iOS 7: Hilang Sudah Alasan Untuk Bosan Dengan iPhone

Selasa, 11 Juni 2013 | 07:00

Pada World Wide Developer Conference 2013 tadi, Apple memperkenalkan sebuah generasi terbaru iOS yang dijuluki dengan iOS 7. Apple menghadirkan perombakan total untuk sistem operasi yang satu ini. Tidak heran, di bawah Jony Ive, semua hal tersebut memang sangat mungkin terjadi.

iOS 7 hadir dengan tampilan yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan iOS 6 dan sebelumnya. Iconnya kini hadir dengan kesan sederhana dan datar, menggantikan seluruh kesan sarat tekstur yang saat ini terlihat pada iOS 6. Tidak ada efek glossy, yang ada efek translucent atau transparan.

Ada banyak perubahan dan penambahan yang dipresentasikan Craig Frederighi mengenai iOS 7, dan berikut ini beberapa di antaranya:

Control Center

Control Center memungkinkan kita untuk mengakses pengaturan-pengaturan penting iDevices kita dengan lebih cepat. Untuk melakukannya kita hanya perlu melakukan swipe dari arah bawah ke atas, untuk memunculkan fitur ini.

Terhitung, beragam hal menarik bisa kamu atur di dalamnya seperti: air plane mode, Wi-Fi, Bluetooth, Do Not Disturb dan Screen Orientation. Kamu juga bisa mengatur pencahayaan perangkat, music, mengakses AirDrop dan AirPlay, hingga menyalakan flashlight (senter).

Fitur ini adalah akses cepat yang banyak diinginkan oleh pengguna sejak lama. Banyak tweak jailbreak yang tersedia sekarang ini, mengadopsi sistem mirip Control Center.

Dengan Control Center, Apple menjawab keinginan para pengguna yang telah meminta kemampuan tersebut.

iTunes Radio

Lalu ada pula iTunes Radio atau yang selama ini kita sebut dengan iRadio.

iTunes Radio disebut sebagai sebuah layanan yang memungkinkan kita buat menemukan musik-musik terbaru. Kita bisa menemukan musik berdasarkan kategori tertentu, jenis musik tertentu, artis tertentu dan banyak lainnya. Kita juga mendapat akses untuk membeli lagu ini secara langsung via iTunes.

iTunes Radio tersedia gratis (mendukung iklan), dan tersedia di dalam Music app iOS 7. iTunes Radio tidak akan memunculkan iklan bagi para pelanggan iTunes Match.

Multitasking

Dari iOS 4 hingga iOS 6, kita tidak merasakan fitur multitasking yang sebenarnya. Tapi di iOS 7 kali ini, kita akan merasakan pengalaman sebenarnya menggunakan fitur tersebut – tanpa menguras baterai berlebih.

Tampilan yang diusung sendiri berbeda dengan tampilan yang ditawarkan pada multitasking di versi iOS sebelumnya. Kamu bisa melihat gambar yang telah kami sediakan.

Photos

Adalah salah satu app bawaan yang benar-benar dirombak oleh Apple.

Kini tiap-tiap foto yang tersimpan di dalam iPhone kita, secara otomatis, akan terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan lokasi pengambilan gambar. Kita juga bisa mengkategorikan foto-foto tersebut berdasarkan waktu pengambilan yang divisualisasikan oleh Apple dengan sangat menawan di iOS 7.

Seakan tidak mau ketinggalan, Apple juga menghadirkan Photo Filter di Photos app iOS 7. Hal ini memperkaya fitur editing langsung yang dihadirkan oleh Apple di iOS 7.

Siri

Siri hadir dengan tampilan barunya – dan jenis kelamin baru. Jika selama ini kita mengenal Siri sebagai seorang perempuan misterius di balik iDevices kita, maka sekarang kita bisa men-set Siri sebagai seorang pria.

Suaranya juga tidak lagi patah-patah. Dipresentasikan oleh Eddy Cue, Siri akan hadir dengan kualitas suara HD.

Tampilan Siri juga jadi lebih interaktif lagi. Apabila kita memerintahkan sesuatu kepadanya, maka frekuensi suara kita akan tergambar secara jelas di layar.

AirDrop

Fitur anyar yang lebih dulu hadir buat Mac ini sekarang juga telah tersedia untuk para pengguna iOS. Kini kita bisa berbagi file dengan cepat dan mudah dengan AirDrop.

AirDrop adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu berbagi file dengan cepat via koneksi Wi-Fi. Kamu hanya perlu melihat deteksi AirDrop terhadap temanmu, dan kemudian memilihnya untuk berbagi file yang kamu inginkan.

Kehadiran AirDrop sendiri sudah diprediksikan sebelumnya oleh 9to5mac, dan dengan dirilisnya AirDrop untuk iOS, tampaknya akan menjadi sebuah media berkirim file yang sangat diandalkan nantinya.

Lain-Lain

Ada banyak fitur lainnya yang diperkenalkan Apple pada keynote WWDC 2013 kemarin seperti App Store terbaru yang kini mendukung automatic updates, Find My iPhone dengan fitur Activation Locknya, iOS In The Car, Safari dengan tampilan baru, Notification Center juga dengan tampilan serta skema yang baru dan masih banyak hal lainnya.

Ada satu hal yang sangat saya gemari ketika dalam iOS 7. Hmm, masih ingat dengan rumor yang menyebutkan bahwa Panorama Background akan hadir di iOS 7? Hmm, rumor tersebut ternyata salah. Apple ternyata memperkenalkan sesuatu yang jauh lebih keren daripada Panorama Background.

Background wallpaper pada iOS 7 terlihat seperti 3D. Kita bisa melihat lebih banyak sisi dari background wallpaper kita, apabila perangkat tersebut kita miringkan. Tentu saja memanfaatkan bantuan dari gyroscope dan accelerometer yang tersemat di dalam iPhone, hal ini bisa terjadi.

Akhir Kata

Masih belum diketahui apakah perubahan besar iOS ini akan berdampak positif atau tidak. Tapi melihat perubahan yang sesignifikan ini, rasanya tidak ada lagi alasan untuk merasa bosan dengan iPhonemu, bukan?

Ya, iOS 7 membuat tampilan OS sebelumnya dan juga OS dari para pesaing terlihat sangat jadul. Saya yakin kalau saat ini, para kompetitor mulai menyusun strategi untuk bisa melampaui lompatan jauh yang dilakukan oleh Apple dengan iOS 7.

iOS 7 sendiri tersedia pada musim gugur mendatang. Ia hanya akan kompatibel dengan iPhone 4, 4S dan 5, iPad 2, 3rd Gen dan 4th Gen, iPad mini dan iPod touch 5th Gen.

Bagaimana menurutmu tentang iOS 7? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Kamu bisa melihat penjelasan Apple mengenai iOS 7 di tautan berikut.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra