Aplikasi-Aplikasi Untuk Para Desainer Interface

Selasa, 16 April 2013 | 09:07

Mendesain suatu aplikasi di Mac bukan hanya membutuhkan Photoshop saja, tapi ada banyak aplikasi lain yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan para desainer. Berikut ini kumpulan aplikasi-aplikasi OS X dan iOS yang patut dipertimbangkan untuk diinstall, beberapa aplikasi berbayar tapi ada juga yang gratis – aplikasi gratis tapi tetap sangat berguna.

Sketch

Photoshop terus terang terasa eneg kalau dipakai untuk mendesain antarmuka. Terlalu banyak fitur yang tidak dibutuhkan. Ditambah lagi, ukuran filenya sangat besar, dan banyak kekurangan lainnya yang tidak cocok untuk mendesain antar muka aplikasi.

Saya pernah mengulas aplikasi bernama Sketch. Sketch merupakan aplikasi yang mengkhususkan diri untuk para desainer interface. Obyek yang dihasilkan berupa vector yang dioptimalkan untuk ketepatan pixel. Gampangnya, Sketch merupakan gabungan antara keluwesan vector Adobe Illustrator dan kemudahan layer styles ala Photoshop.

Bagi yang ingin belajar atau mau mencari alternatif aplikasi desain, saya sarankan untuk mencoba Sketch.

Download · Harga:

LiveView

Sudah membuat satu layar desain aplikasi, terus mau melihat di perangkat iPhone atau iPad. Cara konevsional adalah dengan save PNG, kirim ke perangkat dengan email atau aplikasi lain.

Cara itu kuno. Coba deh pakai LiveView, dengannya kamu bisa melihat desainmu langsung di iPhone atau iPad tanpa perlu repot-repot.

Kamu harus install LiveView di Mac, iPhone dan iPad, kemudian menghubungkannya melalui WiFi. Setiap perubahan yang terjadi di layar Mac akan tampil langsung di perangkatmu.

Download · Harga:

PNG Compressor

Antarmuka iOS atau OS X mengandalkan file PNG sebagai format utamanya. Tapi file PNG yang dihasilkan oleh aplikasi lain, biasanya mempunyai informasi tambahan yang tidak dibutuhkan, malah membuat ukuran file PNG menjadi lebih besar.

Dengan PNG Compressor, informasi yang tidak penting akan dihapus. Menghemat beberapa KB untuk satu file merupakan tugas desainer untuk menjaga aplikasi tetap langsing.

Download PNG Compressor · Harga: 45000

NameChanger

Mengganti nama email asset antarmuka merupakan pekerjaan yang menyebalkan. Apalagi kalau mengganti satu persatu file di Finder. Daripada repot dan menghabiskan waktu, pakai saja NameChanger. Dengannya, kamu bisa mengganti nama file sekaligus dalam waktu singkat dan cara yang mudah.

Website | Download | Rp0

Pixa

Sumber inspirasi suatu desain bisa berasal dari mana saja, atau kamu menemukan kumpulan icon keren yang bisa dipakai untuk proyekmu. Sumber-sumber tersebut tentunya perlu dikumpulkan, kalau memakai Finder bukanlah solusi yang baik.

Saya memakai Pixa untuk mengkatalogkan sumber inspirasi, file project dan resources seperti icons, texture dan lainnya. Pixa mendukung format file gambar populer, bahkan mendukung file Sketch. Ulasan lengkap Pixa bisa dibaca di halaman ini.

Download · Harga:

Resizer

Saat ini mendesain antarmuka iPhone lebih menyenangkan mulai dari layar retina. Karena para desainer dapat mamanfaatkan pixel yang lebih banyak ketimbang mendesain dalam ukuran non-retina.

Ketika export asset setiap file retina diberi akhiran nama file @2x. Untuk membuat asset ukuran non-retina gak usah repot-repot resize semua asset, gunakan saja Resizer. Semua asset @2x bisa di-save ke dalam format non-retina berikut nama file yang sudah sesuaikan.

Download Resizer · Harga: Gratis

xScope

xScope merupakan salah satu aplikasi yang paling sangat berguna bagi para desainer interface. Dengan XScope, kamu bisa mengukur jarak dari satu obyek ke obyek lainnya. XScope mempunya fitur lainnya, seperti ruller, atau color pick.

xScope juga mempunyai aplikasi iOS yang berfungsi mirip dengan LiveView bernama xScope Mirror, bedanya dengan XScope kamu bisa melihat simulasi warna bagi pengguna yang buta warna parsial atau sepenuhnya. Fitur tersebut sangat membantu apakah warna yang dipilih ramah bagi yang buta warna atau tidak.

xScopeDownload · Harga:

xScope MirrorDownload xScope Mirror · Harga: 29000

ForeverSave

Pernah kehilangan berjam-jam jerih payang menguap diudara, gara-gara mati lampu dan belum di save? Jantung rasanya berhenti, dunia berhenti berputar. Harus mengulang kembali apa yang sudah dilakukan, belum tentu hasilnya sama seperti sebelumnya.

Nah, kasus tersebut kemungkinan besar pernah dialami oleh para desainer, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Bagi yang sering mengalaminya, jangan sampai terulang kembali, lah. Gunakan ForeverSave, aplikasi yang dapat save otomatis aplikasi apapun yang kamu pakai. ForeverSave juga dapat menyimpan file secara bertingkat, nantinya kamu bisa membuka kembali file beberapa versi sebelumnya (semacam versioning).

Download · Harga:

Pencil

Ada segudang aplikasi untuk membuat wireframe. Bagi yang ingin aplikasi yang sederhana dan gratis, cobalah Pencil. Aplikasi yang awalnya berupa extension Firefox, juga mempunyai versi untuk Mac. Sayangnya aplikasi ini tidak terasa sebagai aplikasi asli OS X. Tapi, Pencil dapat menyelesaikan pekerjaan membuat wireframe menjadi lebih mudah, terutama dengan stencil tambahan yang bisa kamu download di websitenya, bahkan kamu bisa membuat stencil sendiri.

Website | Download | Rp0

StatusMagic

Membuat screenshot iPhone atau iPad pastinya menjadikan iklan gratis bagi para operator telko. Untuk menghilangkan logo telko dan kostumisasi status bar, gunakan StatusMagic. Dengan StatusMagic, kamu bisa mengubah logo telko dan status seluler dan juga jam pada screenshot-nya.

Aplikasi ini sangat berguna kalau kamu sering membuat screenshot iPhone atau iPad.

Download · Harga:

Kesimpulan

Mendesain antar muka iOS sekarang lebih mudah dengan adanya aplikasi tambahan yang dapat meningkatkan dan menghemat waktu kerja dengan signifikan.

Adobe Creative Suite tidak dimasukan ke dalam roundup kali ini, karena kami rasa semua orang pasti sudah tahu.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Kuswanto