Mekanisme Kerja Teknologi TouchID Buatan Apple

Kamis, 27 Februari 2014 | 17:49

Semejak dirilis akhir tahun lalu, iPhone 5s masih menjadi perangkat iPhone dengan teknologi paling canggih. Salah satunya adalah teknologi TouchID yang memberikan keamanan dengan sensor sidik jari. Baru-baru ini Apple merilis dokumen iOS Security berisi penjelasan teknologi keamanan pada iOS dengan fokus pembahasannya adalah Touch ID dan teknologi Secure Enclave.

Dalam dokumen tersebut dijelaskan bahwa Secure Enclave adalah teknologi yang terhubung dengan TouchID dan berada di dalam prosessor Apple A7. Mekanisme kerjanya diciptakan terpisah dari bagian prosessor yang mengerjakan perintah aplikasi lainnya sehingga menjamin keamanan. Setiap teknologi Secure Enclave pada prosessor Apple A7 juga dibuat dengan Unique ID yang tidak dapat diakses oleh bagian lain dalam sistem kerja iOS. Apple juga menjelaskan proses keamanan pada TouchID memiliki alur yang kompleks.

Each Secure Enclave is provisioned during fabrication with its own UID (Unique ID) that is not accessible to other parts of the system and is not known to Apple

When the device starts up, an ephemeral key is created, tangled with its UID, and used to encrypt the Secure Enclave’s portion of the device’s memory space.

Baca Juga: Apa Yang Bisa Dicomot Dari iPhone 5s?

Hal ini berarti setiap perangkat keras TouchID dalam sebuah iPhone 5s terkunci dengan setiap Secure Enclave pada prosessor Apple A7. Situs berita iMore mencoba bereksperimen dengan membongkar 2 iPhone 5s dan menukar perangkat keras Touch ID dari kedua iPhone tersebut.

Hasilnya? TouchID tidak bekerja dan dalam kasus lain pengaturan TouchID dalam aplikasi Settings menjadi hilang. Setelah dikembalikan seperti semula, Touch ID pada kedua iPhone 5s itu kembali berfungsi normal.

Saya rasa Apple sedang menyiapkan sesuatu dibalik segala teknologi keamanan yang diciptakan baru-baru ini. Masih hangat dalam pembicaraan masalah iCloud Activation Lock yang melanda saat kamu menjual/membeli perangkat iOS bekas pakai sang pengguna lupa mematikan Find My iPhone. Kali ini keamanan juga hadir langsung dari perangkat keras TouchID. Semoga akan hadir sebuah inovasi teknologi yang memang perlu mendapatkan keamanan seketat ini dari Apple.

[source site_name = “imore” site_url = “http://www.imore.com/how-apple-a7-touch-id-keep-iphone-secure”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan