan dengan antarmuka Pixemator, salah satu desain aplikasi terbaik yang pernah ada.

Versi terbaru Pixelmator menjadikannya semakin bersaing dengan Adobe Photoshop. Pixelmator bisa menjadi alternatif yang patut Anda pertimbangan untuk meggantikan Adobe Photoshop yang sangat mahal.

Twitter for Mac

Entah apa jadinya kalau Mac tanpa aplikasi Twitter for Mac yang menjadi acuan banyak aplikasi lainnya. Twitter for Mac memberikan arahan user interface yang benar-benar baru. Mendukung multitouch dimana pada saat Twitter for Mac di multitouch merupakan hal yang baru. Walaupun umurnya sudah cukup lama, tapi Twitter for Mac merupakan aplikasi twitter berjuta-juta umat.

Espresso

Espresso merupakan text editor dengan segudang fitur baru yang mempunyai antar muka yang tidak kalah indah dari pesaingnya. Espresso mendukung fitur-fitur pengolahan CSS3 yang bisa diakses melalui antarmuka grafisnya, hal inilah yang menjadikan Espresso lebih unggul dibandingkan text editor lain.

Espresso juga dapat tersambung langsung ke webserver. File dapat di unduh atau di unggah ke webserver langsung dari jendela Espresso.

Skitch

Tanpa Skitch pengguna Mac akan sangat berbeda. Skitch adalah sebuah aplikasi screenshot yang dapat memberikan catatan tambahan, corat-coret gambar, memberikan text dan fitur-fitur lainnya yang menjadikannya sebuah aplikasi screenshot yang mumpuni.

Skitch baru-baru ini dibeli oleh Evernote, yang menjadikan Skitch aplikasi gratisan dan terintegrasi langsung dengan Evernote.

Reeder

Reeder merupakan sebuah aplikasi pengolah RSS yang sangat indah dan dilakukan dengan benar. Desain antarmukanya yang membuat para penggunanya bilang WOW, patut diacungkan dua jempol.

Yang paling asik dari Reeder adalah fitur pilihan sharing artikel yang lengkap. Hal ini membuatnya sangat bersaing dari aplikasi pengolah RSS lainnya.

Sparrow

Mail.app bukanlah pengolah email bagi semua orang. Antarmukanya dirasakan masih terlalu kompleks untuk orang awam. Sparrow ingin merubah imej bahwa email adalah sebuah sistem yang menakutkan, Sparrow ingin membuat email kembali menyenangnkan. Dan, mereka berhasil.

Proses penambahan email yang biasanya melibatkan nomor port, alamat server yang tidak dimengerti oleh orang awam. Dengan Sparrow, yang perlu Anda masukan alamat email Anda, sisanya Sparrow akan menebak-nebak setingan lainnya dan sebagian besar tebakannya berhasil. Sparrow mendukung langsung Gmail, Yahoo, hotmail dan email standar yang banyak dipakai orang.

Atar muka sparrow yang sederhan membuatnya mudah dilakukan oleh orang awam. Sparrow juga terintegrasi dengan Facebook, jadi kontak Anda yang memakai email yang sama dengan di Facebook otomatis fotonya akan muncul di Sparrow.

Transmit

Transmit yang dirilis oleh Panic merupakan aplikasi terfavorit pengguna Mac. Versi terbaru Transmit semakin cantik, semakin bikin ngiler pengguna Mac yang membutuhkan sebuah aplikasi FTP yang mempunyai segudang fitur yang canggih.

Panic dikenal dengan sebuah studio developer yang selalu mengeluarkan aplikasi dengan desain yang indah. Dan tentunya Panic tidak pernah gagal membuat kagum semua orang.

Alfred

Alfred adalah pelayan pribadi yang sangat cerdas. Alfred bisa dibilang Spotlight dengan steroid, saingan terberatnya Quicksilver. Dengan Alfred Anda bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh Spotlight.

Alfred di desain dengan sangat bagus, dan mudah digunakan. Alfred aplikasi semi gratisan, untuk yang versi biasa Anda dapat menggunakannya tanpa dipungut bayaran. Tapi apabila Anda ingin membuat Alfred lebih pintar, Anda bisa membeli Power Pack tambahan. Power Pack ini seperti sebuah plugin yang dapat menambahkan fitur-fitur baru bagi Alfred.

1Password

1Password bisa jadi bikin pusing banyak orang. Buat apa sih? Apa sih kegunaanya? 1Password adalah sebuah pengolah/pengingat password bagi Anda. Dengannya Anda bisa membuat password yang kuat di sebuah situs tanpa perlu mengingatnya, 1Password akan mengingatnya untuk Anda. Ketika Anda login kembali ke situs tersebut 1Password yang akan memasukan data user name dan password Anda.

Selain mengingat password website, 1Password juga dapat menyimpan data login lainnya seperti FTP, server. Anda juga bisa memasukan data lisensi aplikasi-aplikasi yang Anda beli. Memasukan data kartu kredit yang dapat dipakai autocomplete ketika ada form kartu kredit.

1Password akan membuat Anda ketagihan dalam pengolahan password dan data keamanan.

Analog

Saat ini aplikasi pengolah foto yang mempunya filter-filter antik di iOS makin marak. Para pengembah Mac pun tidak ketinggalan, Analog datang ke Mac yang dapat menambahkan filter-filter antik ke foto-foto Anda.

Analagi di desain dengan antar muka yang mudah dimengerti, dan harganya juga terjangkau.

Aplikasi iPhone tahun 2011

Aplikasi iPhone terbaik tahun 2011

Tweetbot

Tweetbot! Sebuah aplikasi twitter yang terkenal di pengguna iPhone. Tweetbot mempunyai fitur yang lengkap, walaupun awalnya tidak mendukung notifikasi tapi pada akhirnya semua pengguna mendapatkan notifikasi yang didambakan.

Antarmuka tweetbot mempunyai ciri khas Tapbot (nama developernya), yang membuatnya sangat unik dari aplikasi twitter lainnya atau malah dari aplikasi iPhone secara umum.

Dengan diluncurkannya aplikasi twitter versi yang kurang disukai oleh pengguna twitter lama. Saya merasa bersyukur sebagai pengguna tweetbot karena aplikasi twitter yang baru membatasi apa yang saya biasa lakukan dengan tweetbot.

10 Aplikasi terbaik iPhone

Endomondo

Buat kamu yang hobi olahraga, aplikasi ini wajib dipasang di iPhone kamu dan gratis! Endomondo adalah aplikasi tracking untuk berbagai macam olahraga, dari mulai jogging, lari, bersepeda hingga berenang. Aplikasi ini menggunakan GPS sehingga kamu bisa mengetahui jalur kamu lari/bersepeda dan seberapa jauh jarak yang ditempuh, ditambah juga jumlah kalori yang dibakar dan detak jantung saat berolahraga.

GarageBand

Kalo kamu pengguna Mac sejati, pasti tahu aplikasi yang satu ini. Ya! GarageBand adalah salah satu aplikasi Mac yang dipaketkan oleh Apple bersama iPhoto, iWeb dan iMovie dengan nama iLife.

Bersamaan dengan dirilisnya iPad 2, Apple merilis GarageBand untuk iOS. Seperti versi Mac nya, kamu dapat membuat dan merekam instrumen musik kamu untuk di-compose menjadi sebuah lagu. Kelebihan iPhone dengan layar multi-touch mempermudah pengguna untuk menggunakan instrumen musik bawaan Garageband seperti Drum, Piano dan Gitar hanya dengan menggunakan jari mereka. Untuk kamu yang hobi bermain musik, aplikasi ini wajib dimiliki.

Flipboard

Yes. Flipboard kembali hadir di sini setelah sebelumnya review di sini. Dengan tampilan antarmukanya yang intuitif dan kegunaannya sebagai majalah personal, Flipboard pantas berada di halaman pertama iPhone kamu.

Instagram

Aplikasi ini yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Instagram, aplikasi berbagi foto dengan efek kamera lomo, menjadi sangat populer di tahun 2011. Banyak orang menggunakan Instagram bukan sekedar berbagi momen saja, tetapi digunakan juga sebagai bagian video musik dan ada pula yang mengadakan pameran foto yang mereka ambil menggunakan Instagram. Oleh karena itu, Instagram masuk ke dalam aplikasi iPhone pilihan MakeMac 2011.

Camera+

Berbeda dengan aplikasi Camera bawaan iOS, Camera+ menjadi pelopor fitur-fitur yang sebelumnya tidak ada di iOS seperti grid dan tombol volume sebagai tombol shutter. Selain itu, Camera+ menyediakan berbagai mode pengambilan gambar yaitu mode Normal, Stabilizer, Timer dan Burst serta ditambah lagi editing gambar dengan berbagai macam efek pewarnaan. Foto yang sudah kamu edit bisa disimpan di Camera Roll atau langsung dibagikan lewat Twitter atau Facebook.

Path

Sebelumnya, Path hanya sebuah aplikasi berbagi foto dengan efek lomo namun kalah pamor dengan Instagram. Kini dengan versi 2.0, Path hadir sebagai jejaring sosial dengan garis waktu yang cukup unik. Tak hanya berbagi foto, kamu juga bisa menambahkan status apakah kamu sudah tidur atau sudah bangun. Bahkan, ketika kamu berpindah kota, Path akan langsung menuliskannya di garis waktumu. Path hanya membatasi jumlah teman yang dapat kamu share sebanyak 150 orang saja. Jadi, pastikan kamu menseleksi siapa saja yang bisa mengetahui kegiatanmu di Path.

WhatsApp Messenger

Aplikasi ini menjadi booming ketika Nokia mulai menambahkan WhatsApp di setiap handsetnya, sehingga bisa mengirim pesan gratis dengan pengguna WhatsApp lainnya. Selain itu, WhatsApp Messenger untuk iPhone sempat digratiskan di AppStore oleh pengembangnya sehingga siapapun bisa menggunduhnya tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang ingin saling berbagi pesan dengan teman kamu dengan OS lain seperti Android dan Blackberry.

Onavo

Jika kamu pembaca setia MakeMac (dan kamu memang), pasti tahu aplikasi yang pernah saya review sebelumnya. Onavo adalah salah satu aplikasi yang mengkompresi setiap data yang masuk ke iPhone kita lewat jaringan selular, baik itu EDGE maupun 3G, sehingga dapat menghemat kuota atau pulsa hingga 30-40% dalam sebulan. Bagi yang mau berhemat, Onavo cocok untuk dipasang di iPhone kamu dan aplikasi ini gratis!

Where’s My Water

Aplikasi yang satu ini bukan aplikasi, melainkan sebuah permainan yang sangat adiktif bagi saya. Where’s My Water, aplikasi buatan Disney Mobile ini, mengajak kamu untuk mengirimkan dan menyalurkan air ke pipa bak mandi Swampy si buaya agar dia bisa mandi. Permainan ini mengasah strategi dan kecepatan tangan karena banyak sekali tantangan termasuk mengkoleksi bebek karet dan benda-benda tersembunyi di level tertentu. Permainan ini cocok sekali untuk menghabiskan waktu anda selama liburan!

Jetpack Joyride

Aplikasi iPhone terakhir yang menjadi Top 10 kali ini adalah permainan Jetpack Joyride dari Halfbrick, pengembang yang sama dengan Fruit Ninja. Tujuan permainan ini adalah menyelesaikan misi-misi yang ada menggunakan jetpack. Selain jetpack, ada juga ‘kendaraan’ lainnya seperti motor, kostum Gravity Guy dan naga! Kamu juga diminta untuk mengkoleksi koin yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan level jetpack-mu! Permainan ini tergolong sangat adiktif dan wajib dimiliki di setiap iPhone di dunia ini.

Aplikasi iPad Tahun 2011

Aplikasi iPad Terbaik 2011

Modern Combat 3

Bisa dibilang inilah COD nya iPad. Modern Combat 3 menghadirkan ketegangan game FPS (First Person Shooter) ke iPad dengan mode kampanye dan multiplayernya.

Kualitas gambar yang sangat bagus, sistem rangking yang menantang, kumpulan peralatan yang lengkap, bisa membuat penggemar FPS melupakan game-game PC dan tetap memainkan Modern Combat di iPad.

Dipastikan salah satu game yang dibuat GameLoft layak dimainkan selama 2012.

TOP 10 Aplikasi Terbaik iPad

Facebook for iPad

Butuh 2 generasi iPad bagi Facebook untuk membuat aplikasi official layanan mereka sendiri. Untungnya, Facebook.app tidak mengecewakan. Fitur-fiturnya lengkap dan mempunyai tampilan yang banyak ditiru oleh aplikasi lain.

Nilai plus adalah Facebook.app mampu mendukung Facebook page, admin suatu page bisa langsung berinteraksi dengan para fans.

Infinity Blade II

Bagi yang tidak tahu apa Infinity Blade, kemana aja kalian? Infinity Blade pertama membuat wah gamer iOS. Yang membuatnya wah dikarenakan tampilan 3D yang setara dengan game PC padahal spesifikasi iPad tidaklah tinggi.

Pada versi kedua, gambar Infinity Blade II ditampilkan lebih baik, lebih detil. Gameplay diperbaiki, sehingga tidak terasa monoton lagi. Infinity Blade II lebih susah dimainkan daripada versi pertama.

Instapaper

Instapaper merupakan sebuah aplikasi yang bookmarking khusus bagi Anda yang ingin membaca artikel waktu lain. Tampilan Instapaper tidaklah revolusioner, tapi lebih karena sebagai pioner di bidangnya.

Banyak pengguna iOS mengandalkan Instapaper untuk mengumpulkan artikel-artikel menarik yang bisa dibaca pada waktu luang dikemudian waktu.

Read It Later

Secara kegunaan, Read It Later mirip dengan Instapaper, yaitu untuk menyimpan tautan atau laman web untuk dapat dibaca lagi nanti. Namun, tampilan aplikasi Read It Later di iPad lebih intuitif dan lebih nyaman dibandingkan Instapaper. Laman yang disimpan akan ditampilkan seperti halaman artikel di sebuah buku. Aplikasi ini terdiri atas 2 versi yaitu versi Free dan Pro. Saya sarankan untuk membeli versi Pro nya.

Grand Theft Auto III

Permainan yang satu ini sudah tidak asing lagi, terutama di kalangan pria. Grand Theft Auto III untuk iOS ini merupakan hasil porting GTA III dari permainan konsol yang menggunakan gamepad menjadi permainan berbasis layar sentuh dalam rangka 10 tahun lahirnya GTA III. Tidak ada perubahan secara gameplay dan jalan cerita dengan versi konsolnya. Permainan ini wajib dimiliki dan saya sarankan untuk dimainkan di iPad 2 untuk mendapatkan tampilan grafis yang lebih baik walaupun bisa dimainkan di iPad 1.

Writing Kit

Bagi blogger yang memikirkan untuk memakai iPad sebagai mesin blogging on the road, tidak perlu lagi ragu. Pakailah Writing Kit, sebuah aplikasi yang mendukung MarkDown yang fiturnya lengkap. Dengan Writing Kit Anda bisa mencari referensi tanpa harus membuka browser. Writing Kit juga mendukung Dropbox, sehingga semua tulisan Anda bisa tersingkronisasi dengan mesin Anda yang lain.

Flipboard

Flipboard mengguncangkan dunia, beneran! Karena membawakan konsep baru, personalisasi majalah. Ketika memakai Flipboard, Anda seperti membaca sebuah majalah yang khusus dibuat untuk Anda. Karena, sumber-sumbernya mengambil dari akun twitter, Facebook, Google Reader atau dari situs-situs direktori Flipboard yang bisa Anda pilih.

Real Racing II HD

Satu lagi permainan yang wajib terpasang di setiap iPad. Real Racing II adalah seri kedua dari Real Racing yang dikembangkan oleh Gameloft. Bagi yang familiar dengan Gran Turismo, Real Racing merupakan permainan balapan mobil dengan mobil dari berbagai macam manufaktur yang terkenal. Ada mode Career dimana kamu akan menghadapi serangkaian balapan dan ada juga mode Quick Race. Salah satu keunikan dari Real Racing II HD ini adalah ketika iPad anda dihubungkan ke monitor atau TV dengan kabel VGA/HDMI, monitor anda menjadi layar utama dan iPad menjadi stir mobilnya, layaknya memainkan permainan dari konsol. Permainan ini wajib dimiliki!

Bamboo Paper

Buat para ilustator, nama Bamboo sudah tidak asing di telinga mereka. Bamboo merupakan tablet buat Wacom yang digunakan untuk membuat ilustrasi digital. Kini, Wacom merilis aplikasi Bamboo Paper untuk iPad dan aplikasi ini gratis. Aplikasi ini cocok untuk anda yang senang membuat ilustrasi, doodling atau membuat catatan langsung menggunakan jari di iPad anda. Kalau merasa tidak nyaman, Wacom juga menjual stylus dengan nama Bamboo Pen sebagai pasangannya Bamboo Paper.

Skype for iPad

Setelah lama ditunggu-tunggu, kini Skype hadir di iPad. Skype adalah layanan chatting dan VoIP yang paling dikenal di seluruh dunia. Dengan adanya Skype di iPad, kamu bisa lakukan voice call dan video call (untuk iPad 2) langsung dari iPad anda. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang ingin fitur ‘telepon’ hadir di iPad.

Apa aplikasi favorit Anda selama 2011?

Nah! Sekarang pilihan Anda, apa sih? Aplikasi favorite Anda selama 2011. Sebutkan di komentar di bawah, ya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto