Buat Template File Menggunakan Fitur Stationary Pad OS X

Senin, 15 Juli 2013 | 14:24

OS X selalu memastikan file milik pengguna aman dan terjaga dengan cara yang beragam. Time Machine diciptakan untuk menawarkan cara mudah bagi pengguna mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus. Versions yang sempat diulas bisa digunakan untuk melihat versi file yang sudah pernah disimpan.

Ketika menyusun artikel mengenai cara melihat ukuran gambar melalui Finder kemarin saya menemukan sebuah pilihan bernama Stationary Pad. Sebenarnya apa fungsi fitur ini?

Stationary Pad adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu membuat template dokumen. Tujuannya adalah mempermudah pengguna membuat salinan file yang serupa tanpa menimpa template utama. Ia sangat berguna ketika kamu sering membuat dokumen yang sama terus berulang-ulang, misalnya untuk pembuatan invoice, desain, dan mockup.

Kamu dapat mengaktfikan Stationary Pad dengan memilih file yang ingin dijadikan template, kemudian tekan Command + I, dan centang Stationary Pad yang berada di kolom General.

Pada saat file yang sudah berubah menjadi Stationary Pad dibuka, OS X akan membuat salinan file yang baru dan membuka file salinan tersebut. Ini berarti kamu tidak akan tidak sengaja menimpa file template utama karena file yang dikerjakan adalah sebuah salinan baru.

Tentu saja kamu tetap dapat menggunakan Command + D untuk membuat salinan file. Akan tetapi, fungsi Stationary Pad bisa memastikan template koleksimu tidak akan tertimpa ketika terjadi kesalahan pada saat save.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Sayz Lim