Menikmati Screen Saver Baru di Mountain Lion

Sabtu, 25 Agustus 2012 | 12:00

Sudah hampir sebulan OS X Mountain Lion dirilis untuk umum. Bahkan, pemutakhiran Mountain Lion versi 10.8.1 baru saja dirilis semalam dengan berbagai perbaikan yang diberikan. Tahukah kamu bahwa di Mountain Lion, kamu dapat menikmati berbagai animasi screen saver baru?

Screen saver baru yang dihadirkan di Mountain Lion berupa slideshow gambar dan foto citra keren dengan 4 tema yaitu National Geographic, Aerial, Cosmos dan Nature Patterns. Selain keempat tema di atas, kamu bisa memilih folder berisikan gambar yang ada di Mac kamu untuk digunakan sebagai tema gambar. Tema gambar tersebut dapat ditampilkan sebagai screen saver dengan 14 macam slideshow yaitu Floating, Flip-up, Reflection, Origami, Shifting Tiles, Sliding Panels, Photo Mobile, Holiday Mobile, Photo Wall, Snapshots, Vintage Prints, Scrapbook, Ken Burns dan Classic. Bagi kamu pengguna Apple TV, pasti sudah familiar dengan screen saver baru ini.

Untuk menggubah screen saver, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka System Preferences (aplikasi dengan ikon gir di Dock atau buka dari  menu)
  • Pilih “Desktop & Screen Saver” dan pilih tab “Screen Saver”
  • Pilih tipe slideshow di sisi kiri dan kamu bisa melihat pratampilnya di sisi kanan.
  • Klik menu Source untuk memilih tema atau sumber gambar slideshow untuk screen saver.
Selain screen saver baru, Apple masih menghadirkan screen saver yang pernah ditampilkan di OS X versi sebelumnya. Hanya saja di Mountain Lion, kamu tidak dapat menggunakan Flickr dan RSS feed sebagai sumber tampilan screen saver.

Selamat mencoba!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi