Kesan Pertama SimCity for Mac: Kompleksitas Yang Menyenangkan

Jumat, 30 Agustus 2013 | 15:36

Sebuah simulasi pembangunan kota yang akan membuatmu senang, sekaligus kesal. Kalimat itu menggambarkan impresi pertama saya perihal SimCity for Mac.

Mungkin kamu sudah dengar kabar dari media-media hari ini, bahwa SimCity for Mac masih saja mengalami gangguan. Mulai dari tidak bisa diunduh dari Origin, tidak bisa terkoneksi ke server, sistem operasi minimal yang tidak sesuai dan lainnya.

EA sendiri mengkonfirmasi hal tersebut dengan berkata demikian:

There are a small number of players who have encountered issues with SimCity for Mac. Our live team is working individually with our players to resolve their issues and get them into the game as quickly as possible.

Okay, pernyataan EA yang waktu itu mengatakan ‘ingin membuat SimCity for Mac’ lebih sempurna, seakan menguap di udara berkat adanya kabar ini.

Baca juga: SimCity for Mac Diundur (Lagi)

Untungnya saya tidak mengalami hal demikian. Proses koneksi ke ragam server SimCity – Europe 5, Asia 2, dan North America West 3 – tidak ada masalah. Saya hanya menemukan problem delay saat menekan tombol di permainan, tapi itu bukan hal besar.

Gameplay: Kompleksitas Yang Menyenangkan

Memainkan SimCity for Mac memberikan sensasi tersendiri. Saya harus mengeksplor lebih lagi lingkungan dan tata cara yang baru, yang diterapkan Maxis dalam seri ini. Keseringan bermain dengan SimCity 4 membuat saya awalnya agak sulit beradaptasi dengan SimCity for Mac.

Kesulitan pertama yang hingga sekarang masih agak sulit untuk saya adaptasi adalah proses membuat jalan. Alih-alih mengacu pada grid layaknya di SimCity 4, di SimCity 5, Maxis menghilangkan hal itu. Mereka menggantinya dengan kebebasan membuat jalan untukmu. Ditambah lagi, ada 5 template bentuk jalan yang bisa kamu terapkan – lurus, persegi, melengkung, melingkar dan bentuk bebas.

Tapi, ketidakhadiran grid sebagai panduan untuk membuat jalan pada SimCity 5 menyulitkan saya. Tidak ada bantuan apapun kecuali lapang hijau yang harus kamu gambar dengan jalan raya. Bantuan sendiri baru akan muncul saat kamu sudah menarik sebuah jalan. Fungsinya? Untuk memastikan kalau ukuran jalanmu yang lain presisi dengan jalan yang baru kamu buat tersebut.

Kemudian, kompleksitas pemeliharaan penduduk adalah kesulitan kedua yang harus saya adaptasi dengan SimCity for Mac. Tapi itu hal ini menyenangkan. Masyarakat, minimal, perlu listrik dan air untuk bisa berkembang, baru kemudian, sarana lainnya seperti rumah sakit, sekolah, kantor polisi dan pemadam kebakaran. Di SimCity for Mac tidak seperti itu. Selain listrik dan air, kita juga harus memikirkan di mana harus menampung ‘limbah biologis dan non biologis’ para penduduk kita. Semakin ribet? Ya, tapi ini masuk akal. Bagaimana jika kamu terus saja buang limbah biologis tanpa disalurkan ke tempat penampungan akhir? Tentu saja limbah tersebut akan penuh dan penuh dan penuh dan semakin penuh hingga akhirnya…… Okay, tidak saya lanjutkan.

Proses membangun power plant atau pembangkit listrik di SimCity for Mac sendiri juga makin kompleks. Selain kamu harus melihat berapa jumlah daya yang dihsediakan dan berapa biayanya, kamu juga harus memikirkan faktor eksternal pembentuk daya di power plant tersebut. Kita ambil contoh pembangkit listrik tenaga angin. Power plant yang satu ini adalah yang paling murah dan ramah lingkungan, meski tenaga yang dihasilkan tidak sebesar power plant lainnya.

Kamu tidak bisa sembarang meletakkan pembangkit listrik tenaga angin. Sesuai dengan namanya, ia membangkitkan listrik berdasarkan putaran turbin yang digerakkan seluruhnya oleh angin. Jika kamu meletakkannya di balik bukit, tentu saja percuma kamu menggunakan pembangkit listrik yang satu ini. Kamu harus mencari tempat di mana banyak angin berembus, supaya listrik yang dihasilkan maksimal. Hal seperti ini juga bisa kamu temukan dengan pembangkit listrik lainnya.

SimCity for Mac juga menggunakan sistem budgeting yang baru. Alih-alih setiap transaksi dilakukan perbulan layaknya SimCity 4, kini, setiap transaksi akan berputar setiap jamnya.

Saya sempat membuat 2 kota di dua server yang berbeda. Kota pertama, saat baru memainkan game ini, absolutely deficit. Saya tidak mengimbangkan kebutuhan kota dengan source (listrik, biaya sarana dan pra sarana, biaya taman, dan lain-lain) yang saya hadirkan. Hal ini berakhir dengan pengeluaran yang besar, source yang besar, namun hanya digunakan 10% sampai 30% saja oleh penduduk saya. Saya rugi hingga 2000 simoleon saat itu. Saya langsung exit game.

Kemudian saya membangun kota ke–2, di server Asia 2, Genesis – Norwich Hills. Berbekal sedikit pengetahuan soal budgeting system yang baru di SimCity for Mac, saya mulai mengimbangkan antara source yang saya sediakan, dengan kebutuhan dari penduduk saya. Laporan keuangan kota masih menunjukkan pendapatan yang defisit, tapi tidak bertahan lama, karena saya melakukan expansi properti residensial dan komersial, serta industry, untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak penduduk.

Masih banyak yang belum saya eksplor di SimCity for Mac, tapi, jujur saja, dari segi gameplay kompleksitasnya, saya sangat jatuh cinta dengan game ini. Besok weekend, sepertinya saya akan mendekam di kamar untuk memainkan SimCity.

Kesimpulan

SimCity pertama kali yang saya mainkan adalah SimCity 2000 (bila kamu ingat) yang dihadirkan Maxis untuk PlayStation saat itu. Waktu itu saya masih kelas 3SD dan saya sangat kepincut dengan sistem yang ada di SimCity. Membangun kota, dan… bisa menghancurkannya.

Saya belum sempat menguji bencana-bencana apa saja yang bisa saya gunakan untuk menghancurkan Genesis, tapi itu nanti saja, ketika Genesis sudah terbangun dengan baik.

Secara keseluruhan, SimCity for Mac menawarkan kompleksitas yang ciamik, dan membuat kita berpikir lebih rasional dan luas. SimCity mengajari saya bagaimana sebuah keputusan, bisa memberi dampak yang luas buat orang-orang sekitar. Contohnya, saat saya menaikan pajak 1% saja, orang-orang yang tinggal di kota saya akan marah, beberapa di antaranya keluar, hingga pemasukkan dari sektor komersial, industri, pendidikan, hiburan dan lainnya akan berkurang, karena penduduk yang pergi itu.

Saya akan coba mainkan game ini lebih lanjut, dan menghadirkan review mendalamnya buat kamu beberapa waktu ke depan. Buat pembaca MakeMac yang sudah mengunduh dan memainkan SimCity for Mac – ataupun PC – boleh invite saya di ‘ndrandrandra’ untuk bermain bersama. Sebelum saya akhiri, berikut saya sertakan screenshot dari permainan saya tadi pagi.

Pesan saya: beli dan install game ini di Mac kamu.

Awalnya, SimCity for Mac Direncanakan Rilis Bulan Maret Silam


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Hendra Saputra