Mengenal FaceTime Audio, Fitur Telepon Gratis di iOS 7

Kamis, 26 September 2013 | 11:04

Saya selalu beranggapan jika Apple ingin membunuh SMS dengan memperkenalkan iMessage di iOS 5, 2 tahun yang lalu. Dan kini, anggapan serupa kembali menghampiri saya.

Dengan menghadirkan FaceTime Audio di iOS 7, Apple sepertinya sedang berusaha untuk membunuh teknologi panggilan telepon konvensional.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Kegunaan Control Center di iOS 7

Memang jika kita tilik lebih dalam, panggilan telepon merupakan salah satu teknologi yang cukup tua untuk sekarang ini. Esensinya sama sekali tidak berubah, tetap sama dengan saat ketika Alexander Graham Bell menemukannya – hanya medianya saja yang berubah.

Dan pada artikel ini, kami akan membahas apa itu FaceTime Audio sekaligus cara menggunakannya.

Apa Itu FaceTime Audio

Steve Jobs pertama kali memperkenalkan FaceTime di iOS 4 dan menggadang-gadang, fitur tersebut akan membuat kita serasa berada di dunia Star Trek. Bicara sambil bertatap muka, namun dengan kemudahan yang amat mumpuni.

Seiring berjalannya waktu, FaceTime pun berevolusi. Alih-alih menghadirkan teknik komunikasi dua arah dengan teknologi hologram, Apple malah memperkenalkan FaceTime tanpa perlu tatap muka atau melihat lawan bicara kita.

Dari sudut pandang harafiah, mungkin ini adalah sebuah kemunduran; fitur sebelumnya menghadirkan kecanggihan karena bisa bertatap muka dengan sangat mudahnya. Namun dari sudut pandang fungsional, FaceTime audio sangat menjanjikan.

Layaknya telepon, kita bisa berkomunikasi dengan lawan bicara kita tanpa perlu melihat mereka, namun dengan kualitas suara yang jernih. Fitur ini sendiri membuat iPod touch saya sekilas mirip dengan iPhone – bisa “telepon.”

Baca juga: Cara Block SMS dan Telepon di iOS 7

Tipikal Apple, tidak sulit untuk menggunakan fitur ini. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, identik dengan langkah-langkah ketika ingin melakukan panggilan telepon.

Rasanya tidak berlebihan jika saya merasa Apple ingin membunuh panggilan telepon dengan FaceTime audio.

Bagaimana Cara Menggunakan FaceTime Audio?

Mudah, apalagi, setelah FaceTime hadir sebagai aplikasi mandiri di iPhone dan iPod touch.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Akses FaceTime app
  2. Pilih teman yang ada di Contacts/Recents/Favorites
  3. Di section FaceTime, tap pada logo telepon
  4. Tunggu hingga temanmu mengangkat
Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat sebelum melakukan FaceTime audio:

  1. Pastikan temanmu menggunakan perangkat iOS minimal iPhone 4, iPad 2 dan iPod touch 5th Gen, dan menjalankan iOS 7.
  2. Login dengan AppleID milikmu jika kamu belum melakukannya.
  3. Jika kamu menggunakan iPhone 4, pastikan kamu terhubung dengan koneksi Wi-Fi.
  4. Cek kuota seluler sebelum melakukan FaceTime audio, jika kamu menggunakan iPhone 4s ke atas (FaceTime Over Cellular).
  5. Supaya kualitas FaceTime audio makin memuaskan, pastikan koneksi internetmu itu mencukupi.
Buat sekarang, FaceTime audio mungkin bisa jadi alternatif melakukan panggilan telepon di saat kamu kehabisan pulsa, tapi di masa depan, ada kemungkinan FaceTime audio bakal menggeser telepon. Kapan? Tidak tahu.

Apa Kekurangan FaceTime audio?

Bagi para pengguna iPhone 4, tentu saja koneksi Wi-Fi. Hal tersebut membatasi kita dalam memanfaatkan fitur FaceTime secara optimal.

Dan bagi perangkat yang sudah mendukung FaceTime Over Cellular, kecepatan internet adalah kendala. FaceTime audio sangat bergantung kepada koneksi internet, jadi, jika kecepatan internetmu kurang gesit, hal tersebut bakal mengganggu pengalaman kita dengan FaceTime audio.

Akhir Kata

Sekali lagi, ada kemungkinan FaceTime audio bakal menggantikan telepon, itu yang saya yakini.

Baca juga: Di iOS 7 Kamu Bisa Mengatur Brightness Oleh Siri

Kemudahan akses yang ditawarkan Apple lewat fitur ini akan membuat kamu tertarik untuk pindah dari menggunakan panggilan telepon konvensional, ke FaceTime audio. Kenapa harus mengeluarkan biaya untuk menelepon jika kamu sudah berlangganan paket internet dari operator tertentu dan ada FaceTime audio yang menyokong hal tersebut?

Saya kerap menggunakan fitur ini, khususnya, saat kehabisan pulsa. Saya rasa kamu juga akan demikian. Bagi kamu yang sudah menggunakan FaceTime audio, apakah ada tambahan? Sampaikan di kolom komentar ya.

Lihat Juga Halaman Lihat Tips dan Trick Penggunaan iOS 7 Lainnya


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Hendra Saputra