Inilah Produk-Produk Yang Kiranya Diperkenalkan di WWDC 2013

Jumat, 07 Juni 2013 | 17:07

World Wide Developer Conference 2013 tinggal menghitung hari. Kita semua bertanya-tanya mengenai apa yang akan diperkenalkan Apple nantinya tanggal 10 Juni 2013 mendatang. Belum ada yang tahu apa yang akan diperkenalkan Apple selain iOS 7 dan OS X 10.9 yang memang sudah pasti akan diperkenalkan.

Dan seperti biasanya, berikut ini kami hadirkan ekspektasi mengenai apa saja yang kiranya akan muncul di WWDC 2013:

1. MacBook Air dan MacBook Pro Retina Baru

Banyak faktor yang mendukung hal pertama ini, salah satunya adalah rilisnya prosesor terbaru Intel, Haswell.

Haswell digadang-gadang bakal tersemat di MacBook Air dan MacBook Pro Retina 13". Hal ini tidak lain berkat sifatnya yang sangat irit daya ketimbang pendahulunya.

Penggunaan prosesor terbaru itu sendiri akan berdampak pada ukuran MBP Retina 13" yang menurut analis Ming-Chi Kuo, akan menjadi lebih slim.

Ming-Chi Kuo sendiri juga menuturkan prediksinya terkait penggunaan Dual-Microphone pada MacBook Air. Fitur itu sendiri sebelumnya hadir lebih dulu pada MacBook Pro Retina.

2. iRadio

Layanan streaming Apple untuk menjawab perubahan yang terjadi pada konsumen sekarang ini.

Menjelang WWDC 2013, sebuah berita datang dan menyatakan bahwa Apple telah meneken kontrak kerjasama dengan Warner Music Group terkait kerjasama iRadio.

iRadio digadang-gadang bakal mirip sekali dengan Pandora. Pengguna nantinya tidak perlu merogoh kocek sedikitpun untuk menikmati iRadio, tapi harus rela pengalamannya tersebut disisipi oleh beberapa iklan.

3. Mac Pro

Mac Pro memiliki kemungkinan besar hadir di WWDC 2013, pasalnya, Tim Cook tahun lalu berjanji bahwa Mac Pro akan menerima pemutakhirannya tahun 2013 mendatang.

Hal itu sendiri didukung dengan pengakuan dari beragam pihak yang mengaku mendapatkan informasi dari dalam Apple terkait keberadaan Mac Pro terbaru.

Tower berkekuatan tinggi dari Apple itu digadang-gadang, bakal terfokus pada koneksi Thunderbolt, dual-CPU, tidak dapat dimutakhirkan komponen internalnya dan tidak memiliki optical drive.

4. iOS 7

iOS 7 sudah pasti dirilis oleh Apple. Mereka mengungkapkannya saat merilis informasi mengenai WWDC 2013 kemarin.

Kehadiran sistem operasi ini adalah sebuah hal yang sangat dinanti-nantikan oleh penduduk Bumi, pasalnya, Jony Ive lah yang kini memegang peran atas tampilan antarmuka iOS 7.

Banyak pihak memprediksikan penggunaan desain berkonsep flat pada iOS 7. Salah satunya 9to5mac dan Jim Dalrympale.

Berdasarkan 9to5mac, iOS 7 akan menggunakan desain berkonsep flat, didominasi oleh warna hitam dan putih, dan juga hilangnya efek glossy yang sebelumnya muncul di iOS 6. Jony Ive disebutkan telah menghilangkan beragam desain skeumorphism yang disematkan Forstall dalam versi-versi iOS sebelumnya.

Senada namun tidak sepenuhnya selaras dengan yang diungkapkan 9to5mac, Jim Dalrympale berujar bahwa perubahan iOS 7 tidak akan sesignifikan yang digembar-gemborkan. Ia mengungkap bahwa evolusi iOS 7 akan sama seperti evolusi yang terjadi pada OS X selama ini. Dalrympale berujar meski tidak signifikan, tampilan iOS 7 akan tetap terlihat baru.

Ya, jika mengacu pada bocoran tampilan iOS 7 yang sebelumnya rilis, perkataan Jim Dalrympale ada benarnya: tidak banyak berubah, tapi tetap terlihat sebagai sebuah OS yang baru.

5. OS X 10.9

OS X 10.9 juga sudah pasti diperkenalkan Apple pada WWDC 2013 mendatang.

Berbeda dengan yang terjadi dengan iOS 7 – hadir dengan konsep desian flat – OS X 10.9 disebutkan tidak akan menerima pemutakhiran antarmuka yang sangat signifikan.

OS X versi terbaru ini digadang-gadang bakal hadir dengan beberapa fitur andalan, yakni: multi monitor (menjalankan 2 buah layar sekaligus), virtual assistant Siri dan kemampuan App Pausing (mem-pause aplikasi yang berjalan di background, dan mengoptimalkan memori buat aplikasi yang sedang berjalan).

Akhir Kata

World Wide Developer Conference 2013 dipastikan bakal menjadi perhelatan yang paling menarik tahun ini. Pasalnya, Apple selalu menyimpan revolusi yang mereka siapkan rapat-rapat di balik bantal, dan mengungkapkannya kepada dunia dengan cara yang tidak terduga.

Daftar di atas hanya sebuah ekspektasi saja, kami tidak tahu sama sekali mengenai apa yang akan Apple perkenalkan nantinya.

Tapi dari keseluruh list tersebut, saya paling menantikan kehadiran iOS 7. Bagaimana tidak? Jony Ive mempertaruhkan kredibilitasnya sebagai seorang desainer kawakan lewat sistem operasi terbaru Apple tersebut. Apabila pendekatan yang ia bawa berhasil, maka dapat dipastikan kalau namanya akan makin termashyur saja. Tapi jika pendekatannya tersebut gagal, tidak dipungkiri lagi hal tersebut akan menjadi sebuah noktah kelam dalam karirnya.

Bagaimana menurutmu?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Hendra Saputra