10 Aplikasi Mac Yang Pantas Dibeli Pada Tahun 2013

Kamis, 03 Januari 2013 | 14:55

Setiap Mac baru pasti membutuhkan aplikasi-aplikasi untuk melengkapi fungsi utamanya. Tentu saja ada beberapa yang wajib terpasang agar pengalaman menggunakan Mac lebih sempurna.

Terlepas dari semua itu, dengan bertaburannya aplikasi baru tahun ini, kamu sebaiknya membeli beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu menjadi semakin mudah produktif. Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang pantas menjadi pertimbangan kamu di tahun ini.

Pixelmator

Sejauh ini, Pixelmator adalah satu-satunya aplikasi penyunting gambar terbaik yang mampu menandingi Photoshop — terutama dalam soal harga. Ia memang belum bisa mengalahkan Photoshop yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bagi profesional, mereka yang membutuhkan kemampuan slicing, tetapi mampu memenuhi kebutuhan orang-orang secara umum, seperti memutar orientasi gambar agar para follower ga perlu memutar gadget sebesar 90°. Tidak lupa juga ada healing brush yang bisa digunakan untuk menutup noda di wajah.

CleanMyMac

Kamu perlu membersihkan Mac dari caches, binary system, dan bahasa yang tidak digunakan. Meskipun saya pernah membagikan aplikasi gratis yang bisa melaksanakan tugas-tugas di atas dalam artikel optimalisasi Mac, belum ada satu pun yang mampu menandingi CleanMyMac dalam soal ini. Mereka memiliki ignore list untuk menghindari file-file yang tidak boleh disentuh, antarmuka yang mudah digunakan, dan harga yang cukup wajar.

Kalau kamu ingin menjaga Mac selalu dalam keadaan bebas noda, CleanMyMac wajib berada di dalam folder Applications tahun depan.

1Password

Tidak diragukan lagi bahwa 1Password sudah menjadi salah satu aplikasi terpenting bagi setiap orang yang berselancar secara online. Menjelaskan kelebihan dari 1Password membutuhkan satu artikel penuh, dan itu belum termasuk cara menggunakannya. Percayalah bahwa 1Password mampu mengangkat bebanmu dalam mengingat password selama ini.

Jika kamu masih mempertimbangkan apakah aplikasi ini akan berguna bagi dirimu, berhenti berpikir dan gunakan versi trial mereka selama 30 hari.

Developer: AgileBitsHarga: $49.99 – Mac App store / Developer Store

Day One for Mac

Day One lagi. Day One lagi. Sepertinya kami tidak pernah bosan memasukkan aplikasi ke dalam daftar. Day One masih membutuhkan beberapa peningkatan, terutama dalam keamanan. Tetapi sinkronisasi antara iPhone, iPad, dan Mac menjadi keunggulan yang tidak bisa dilupakan.

Sebenarnya alasan kami memasukkan Day One ke dalam daftar karena manfaat dari menulis jurnal. Menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan setiap hari melatih kemampuan berpikir. Jadi kegiatan ini harus dilengkapi dengan aplikasi yang berguna. Jangan biarkan kenangan terkikis oleh waktu.

Tweetbot for Mac

Burung robotik kecil ini memulai pertualangannya di iPhone, kemudian terbang menuju iPad, dan sekarang mendarat di Mac. Buat penghuni Twitter, mereka hanya bisa menemukan sebuah aplikasi Twitter yang memiliki fungsi dalam mendukung berbagai layanan pihak ketiga, membuka beberapa timeline sekaligus, dan menjalankan perintah dengan shortcut secepat kilat di Tweetbot.

iA Writer for Mac

Penulis dulu hanya menggunakan kertas dan pulpen untuk menghasilkan karya-karya mereka. Jenis pulpen dan kertas menjadi pertimbangan mereka. Sekarang? Kita sudah dibekali dengan berbagai aplikasi dalam menulis. iA Writer adalah aplikasi yang mengembalikan fokus penulis dengan Focus Mode yang terkenal. Tipografi aplikasi merupakan kelebihan utama dan kamu tidak bisa mengatur ukuran tulisan dalam aplikasi. Semuanya serba adaptif berdasarkan ukuran jendela.

Fantastical

Tidak ada yang salah dengan aplikasi Calendar bawaan Apple, tetapi sampai sekarang ini belum ada cara praktis menambahkan jadwal ke Calendar ataupun Reminders. Oleh karena itu, Fantastical mengisi kebutuhan ini dengan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk memasukkan dan memeriksa jadwal dari menu bar.

Dengan menggunakan Fantsastical, kamu dapat menyusun jadwal dengan bahasa alami. Ia juga dapat mendeteksi apakah pesan yang dimasukkan berupa to-do list atau schedule. Pencarian dibuat semudah mungkin sehingga kamu dapat dengan mudah menguasainya hanya dengan beberapa kali pakai. Bagi orang yang sering berkutat dengan kalendar, ini adalah aplikasi yang sangat berguna.

DragonDrop

Kami sudah pernah mengulas DragonDrop sebelumnya. Fungsi utamanya cukup sederhana. Menyediakan tempat penampungan sementara yang bisa dipanggail dengan menggoyangkan kursor mouse. Mungkin kamu merasa aplikasi ini tidak memiliki fungsi yang praktis. Tetapi bayangkan kesulitan harus menahan kursor hanya untuk drop beberapa file ke lokasi lain. Dengan DragonDrop, masalah tersebut bisa dihindari.

Entropy

Jika kamu membutuhkan aplikasi arsip yang tidak sekadar hanya bisa unpacking, tetapi juga kemampuan memodifikasi isi dari arsip, maka Entropy adalah pilihan terbaik yang tersedia sekarang. Kamu dapat preview file-file dalama arsip dengan Entropy tanpa harus mengeluarkannya terlebih dahulu. Kamu juga boleh mengeluarkan file yang diinginkan saja tanpa melalui proses unarchiving yang lama. Berkat dukungan jenis file arsip yang kaya, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa membuka arsip tertentu.

Alfred

Menggabungkan kesederhanaan Spotlight dengan kompleksitas Quicksilver. Alfred adalah launcher yang paling banyak dibicarakan pada tahun lalu. Tentu saja ketenaran Alfred bukan muncul dengan begitu saja. Dirancang sebagai launcher tercepat dalam pencarian, ia tetap mampu mendukung berbagai fungsi seperti cliboard history, extension, dan hotkeys. Mengerjakan, menghapus, dan memindahkan file menjadi semakin mudah berkat action menu yang bisa dipanggil kapan saja. Dalam waktu dekat, Alfred akan merilis versi 2 yang ditulis ulang dari awal sehingga performanya akan menjadi lebih cepat dari sekarang.

Demikian daftar-daftar aplikasi yang perlu kamu pertimbangkan ketika ingin membuat Mac menjadi lebih indah dan berguna. Setiap aplikasi di atas bisa dikategorikan sebagai aplikasi tercantik dan terbaik yang dibuat. Bila kamu juga memiliki sumbangan ide aplikasi-aplikasi yang lebih bagus, silakan tinggalkan di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Sayz Lim