Kumpulan Aplikasi Client App.net Buat iPhone, iPad dan Mac

Jumat, 08 Maret 2013 | 18:41

Layaknya Twitter, App.net (selanjutnya disebut ADN) juga memiliki ragam client buat kita menjalankannya. Memang belum sebanyak yang dimiliki Twitter tapi, kualitas yang ditawarkan oleh masing-masing client – baik yang gratis maupun berbayar – tidak bisa diremehkan. Beberapa bahkan membuat saya benar-benar terpincut.

Dan buat kamu yang sudah niat atau baru saja ikut serta ke dalam ADN, berikut ini beberapa aplikasi client yang bisa kamu gunakan.

Netbot for iOS (iPhone & iPad)

Mungkin karena Tapbots ingin menghadirkan pengalaman yang sama dengan Tweetbot, mereka membuat Netbot (gratis) tidak jauh berbeda – bahkan cenderung sama – dengan aplikasi client Twitter tersebut.

Namun meski sistem, konsep dan cara penavigasiannya sama, Netbot tidak memiliki fitur stream post ala Tweetbot. Bila fitur stream penting buat kamu, ya mungkin Netbot bukan jawaban buat kamu tapi bila tidak begitu penting, Netbot patut dicoba.

Download: iPhone & iPad

Felix (iPhone)

Felix adalah sebuah client ADN berbayar yang dibanderol dengan harga $4,99.

Ia hadir dengan tampilan antarmuka bersih, serta tingkat distraksi yang rendah. Kemampuannya menampilkan layar penuh menjadi nilai tambah serta kehadiran fitur crosspost, membuat setiap post kamu di ADN juga muncul sebagai kicauan di Twitter.

Tidak hanya itu, Felix juga menyediakan fitur Private Message buat temanmu di ADN, ataupun grup. Dan bila menemukan sebuah link menarik, kamu bisa menyimpannya untuk dibaca nanti lewat Pocket, Instapaper dan Readability.

Download

Riposte (iPhone)

Adalah client ADN gratis favorit saya. Yang membuat saya jatuh cinta kepadanya adalah kemampuannya menampilkan layar penuh, pilihan untuk merubah warna tampilan stream dan icon sidebar, dan juga fiturnya yang cukup lengkap.

Selain itu, Riposte juga mampu beroperasi dengan lancar dan lembut di iPhone 4 milik saya. Mengirim post atau melihat Global Stream jadi lebih cepat karena tingkat lag yang bersifat minimum.

Selain itu, saya cukup kaget ketika sedang iseng memainkan scroll di sidebar Riposte. Ketika saya melakukan scroll ke bawah, tiba-tiba logo Riposte muncul dari balik persembunyiannya. Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Download

Nettelator for App.net (iPhone)

Nettelator ($4,99) adalah client ADN yang dikembangkan oleh Big Stone Phone – juga mengembangkan Twittelator Neue. Dan mengusung konsep juga dilakukan oleh Tapbots dengan Netbot, Big Stone Phone juga menawarkan pengalaman Twittelator Neue di Nettelator.

Seluruh sistem dan cara navigasi Nettelator sama dengan Twittelator. Buat kamu yang terbiasa menggunakan Nettelator, saya rasa tidak akan sulit untuk mengoperasikan Nettelator.

Download

Wedge (Mac)

Hadir buat Mac, Wedge (gratis) memiliki performa yang cepat dan tampilan yang bersih. Kedua hal ini cukup membuat saya nyaman menggunakannya.

Untuk menambah kesan pengalaman yang baik dengan Wedge, kamu juga bisa sedikit mengkostumisasi tampilan dasar Wedge. Terhitung, font dan warna sidebar adalah sektor yang bisa kamu ubah.

Pada dasarnya kemampuan Wedge tidak terlalu spesial, tapi kecepatan dan tampilannya lah yang membuat saya betah memanfaatkan client ADN ini.

Download

Noodleapp (Web)

Noodleapp adalah client ADN dengan format web app. Untuk menggunakannya, kamu harus masuk ke halaman app.noodletalk.net lebih dahulu.

Tentu saja untuk menggunakan Noodleapp, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Get Inside

Succynt (Chrome Ext)

Daripada yang lain, mungkin Succynt (gratis) adalah client dengan sifat yang paling beda. Ia tidak berperan layaknya aplikasi ataupun web app. Ia berperan sebagai Chrome extension.

Kamu harus mengunduhnya lebih dulu di Chrome Web Store, dan kemudian melakukan install. Setelah itu, kamu hanya perlu menuliskan ‘ADN’ di search bar Chrome, dan boom! Post kamu siap dipublikasikan.

Menggunakan Succynt sangat cocok buat kamu yang hanya ingin ‘membagikan’ tanpa mau ‘menerima’. Dan jika kamu terbiasa dengan konsep Wren for Mac, kamu juga pastinya akan terbiasa dengan Succynt.

Download

Kiwi (Mac)

Boros tampilan adalah salah satu yang saya rasakan ketika mencoba Kiwi ($9,99). Jika kamu sudah mengunduhnya, coba lihat menu bar yang ada di atas Stream. Ukuran perbandingan icon dengan menu bar yang ada sangat tidak seimbang. Terlalu banyak space kosong yang membuatnya tidak sedap dipandang.

Selain itu, jika kamu tidak membeli full versionnya, label hijau seperti pada foto di atas terus bertengger di sana – meskipun sesekali dia menghilang.

Tapi di balik hal tersebut, ada juga yang sukai dari Wedge yakni kemampuannya untuk menampilkan foto, bersamaan dengan post. Ini sangat menghemat waktu.

Download

Spoonbill (iPhone)

Rindu dengan fitur streaming ala Tweetbot? Nah, kamu bisa merasakan fitur tersebut dengan menggunakan Spoonbill (gratis).

Fitur streaming bisa diaktifkan dengan men-tap icon ‘play’ di menu bar bagian bawah. Jika sudah, maka kamu bisa melihat kalau setiap post yang dipublikasikan akan muncul secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa menandai sebuah post dengan melakukan tap di sebelah kanan atas post tersebut.

Saya rasa untuk sebuah client ADN gratis, Spoonbill memiliki fitur yang membuatnya wajar jika dijadikan app berbayar.

Download


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Hendra Saputra