Flavours: Memberikan Cita Rasa Baru Tampilan OS X

Kamis, 06 Juni 2013 | 13:17

Ketika pertama kali saya memakai Tiger OS X, antarmuka brushed metal sangat mengganggu. Pada saat itu merupakan kejayaan kostumisasi antarmuka OS X. Hampir semua komponen antar muka dapat diubah-ubah, seperti mengubah skin brushed metal atau strip yang saat itu memang banyak kurang suka, icon aplikasi, folder, bahkan icon toolbar dapat diubah dengan mudah menggunakan aplikasi bernama ShapeShifter dengan themenya yang tersebar diseantero Internet.

Ketika Leopard di luncurkan, masih memungkin mengubah tampilan, dengan bantuan aplikasi bernama Magnifique. Sayangnya Magnifique dihentikan pengembangannya ketika Snow Leopard muncul menggantikan Leopard.

Mulailah masa-masa kegelepan kostumisasi tampilan OS X yang dulu sempat ngetrend dan membuat banyak desainer user interface beken, seperti David Lanham, Louie Mantia dan Max Rudberg yang dulu sering menyumbangkan theme OS X dan icon yang keren.

Bahkan ketika Lion dengan benteng GateKeeper yang tebal membuat kostumisasi theme menjadi tidak memungkinkan, bahkan untuk mengganti icon aplikasi dari App Store.

Bagi yang suka dengan kostumisasi, ada aplikasi baru yang menyinari masa kegelapan. Bernama Flavours, mampu menerangi kembali masa-masa kegelapan kostumisasi.

Flavours mendukung Lion dan Mountain Lion, sayangnya tidak mendukung OS X sebelumnya, dikarenakan perbedaan arsitektur sistem. Memakai retina display, jangan takut, Flavours mendukung mesin retina juga.

Bagaikan Es Krim Dengan Toping Berbeda

Bagi yang belum pernah merasakan theming di OS X, mungkin sedikit meragukan apa bagusnya mengganti antarmuka yang sudah terlihat indah dengan tampilan baru.

Steve Jobs sangat menyukai tekstur, itulah kenapa pada OS X versi 10.4 mempunyai teksture metal dan garis-garis seperti kertas. Tekstur memberikan koneksi antar ingatan emosi dengan antar muka di layar melalui pengelihatan. Ketika suatu theme yang mempunyai tekstur kayu, akan terasa seperti sebuah pengalaman baru, OS X baru yang menyegarkan.

Flavours bagaikan sebuah es krim yang mempunyai warna dan rasa yang berbeda. Saat ini Flavours mampu mengubah tampilan OS X tergantung dari tema yang dibuat, seperti; bagian toolbar, menu, logo Apple, Spotlight, tombol dan komponen dasar lainnya. Beberapa tema menyediakan Wallpaper sendiri dan tema Firefox.

Cara penggunaan

Ketika pertama kali membuka Flavours akan muncul sebuah jendela kecil dengan slider On/Off pada bagian atas. Ketika sebuah tema diterapkan, Flavours akan otomatis menyala, apabila ingin kembali ke tema standar OS X tinggal matikan menggesernya ke Off tersebut.

Setiap kali menerapkan tema, Flavours mengharuskan kamu untuk log-out terlebih dahulu. Proses log-out wajib dilakukan supaya tema bisa diterapkan secara menyeluruh.

Keragaman Cita Rasa Antarmuka

Tema Flavours yang bisa didapatkan dengan gratis langsung dari dalam aplikasinya dikelompokan kedalam bagian: Top rated, Most popular dan Latest. Pembagiannya bagi saya terlalu sederhana dan agak susah untuk mencari jenis tema berdasarkan gaya desain yang diinginkan. Untungnya terdapat input pencarian, walaupun hasilnya seringkali memunculkan hasil yang tidak berhubungan. Tema yang ditampilkan bisa diurutkan, jumlah thumbnail dan ukurannya juga bisa diatur.

Bagi pengguna OS X yang pernah merasakan tema-tema ShapeShifter akan menyukai Flavours. Terdapat banyak tema lama yang tersedia di Flavours.

Tema-tema yang disukai bisa dapat ditandai dengan Favorite, yang akan dikelompokan kedalam layar Apply, pada tab Favorites. Fitur Favorite dapat menghemat waktu apabila kamu berencana sering gonta-ganti tema.

Selama pemakaian Flavours sekitar 2 minggu, tema-tema baru telah bermunculan dengan cepat. Semakin populer Flavours akan semakin banyak desainer yang membuat tema baru yang bisa dinikmati.

Flavours tidak menjamin semua aplikasi akan mendukung penerapan tema. Beberapa aplikasi yang memakai antarmuka yang dibuat sendiri tidak akan bisa ditemakan oleh Flavours. Contohnya seperti aplikasi Twitter, Osfoora, akan tetap mempunyai tampilan biasa.

Membuat Cita Rasa Tema Baru

Keunggulan Flavours yang menurut saya sangat hebat adalah kita bisa membuat tema sendiri tanpa perlu bantuan aplikasi lain.

Pembuatan tema baru bisa dimulai dari nol dengan memilih opsi Blank. Bisa juga berdasarkan tema yang sudah terdapat di bagian Favorite, dengan begitu kamu bisa mengubah tampilan suatu tema yang kurang disukai atau tidak sempurna. Jenis pembuatan tema yang ketiga adalah berdasarkan tema Aqua OS X yang nantinya bisa diubah.

Proses pembuatan tema sangatlah mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah memilih komponen antarmuka yang ada di jendela UI Styles. Setiap komponen mempunyai atribut yang disebut sebagai layer yang berbeda-beda. Kamu bisa mengubah warna, menambahkan layer untuk menghasilkan efek atau menghilangkan garis luar.

Proses pembuatan tema dengan Flavours seperti mendesain memakai aplikasi pengolah gambar yang sangat mudah digunakan.

Apakah Berbahaya? Bagaiamana kalau ingin uninstall?

Tidak berbahaya. Karena tema asli OS X tetap terjaga dan bisa diterapkan kembali kapanpun ketika sudah bosan menggunakan Flavours.

Walaupun memang tidak berbahaya bagi sistem, belum berarti mendukung setiap aplikasi OS X. Setiap orang memakai aplikasi yang berbeda-beda, mungkin saja ada salah satu aplikasi yang kamu pakai tidak didukung sepenuhnya oleh Flavours atau bahkan tidak akan bisa dijalankan. Pada beberapa theme terdapa bug pada tab Safari yang menyebabkan lokasi bagian tab tidak menempel.

Flavours seharusnya mempunyai fitur untuk black list aplikasi tertentu supaya tidak disentuh oleh proses penerapan tema.

Proses uninstall Flavours sangatlah mudah, bisa dilakukan melalu menu Flavour > Uninstall Flavours… Semua file yang berhubungan dengan FLavours akan dihapus dari sistem.

Kesimpulan

Flavours dapat memberikan angin segar kostumisasi OS X bagi pengguna baru atau pengguna lama yang telah menikmati tema-tema unik di masa lalu.

Versi Flavours masih baru, masih banyak ruang kosong yang harus diisi dan diperbaiki. Tapi, dengan tidak adanya saingan Flavours mempunyai masa depan yang cerah sebagai aplikasi kostumisasi pilihan.

Siapapun bisa menggunakan Flavours dan membuat tema OS X sendiri dengan mudah tanpa harus mengikuti kelas Photoshop.

Sangat dianjurkan mencoba coba Flavours untuk merasakan cita rasa baru OS X dengan tema-tema yang bisa didapatkan gratis.

Website | Download | Harga: $16,18


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Kuswanto