Hal-Hal Menarik Yang Terdapat Dalam iOS 6

Jumat, 21 September 2012 | 11:24

Menggunakan iOS 6 tentunya akan menghadirkan pengalaman yang baru bagi pengguna yang telah terbiasa dengan iOS 5. Terhitung sekitar 200 fitur baru disediakan Apple di dalamnya.

Saya sendiri amat antusias melihat iPhone 4 dan iPad 3rd Gen milik saya telah terupdate dengan iOS 6.0 begitu saya bangun di pagi hari. Dan dari pagi tadi hingga sekarang, saya berhasil menemukan hal-hal yang menurut saya menarik di iOS 6.

Okay, let’s get it on.

Icon Pull to Refresh Yang Catchy

Harusnya, semua orang menyadari hal ini. Bila kamu perhatikan (contoh: saat melakukan refresh mail), maka icon pull to refresh hadir dengan desain baru.

Ia memiliki icon refresh khas Apple namun terbungkus di dalam sebuah lingkaran yang apabila kita lakukan pull to refresh, lingkaran itu akan menampilkan efek tertarik layaknya karet.

Tweet dan Update Status langsung dari Notification Center

Setelah masuk ke dalam akun Twitter dan Facebook, kamu dapat berkicau dan mengganti status langsung melalui Notification Center, sehingga tidak lagi diperlukan banyak langkah untuk mempublish tweet ataupun status.

Siri for iPad 3rd Generation

Seperti yang pernah diinformasikan sebelumnya, iPad 3rd Generation akan kehadiran Siri, asisten personal yang lebih dulu mampir buat iPhone 4S. Tampilan Siri di iPad tidak banyak berubah. Ia hanya mengambil sedikit tempat di atas (portrait mode) atau di sebelah (landscape mode) home button iPad kita.

Dan kini, Siri hadir dengan lebih pintar di iOS 6. Ia bisa menjawab pertanyaan seputar hasil akhir pertandingan olahraga, film apa yang sedang berputar dan menunjukan serta melakukan reservasi restoran yang kita kehendaki.

Tampilan dan Fitur Baru Reminders Today

Saya amat suka tampilan Reminders di iPhone, mengapa? Karena selain lebih fresh, ia juga hadir dengan lebih informatif dan mudah.

Apabila kita tap list reminder kita, kita akan disuguhkan dengan daftar list-list yang telah kita buat sebelumnya, juga deretan tanggal kalender di bagian bawah.

Selain itu, fitur Today juga dapat mempercepat kita dalam mengetahui apa saja daftar yang kita buat pada hari ini.

Icon Use as Wallpaper yang menarik

Saya amat menyukai ikon Use as Wallpaper di iOS 6, karena menurut saya ikon tersebut memiliki desain dan gambar yang bagus. Bunga teratai yang hadir sebagai ikon itu sama dengan ikon wallpaper di Setting namun bedanya, ia tidak berwarna.

Navigation Bar Dengan Skema Warna Baru

Kini kita sudah terlepas dari navigation bar yang berwarna agak keabu-abuan seperti yang biasa terdapat pada iOS 5. Navigation bar iOS 6, menghadirkan warna bar yang baru, biru. Meskipun tampaknya bukan hal yang besar, namun ini menarik karena Apple baru kali ini mengganti warna navigation bar di iOS semenjak iPhone 0S pertama dirilis 2007 lalu.

Assign Signature Email Per-Account

Sebelumnya, kita hanya bisa menggunakan 1 signature untuk seluruh akun email kita di iOS 5 namun kini, di iOS 6.0, kita dapat mendaftarkan email signature yang berbeda untuk setiap akun yang kita miliki.

Maps: Gesture, Gesture…

Indonesia memang tidak kebagian 3D Maps Fly Over dari Apple namun, untuk bermain-main dengan 3D Maps, kamu dapat melancong ke Australia atau negara lainnya yang sudah mendukung fitur tersebut.

Di iPad, kamu memerlukan 2 jarimu untuk melihat maps tersebut dalam 3D dan untuk berputar, putar juga kedua jarimu sesuai arah yang kamu kehendaki.

Clock for iPad

Di iOS 6, iPad mendapatkan sebuah aplikasi native yang biasa hanya terdapat di iPhone/iPod touch, Clock. Dengan desain ikon yang simpel dan elegan, kini kamu dapat mengatur alarm, melihat jam dari seluruh negara, set timer, dan mengaktifkan stopwatch.

Akhir Kata

Kamu sangat disarankan untuk segera mengupdate perangkatmu ke iOS 6 agar juga bisa merasakan pengalaman yang berbeda dengan perangkat iOS-mu. Sistem operasi ini bisa kamu dapatkan dengan gratis melalui OTA Software Updates, iTunes ataupun IPSW.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Hendra Saputra