Fitur Baru Safari di iOS 6: Full Screen Mode, iCloud Tabs, Offline Reading List

Senin, 08 Oktober 2012 | 12:01

Setiap kali iOS menerima update sudah bisa dipastikan browser Safari akan mendapatkan fitur baru. Pada iOS 6, fitur baru Safari untuk iPhone dan iPad tidak begitu banyak, tapi tiap fitur baru yang disuguhkan merupakan fitur yang ditunggu-tunggu dan sangat berguna bagi pengguna iOS.

Sinkronisasi Tabs Antar Perangkat Melalui iCloud Tabs

Sebagian besar pengguna iOS memiliki perangkat Apple lain, baik itu iPhone, iPad atau Mac. Dengan iCloud kita bisa sinkronisasi data atau menyimpan file di iCloud.

Pengguna Mac banyak yang memakai Safari sebagai browser utama dan dengan iCloud Tab, setiap tab yang terbuka di Safari akan saling terhubung antar perangkat. Misalnya, Anda sedang membaca satu artikel panjang MakeMac di Mac, kemudian harus pergi, Anda bisa melihat tab di Mac tersebut di iPhone atau iPad dan melanjutkan membaca di jalan.

Untuk memanfaatkan fitur iCloud Tab, di Mac harus memakai Safari terbaru di OS X Mountain Lion. Untuk iPhone atau iPad pastinya Anda harus sudah memakai iOS 6.

iCloud tab di Mac bisa diakses di toolbar Safari berlogo awan, tab yang terbuka di perangkat lain dikelompokan berdasarkan nama perangkat. Di gambar ini saya melihat tab yang sedang terbuka di iPad dan iPhone saya.

Di iPad, mirip dengan di Mac, tekan icon iCloud di toolbar, cara penampilannya juga mirip.

Sedangkan di iPhone agak sedikit tersembunyi. iCloud Tabs terdapat di dalam Bookmark, Anda harus tekan icon Bookmark (logo dengan buku terbuka) yang berada di bagian bawah toolbar. iCloud Tabs akan terlihat di daftar folder Bookmark.

Mode Full Screen

Kebanyakan browser smartphone mempunyai ukuran layar yang kecil, grafik antarmuka bisa menghabiskan lebih dari 10% layar yang menutupi konten suatu halaman situs. Pada Safari iOS 6 akhirnya Apple menambahkan fitur full screen untuk iPhone. Pada mode full screen grafik antarmuka disembunyikan hingga diminta kembali oleh pengguna.

Mode full screen hanya akan muncul ketika iPhone dalam orientasi landscape, tombol untuk mengaktifkannya ada pada toolbar di bagian bawah yang ditandai dengan lambang dua panah diagonal (lambang yang dipakai untuk fullscreen di OS X). Ketika di tekan, toolbar akan disembunyikan dan diganti dengan tombol transparan. Dalam keadaan full screen, hanya tombol Back-Forward dan tombol keluar dari full screen yang muncul.

Offline Reading List

Reading List disambut dengan gembira ketika pertama kali diluncurkan karena kita dapat menyimpan artikel yang menarik dalam satu daftar. Sayangnya membaca artikel di Reading List harus terhubung ke Internet terus. Pada Safari iOS 6, Reading List bisa diakses secara offline, artinya tidak membutuhkan lagi koneksi internet untuk membaca situs web yang sudah ada di Reading List.

Ketika menambahkan suatu halaman web ke Reading List, Safari akan mengunduh halaman tersebut dan menyimpannya untuk dibaca kemudian. Isi Reading List akan disinkronisasikan melalui iCloud. Anda juga bisa membaca isi Reading List di perangkat Apple lainnya.

Apabila Anda khawatir Reading List akan menghabiskan kuota paket data seluler, Anda bisa mengatur Reading List hanya bisa digunakan ketika berada pada jaringan Wi-Fi. Caranya buka Settings > Safari, matikan pilihan Reading List > Use Ceullar Data .

Fitur offline Reading List hanya tersedia untuk iPhone 4, 4S dan 5 dan generasi ke 5 iPod touch.

Upload Foto dan Video

Menurut mendiang Steve Jobs, sekarang adalah zamannya post PC era, saat ini semakin banyak orang yang menjadikan tablet dan smartphone menjadi perangkat utama yang dipakai untuk bekerja. Sebagai penulis blog saya menyukai mengetik di iPad, baik menggunakan keyboard sentuh atau fisik, satu-satunya yang menghambat ketika ingin upload gambar ke WordPress. Pada iOS 6 tidak ada hambatan lagi, sekarang saya bisa blogging 100% menggunakan iPad, karena pada di Safari iOS 6 mendukung upload gambar atau video dari Photo Library.

Fitur upload pada Safari iOS sangat ditunggu-tunggu terutama para blogger yang ingin menggunakan iPad atau iPhone sebagai perangkat menulis unggulan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto