Craig Federighi: OS X dan iOS Tidak Akan Pernah Menjadi Satu

Selasa, 28 Januari 2014 | 19:28

Disadari atau tidak perkembangan OS X sekarang ini cenderung mengarah ke iOS. Dapat kita lihat dengan hadirnya notification center pada desktop OS X Mavericks, Location Service dan banyak lagi fitur iOS yang diadaptasi ke OS X. Mungkinkah keduanya kelak muncul sebuah sistem operasi yang dapat dipakai pada setiap hardware buatan Apple baik komputer dan perangkat mobile seperti iPhone atau iPad?

Baru-baru ini dalam rangka ulang tahun Mac ke 30, Jason Snell dari MacWorld mendapat kesempatan untuk mewawancara tiga petinggi Apple yaitu Phil Schiller, Craig Federighi, dan Bud Tribble. Salah satu topik yang dibicarakan adalah kemungkinan Apple untuk menggabungkan OS X dan iOS menjadi sebuah sistem operasi.

Craig Federighi, Apple SVP Software Engineering mengatakan bahwa menggabungkan keduanya hanya akan menghabiskan tenaga. Apple tidak mau menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk berpikir dan menyelaraskan dua hal yang menurutnya berbeda.

“It’s obvious and easy enough to slap a touchscreen on a piece of hardware, but is that a good experience? We believe, no.”

Baca Juga: (Konsep) OS X 10.10 Dengan Desain iOS 7 Yang Lebih Sederhana

Inovasi yang dihadirkan oleh Apple selama ini adalah mengenai bagaimana mereka menghadirkan pengalaman pengguna (user experience) yang menyenangkan. Craig Federighi yakin bahwa penggabungan dua sistem operasi tersebut justru memberikan banyak kesulitan. Mungkin dia bermaksud menyinggung pihak kompetitor yaitu Microsoft dengan Windows 8. Microsoft percaya bahwa sistem operasi yang sama untuk smartphone dan komputer akan lebih memudahkan pengguna.

Craig Federighi juga menambahkan bahwa komputer dengan perangkat input mouse dan keyboard telah hadir dan berinovasi selama 30 tahun di Apple. Hal ini tidak bisa disamakan dan diubah menjadi perangkat iOS yang menggunakan touchscreen dan baru berumur 7 tahun.

“This device (Macbook Air), has been honed over 30 years to be optimal for keyboards and mice. ”

OS X berikutnya yaitu 10.10 (menggunakan kode nama “Syrah” dengan build number 14Z109) diharapkan dapat menjadi pembuktian dari hal-hal yang disampaikan Craig Federighi. Fitur yang mungkin akan diaptasi kesana dari iOS adalah Siri dan AirDrop yang bisa mengirim dan menerima file dari perangkat iOS.

Bagaimana dengan antarmuka OS X 10.10? Saya yakin tampilannya akan dibuat sedikit lebih flat seperti iOS 7 namun dengan perubahan yang secukupnya. Bagaimana pendapat kamu? Sampaikan di kolom komentar ya.

[source site_name = “macworld” site_url = “http://www.macworld.com/article/2090829/apple-executives-on-the-mac-at-30-the-mac-keeps-going-forever.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan