Weather 2x: Dua Kali Keindahan Aplikasi Cuaca

Rabu, 31 Oktober 2012 | 14:38

Peran aplikasi pemantau cuaca kurang berarti bagi orang-orang yang tinggal di Indonesia. Cuaca di Indonesia sangat mudah ditebak. Biasanya hanya satu hasil. Basah kuyup. Bisa saja basah karena hujan, atau basah karena keringatan. Tetapi sulit bagi saya untuk tidak membahas aplikasi cuaca yang satu ini. Weather 2x adalah sebuah aplikasi pemantau cuaca yang saya gunakan sehari-hari untuk menentukan pada kapan sebaiknya saya keluar, atau mengunjungi sebuah wilayah di Jakarta.

Weather 2x memiliki kumpulan gambar yang indah untun menunjukkan setiap kondisi cuaca. Gambar-gambar tersebut akan mengisi satu layar secara penuh dengan menampilkan beberapa informasi sederhana seperti lokasi, jam, kondisi, dan suhu di tempat. Merasa kurang dengan informasi yang ditampilkan? Weather 2x memiliki beberapa gesture yang bisa dimanfaatkan.

Memunculkan informasi tambahan seperti kelembaban, arah angin, dan jarak penglihatan cukup dengan melakukan tap pada wilayah manapun di layar. Bagi orang-orang yang tidak begitu memahami cara membaca cuaca, informasi sebatas suhu dan kondisi cuaca sudah cukup berguna.

Melihat ramalan cuaca untuk 5 hari ke depan dapat diakses dengan melakukan double-tapping atau dengan menarik pegangan yang berada di bawah layar. Anda juga dapat swipe dari kanan ke kiri untuk memunculkan ramalan cuaca hari ini dalam interval 3 jam untuk 5 hari berikutnya. Semuanya bisa dijalankan pada iPhone 3GS tanpa kendala dan cukup lancar, meskipun Anda masih bisa merasakan lambatnya pada saat animasi.

Weather 2x akan selalu memunculkan kondisi cuaca di lokal terlebih dahulu. Namun Anda memiliki pilihan menambahkan wilayah lainnya dengan swipe dari kanan ke kiri. Saya sendiri memanfaatkannya untuk melihat waktu di negara lain, di samping membaca cuaca. Cukup pilih tombol plus di kanan atas, terus masukkan wilayah yang ingin dimasukkan. Di sini Weather 2x seharusnya menambahkan cara untuk kembali ke tampilan sebelumnya, baik dengan swipe dari atas ke bawah atau cukup dengan sebuah tombol back. Anda sebenarnya dapat memilih lambang location untuk kembali ke tampilan sebelumnya, namun hal tersebut tidak jelas bagi setiap orang.

Dari berbagai aplikasi cuaca yang pernah saya coba, sampai saat ini Weather 2x merupakan yang paling indah dengan latar belakang variatif. Apabila Anda perhatikan latar belakang dengan teliti Weather 2x, gambarnya akan bergerak secara perlahan-lahan dan memberikan kesan yang nyata. Penggemar antarmuka yang indah dan membutuhkan aplikasi cuaca, maka Weather 2x ($0.99) merupakan salah satu yang paling indah di App Store.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim