Webr: Membuat Web Design Langsung Dari iPhone

Senin, 23 Juli 2012 | 15:00

Apakah kamu pernah memiliki angan-angan untuk membuat sebuah web design hanya dengan bermodalkan iPhone, iPad atau iPod? Sekarang kamu bisa bergembira karena di App Store ada sebuah aplikasi yang bisa mewujudkan angan-angan kamu menjadi kenyataan. Aplikasi itu bernama Webr.

Webr adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Lazy Apps. Dengan aplikasi Webr ini, membuat sebuah web design benar-benar menjadi sangat mudah, siapapun bisa membuat sebuah website, bahkan jika orang tersebut tidak mengerti tentang bahasa pemrograman web sekalipun. Aplikasi Webr ini bisa dibilang sangat simple dari segi design juga dari segi penggunaannya.

Untuk memulai menggunakannya, pertama kali kamu tinggal pilih tombol tambah yang ada di halaman utama untuk membuat website pertamamu. Beri judul untuk website tersebut, dan judul itu akan menjadi nama domain dari website yang kamu buat. Setelah itu kamu bisa menambahkan content-content seperti gambar, teks dan bisa juga sebuah halaman blog di website yang sudah kamu buat. Oya, jika kamu berencana untuk menambahkan content seperti teks dalam website yang kamu buat, Webr juga sudah mensupport format penulisan Markdown. Buat kamu yang belum paham benar tentang format penulisan Markdown, kamu bisa membaca artikel dari MakeMac tentang format penulisan Markdown.

Setelah kamu menambahkan content-content tersebut, kamu bisa memilih tema untuk website yang kamu buat. Pada saat Webr pertama kali dirilis pada tanggal 29 Juni 2012, Webr hanya menyediakan 10 tema. Namun, Webr sendiri menjanjikan sebuah update gratis untuk tema yang disediakan, dan pada tanggal 21 Juli kemarin, Webr mengupdate aplikasinya sekaligus menambahkan 2 tema tambahan.

Sampai sini, website kamu sudah hampir selesai. Namun, Webr menyediakan fitur Advanced Setting. Fungsi dari Advanced Setting adalah memungkinkan kamu untuk memilih, halaman mana yang ingin kamu jadikan sebagai halaman utama. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menambahkan caption untuk gambar yang kamu upload, menambahkan metadata, dan juga akses langsung ke akun Facebook dan Twitter lewat Advanced Setting ini.

Setelah semua itu dilakukan, kamu bisa menekan tombol “Done”, dan website yang kamu buat akan mengupload semua modifikasi yang sudah kamu buat di website itu. Simple sekali bukan? Satu hal yang saya suka dari Webr adalah, kamu bisa membuat lebih dari 1 website. Kamu bisa membuat sebuah resume, microblog atau bisa juga sebuah portofolio. Dan semuanya itu tidak menutup kemungkinan untuk mengedit kembali halaman website yang sudah kamu buat.

Semua website yang kamu buat akan memiliki domain dengan akhiran .webr.ly. Icon Webr pun akan disematkan di pojok kiri bawah di setiap website yang kamu buat dengan Webr. Sebetulnya ada aplikasi lain yang bisa kamu gunakan jika ingin membuat sebuah web design, misalnya Koder, WebCoderXD dan juga Textastic. Tetapi semuanya memiliki harga yang tidak terlalu murah dan sangat tidak bersahabat bagi orang yang tidak mengerti tentang bahasa pemrograman web. Keunggulan Webr adalah Webr bisa membuat sebuah web design yang sama baiknya dengan web design yang dibuat dengan aplikasi berbayar dan tentu saja harga aplikasi Webr yang gratis.

[review_web site=”https://makemac.com/s/webrweb” appstore=”https://makemac.com/s/webrapp” price=”0.99″][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Ricardo Parker