3 Fungsi Bluetooth di Perangkat iOS

Sabtu, 14 Juli 2012 | 14:00

Cukup banyak yang menanyakan kepada MakeMac lewat Twitter apa sebenarnya fungsi Bluetooth di perangkat iOS seperti iPhone, iPad dan iPod touch. Sebenarnya, kegunaan Bluetooth di perangkat iOS serupa dengan perangkat lainnya. Namun, hanya fungsi transfer data antar perangkat saja yang tidak dapat dilakukan kecuali menggunakan aplikasi tertentu dari Cydia setelah perangkat iOS kamu di-jailbreak. Berikut ini adalah 3 hal yang dapat kamu lakukan dengan konektivitas Bluetooth di iOS.

Menggunakan Bluetooth keyboard, speaker, headset dan headphone

Dengan dukungan Bluetooth A2DP, kamu dapat menghubungkan Bluetooth speaker, headset dan headphone dengan perangkat iOS kamu. Perangkatnya pun tak terbatas oleh merek apapun asalkan mendukung Bluetooth A2DP. Misalnya jika kamu memiliki bluetooth headset untuk Blackberry atau Nokia, kamu masih bisa menghubungkannya dengan iPhone-mu. Cukup lakukan pairing antara kedua perangkat sehingga keduanya saling mengenal. Kamu pun bisa menggunakan Bluetooth keyboard untuk mengetik sebuah dokumen di Pages lebih cepat. Saya rekomendasikan kamu untuk menggunakan Apple Bluetooth Keyboard.

Local Multiplayer Games

Kamu pun bisa menggunakan Bluetooth untuk bermain permainan secara multiplayer sekaligus multi-devices. Misalkan, kamu dan temanmu memiliki permainan yang mendukung Local Multiplayer via Bluetooth. Kalian dapat bermain bersama tanpa harus terhubung dengan Internet karena koneksi permainan ini bersifat lokal. Sayangnya, tak banyak permainan yang mengadopsi fitur ini dan memilih menggunakan koneksi Wi-Fi.

Personal Hotspot

Awalnya fitur ini bernama Internet Tethering. Namun sejak kehadiran iPhone 4 yang mendukung Internet Tethering via Wi-Fi, fitur ini berubah nama menjadi Personal Hotspot. Fitur ini memperbolehkan kamu untuk menggunakan koneksi data dari iPhone oleh perangkat lain melalui jalur konektivitas yang ada dan salah satunya adalah Bluetooth. Keuntungan penggunaan Bluetooth sebagai Personal Hotspot adalah konektivitas yang lebih aman dengan enkripsi yang setingkat dengan WPA2 pada Wi-Fi dan adanya sistem pairing antar dua perangkat yang sudah dikenali sehingga tidak ada perangkat lainnya yang dapat menyelinap ke Personal Hotspot kamu.

Itulah tiga dari banyak hal yang dapat dilakukan dengan konektivitas Bluetooth pada perangkat iOS. Masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan dengan Bluetooth di masa yang akan datang termasuk hadirnya teknik Bluetooth 4.0 yang mulai dibenamkan di perangkat iOS dan Mac tahun 2012.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi