Review Hatch: Game Digital Pet Terbaik Buat iPhone

Rabu, 20 November 2013 | 22:22

Berbicara tentang Tamagotchi, rasa-rasanya saya seperti terlempar kembali ke masa SD, di mana saat itu saya ingin sekali cepat pulang karena mau memberi makan hewan peliharaan digital saya. Di layar monochrome yang tanpa warna sama sekali, saya merasakan pengalaman memelihara hewan yang sangat baik.

Tidak sedikit game di iOS yang mengusung tema digital pet layaknya Tamagotchi. Sebut saja Hatchi salah satu game digital pet favorit saya, Tamagotchi L.i.f.e, Petmonsters dan lain-lainnya. Mereka hadir dan meramaikan ranah game iOS dengan hewan-hewan lucu.

Namun mereka kedatangan sebuah game baru, yang tidak diragukan lagi berpotensi melengserkan kelucuan mereka. Ya, apalagi kalau bukan Hatch.

Artikel terkait:

  • Pengembang Aplikasi Clear Siap Menetaskan Game Ala Tamagotchi
  • Bersiaplah Karena Hatch, Akan Menerkammu 20 November Nanti
Hatch adalah sebuah game digital pet yang dikembangkan oleh Real Mac Software (pengembang Clear dan Ember), yang digadang-gadang bisa mencintaimu balik. Mungkin lebih tepat jika saya sebut game ini sebagai game dengan konsep “cinta 2 arah,” benar?

Hatch, Peliharaan Yang Balik Mengasihimu

Berbicara soal “cinta 2 arah,” kamu tidak perlu jujur menyatakannya. Kamu hanya perlu menunjukkannya. Dan itulah yang harus kamu lakukan terhadap Fugu, hewan yang jadi peliharaanmu di Hatch.

Diceritakan, Fugu adalah seekor hewan bertuah yang jadi rebutan di masa lampau. Karena dianggap menimbulkan perpecahan, akhirnya Fugu di sembunyikan oleh seorang tetua, sebelum akhirnya ditemukan kembali dan jadi hewan peliharaanmu. Tugasmu hanya satu, merawatnya dengan sempurna.

Fugu di dalam Hatch benar-benar real. Ia akan tertawa geli disaat kamu mengelusnya, menangis di saat kamu tidak menengoknya, kekenyangan dan bersendawa di saat kamu terlalu banyak memberinya makan, bahkan menjilatimu tanda rasa sayang, saat kamu menyuplai rasa kasih yang besar buatnya. Ia juga akan berdendang di saat kamu memutar musik lewat perangkatmu dan tertidur di kala malam. Ia tersedia dalam beragam warna yang bisa kamu pilih di saat kamu memulai game.

Kamu akan dipandu oleh seseorang bernama Alex selama game berjalan. Jadi, kamu tidak akan kesusahan buat memainkannya.

Sistem Permainan Mudah dan Harusnya Bisa Lebih Diperkaya

Tidak sulit memelihara Fugu. Kamu hanya perlu memberinya makan, bermain dengannya dan memperhatikannya. Tapi hanya itu yang bisa kamu lakukan. Tidak ada mode atau option yang lain. Semua hal kamu lakukan berdasarkan gestur saja, mulai dari mengelus, mencubit, hingga lainnya. Saya beri nilai plus untuk efek paralax yang disematkan Real Mac Software selaku pengembang buat game ini.

Okay, mungkin kamu penasaran, “jika tidak ada mode atau menu sama sekali, bagaimana saya bisa memberinya makan?” Okay, pertanyaan yang bagus. Coba lihat screenshot yang saya hadirkan di atas, apakah kamu melihat pohon yang berisi buah-buahan di dalamnya? Tarik apel atau buah lainnya itu dan lepaskan tepat di atas Fugu. Tidak perlu lagi mencari menu lalu memilih makanan apa yang akan kamu berikan buat Fugu. Semuanya sudah tersedia di pohon tersebut.

Selain untuk diberikan kepada Fugu, kamu juga bisa menjual buah-buahan tersebut agar mendapat uang – uang di Hatch berupa kacang kenari dan koin bintang – dengan cara melemparkan buah tersebut ke dalam ember penjualan. Ember penjualan akan muncul otomatis di bagian kanan bawah layar setiap kali kamu sedang memegang buah. Tapi, perlu diingat, ketika buah jatuh dari pohonnya dan terlalu lama dibiarkan di tanah, buah tersebut bisa busuk. Buang buah yang busuk tersebu supaya tingkat kesenangan Fugu bertambah.

Tingkat kesenangan Fugu sendiri diukur lewat lingkaran bunga di sekelilingnya. Ketika bunga-bunga tersebut membentuk lingkaran sempurna, ia berubah menjadi ungu. Jika bunga sudah menjadi ungu, cobalah tap Fugu dan lihat apa yang terjadi.

Setelah beberapa jam memainkan Hatch, kamu akan dibawa ke dalam toko persediaan. Di toko ini kamu bisa membeli berbagai keperluan Fugu mulai dari pangan, hingga karpet tempat tidur dan bersemayam peliharaanmu. Harga karpet sendiri beragam dan tentunya, semakin bagus karpet semakin mahal pula harganya.

Saya akui sistem permainan Hatch sangat sederhana, tapi secara pribadi, saya mengharapkan sesuatu yang lebih dari Hatch. Yang saya maksud adalah saya ingin supaya saya bisa memainkan lebih banyak lagi permainan dengan Fugu. Muncul di benak saya bermain lompat tali dengan Fugu, meninabobokannya saat Fugu tidur, Fugu yang sakit dan bersin-bersin, dan banyak lagi. Saya mengharapkan itu semua dan Real Mac Software, saya harap Anda mengabulkannya.

Tampilan Berwarna Yang Menggembirakan

Alih-alih maju dengan konsep tampilan 3D, Real Mac Software malah menghadirkan konsep game 2D. Ini bukan sebuah masalah, malah, saya rasa ini adalah keputusan yang tepat. Dengan konsep tampilan 2D karakter Fugu di dalam Hatch jadi terlihat sangat lucu, menggemaskan dan juga menyenangkan. Saya rasa kamu akan setuju dengan saya jika kamu sudah memainkannya.

Animasi di dalam game ini juga terlihat nyata. Awalnya saya cukup kaget ketika melihat Fugu beranjak dari karpetnya dan tiba-tiba berada di depan layar seraya menjilati saya. Saya juga kaget ketika saya menggoncang perangkat, badan Fugu tiba-tiba menggembung dengan sendirinya. Dan satu animasi lagi yang menurut saya paling lucu, adalah ketika kita mencubit pipi Fugu. Tampilan yang lebih banyak lagi dari game ini, bisa kamu lihat lewat galeri di bagian bawah artikel.

Konsep 2D yang membuat Fugu dan lingkungannya terlihat menarik, serta animasi-animasi yang sangat menyenangkan. Itulah Hatch.

Akhir Kata, Jangan Tinggalkan Fugu!

Akhir kata, jika sudah memainkan game ini, jangan sekali-kali meninggalkan Fugu kalau kamu tidak mau melihatnya menangis. Real Mac Software sangat jenius dalam membuat saya terus kembali dan kembali ke dalam aplikasi buatannya ini. Saya pernah tidak mengakses Hatch selama beberapa jam dan tiba-tiba muncul notifikasi kalau Fugu ngambek dan akan meninggalkan saya jika saya tidak menengoknya sesegera mungkin.

Kelebihan game ini sudah jelas; Fugu yang lucu, tampilan yang memanjakan mata, sistem permainan yang mudah dan animasi-animasinya yang menggemaskan. Kekurangannya? Harusnya Hatch bisa lebih diperkaya dengan beragam permainan-permainan, yang bisa semakin menonjolkan betapa lucunya Fugu ini.

Artikel Aplikasi Besutan Real Mac Software Lainnya:

Hatch sangat patut kamu miliki. Harga Rp 19.000 yang dibanderol oleh sang pengembang, sangat berimbang – atau mungkin lebih – jika dibandingkan dengan apa yang akan kamu rasakan saat memelihara Fugu.

Game digital pet lucu ini tersedia buat iPhone dan iPod touch, yang minimal menjalankan iOS 6.1. Segera unduh lewat tautan di bawah ini.

Download Hatch · Harga: 45000

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra