Swift, Bahasa Pemrogaman Baru yang Lebih Modern

Selasa, 03 Juni 2014 | 04:35

Craig Federighi memperkenalkan sebuah bahasa pemrogaman baru bernama Swift di acara WWDC 2014. Para pengembang dapat membuat aplikasi berbasis Cocoa dan Cocoa Touch yang juga dapat bekerja berdampingan dengan Objective-C. Mudah, cepat dan menyenangkan, itulah ide yang diusung Apple saat memperkenalkan Swift.

Apple telah menulis beberapa fitur yang dimiliki Swift pada laman Apple Developer. Antara lain adalah keamanan yang lebih baik, penggunaan memory yang lebih stabil, mendukung Read-Eval-Print-Loop, fitur yang lebih modern (multiple return types, closures, generics). Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk belajar mengenai Swift, segera unduh The Swift Programming Language di iBooks Store.

Dari sisi aplikasi yang digunakan untuk coding, Apple juga telah merilis pembaruan untuk Xcode ke versi 6. Kamu dapat menikmati fitur Live Rendering, View Debugging dan Performance Testing untuk menghadirkan kemudahan ketika membangun sebuah aplikasi baik untuk perangkat iOS maupun OS X.


Baca Juga: WWDC 2014 Hadirkan SDK dan Bahasa Pemrogaman Baru


Apple juga mendemokan penggunaan Xcode 6 dan bahasa pemrogaman Swift. Barisan kode yang diberikan tampak lebih sedikit dibanding aplikasi lain dan juga mendukung mode preview secara langsung di bagian sidebar. Membuat game sederhana dengan grafik 3D juga terlihat sangat mudah bila kamu menggunakan SDK yang tepat dan Swift sebagai bahasa pemrogamannya.

Sebagai catatan, Xcode 6 versi beta baru bisa diunduh oleh pengembang terdaftar di laman Apple Developer. Pengguna umum baru dapat menikmati Xcode 6 versi publik sekitar bulan Agustus, bersamaan dengan dirilisnya OS X Yosemite.

[source site_name = “Apple Developer” site_url = “https://developer.apple.com/swift/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Bagus Hernawan