Fitur-Fitur Baru Mail di iOS 6

Selasa, 25 September 2012 | 20:13

Apa yang diketahui dari Mail iOS 6 adalah animasi pull to refresh. Selain itu, tidak banyak yang diketahui kecuali Anda mencobanya secara langsung. Tidak terdapat perubahan antarmuka yang drastis, tidak ada fitur-fitur yang bikin orang berkata “Wow!”. Namun, setiap perubahan di Mail terbaru membuatnya semakin mudah digunakan.

Mail merupakan aplikasi yang penting di iPad dan iPhone. Sebagai salah satu aplikasi utama bagi orang-orang yang selalu bekerja dengan email. Penambahan fitur bukan saja perlu memuaskan permintaan pengguna veteran, tetapi juga harus cukup sederhana bagi pemula.

Kali ini Apple menambahkan beberapa fitur yang mengatur bagaimana email masuk ke perangkat iOS. Fitur apa saja yang dibenamkan di Mail iOS 6? Mari kita cari tahu.

Mailbox Tambahan: VIP dan Flagged

Apple pertama kali mengenalkan VIP di Mail buat OS X Mountain Lion. Sebelum ada VIP, cara penentuan prioritas email bisa melalui “Rules”. Adanya fitur VIP menjadikan penentuan mail semakin mudah. Anda menentukan berdasarkan pengirim, atau menggunakan flag sesuai topik. Mail di iOS 6 menambahkan mailbox baru bernama VIP dan Flagged. Kesamaan antara susunan mailbox iOS dan OS X membuat sinkronisasi antar mesin menjadi lebih konsisten.

Untuk setiap orang yang sudah dilabel sebagai VIP akan mendapatkan perlakuan khusus di OS X dan iOS. Mailbox VIP, sesuai dengan namanya, dikhususkan untuk orang-orang yang sudah Anda label sebagai VIP. Setiap email dari orang dalam daftar VIP akan ditampilkan pada mailbox ini. Dan yang lebih kerennya lagi, daftar ini akan tersinkronisasi Mac, iPhone, dan iPad melalui iCloud. Jadi Anda bisa memasukkan orang yang menurut Anda penting ke dalam daftar ini kapanpun melalui aplikasi Mail.

Cara Menambahkan Kontak ke Daftar VIP: Pada halaman “Mailboxes”, tekan tombol panah biru kecil untuk melihat daftar VIP. Pilih “Add VIP…” dan masukkan kontak yang diinginkan. Sementara hanya orang-orang yang memiliki email bisa dijadikan sebagai VIP.

Notifikasi Buat VIP

Tidak seperti aplikasi lainnya, sekarang Mail mendapatkan perlakukan khusus di Notification Center. Setiap akun email masing-masing memiliki pengaturan Notification Center. Anda bisa menentukan “New Mail Sound” yang berbeda untuk setiap akun. Pada halaman ini juga terdapat pengaturan buat VIP. Pengaturan yang terdapat pada halaman VIP akan menimpa semua pengaturan default, maupun yang sudah ditentukan pada akun email secara khusus.

Tips: Default “New Mail Sound” dapat diatur pada Settings > Sounds.

Dengan adanya pengaturan terpisah, Anda dapat menentukan email dari mana saja yang boleh muncul di Notification Center. Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang menggunakan akun email pribadi dan kerja dalam satu iPhone atau iPad.

Pelampiran Foto dan Video Yang Lebih Mudah

Bertahun-tahun Anda harus menjalankan aplikasi Photos hanya untuk mengirimkan foto-foto melalui email. Pada iOS 6, Anda dapat melakukannya langsung dari dalam aplikasi Mail, walaupun caranya agak tersembunyi sehingga mudah dilewatkan.

Untuk melampirkan foto atau video, Anda harus tap pada area penulisan, kemudian pilih tanda panah kanan dari pop up yang muncul. Pilih “Insert Photo or Video” dan halaman pemilihan media akan muncul. Cukup masukkan foto atau video yang diinginkan ke dalam email. Sampai saat ini belum diketahui apakah ada pembatasan jumlah lampiran dalam satu email.

Cara Refresh Email Yang Baru

Tombol refresh yang berada di sisi kiri bawah sudah dihilangkan pada iOS 6. Pull to refresh, sebuah cara refresh yang sudah menjadi standar umum dalam aplikasi iOS menggantinkan tombol tersebut. Apple menggunakan metafora karet untuk menggambarkan efek menarik pada fitur ini.

Pull to refresh memiliki kelebihan tersendiri dibanding tombol. Selain memiliki animasi yang menarik, pengguna yang memiliki kendala dalam penglihatan bisa melakukan refresh relatif lebih mudah dibanding harus mencari tombol refresh yang sulit ditemukan. Ada beberapa hal yang membuat penerapan pull to refresh berkesan aneh. Bukannya melakukan refresh ketika jari saya meninggalkan layar, Mail malah refresh begitu saya menarik sampai ke puncak.

Signature Yang Terpisah dan Halaman Draft

Saya baru menyadarinya setelah menggunakan iOS 5 hampir setahun. Ternyata selama ini iOS 5 hanya mengizinkan penggunaan satu signature buat semua akun email. Meskipun aplikasi pihak ketiga memiliki fitur ini, rasanya Apple telat selangkah dalam menambahkan fitur yang sudah umum ini.

Cara Membuat Signature: Anda dapat menentukan signature setiap akun dengan mengakses Settings > Mail, Contacts, Calendars > Signature dan pilih Per Account.

Sekarang Anda dapat melihat draft cukup menahan tombol “Compose” di Mail. Fitur serupa juga ditemukan pada aplikasi Tweetbot untuk iOS. Halaman baru akan menampilkan daftar draft serta sebuah tombol “New Message” di bagian atas.

Perubahan Antarmuka

Berhubung tombol refresh sudah tidak dibutuhkan lagi dan diganti dengan tombol flag, maka penandaan sebuah email menjadi semakin mudah. Selain itu, tombol “Archive” pada iOS 6 juga diganti dengan lambang yang lebih simetris. Apabila Anda menggunakan akun email yang mendukung archive dan delete, misalnya Gmail, maka menahan tombol “Archive” akan memunculkan pilihan tombol “Delete”.

Untuk mengatur apakah sebuah email akan dihapus atau diarsipkan bisa diatur melalui Settings > Mail, Contacts, Calendars. Pilih akun email yang diinginkan, kemudian nyalakan “Archive Messages” untuk mengarsipkan email daripada dihapus.

Layar sebelum iPhone 5 masih terlalu pendek sehingga saya selalu menyembunyikan keterangan penerima email. Mail di iOS 6 tetap menampilkan penerima email tanpa mengorbankan ruang yang disembunyikan. Pada bagian header, penerima akan ditampilkan dalam huruf kecil berwarna abu-abu. Sekarang saya dapat melihat penerima email tanpa harus memunculkan detail email di header.

Apa Selanjutnya?

Walaupun Mail mendapatkan perubahan serta peningkatan minor di iOS 6, saya mulai merasa Mail secara keseluruhan masih ketinggalan dibandingkan aplikasi sejenisnya di App Store. Hal yang paling sulit saya biasakan sampai saat ini adalah sistem “Flag” yang menggunakan bendera sebagai penanda email. Mungkin karena Apple telah menggunakan lambang bintang untuk VIP, sisanya cuma bendera sebagai pengganti.

Mail di iOS 6 mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Tetapi seperti iPhone 5, Mail di iOS 6 bukanlah sesuatu yang baru. Ia adalah sesuatu yang lebih baik, lebih berguna dibanding pendahulunya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim