Apple Tinggalkan Yahoo, Beralih ke Weather Channel di iOS 8

Rabu, 25 Juni 2014 | 16:23

Dalam acara WWDC 2014 beberapa minggu lalu, Apple tidak menyinggung masalah aplikasi Weather yang selama ini sudah tersedia untuk perangkat iOS. Padahal sebetulnya ada sebuah berita menarik mengenai aplikasi tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple selama ini memanfaatkan layanan perkiraaan cuaca yang diberikan dari Yahoo untuk aplikasi Weather. Nah, di iOS 8 kabarnya Apple akan berhenti bekerjasama dengan Yahoo dan beralih kepada Weather Channel.

Kenapa Weather Channel? Dari informasi yang tim MakeMac kumpulkan, bisa dikatakan Apple hendak memangkas jalur informasi yang diterima, karena selama ini Yahoo sebetulnya mendistribusikan informasi yang diterima dari pihak Weather Channel.

Kerjasama Weather Channel dan Yahoo yang selama ini disimpan rapi, akhirnya terbuka juga ke publik. Kabarnya hal ini terjadi karena mantan anggota dewan di Yahoo dan David Kenny, CEO Weather Channel tidak menemukan kesepakatan yang idel untuk melanjutkan kerjasama semenjak tahun lalu.

Di kesempatan lain, Weather Channel mencoba menemui Apple dan menawarkan layanan yang lebih baik dibanding pihak lama. Antara lain layanan perkiraan cuaca yang lebih detail untuk setiap daerah, perkiraan cuaca sepanjang 9 hari (Yahoo hanya memberikan 5 hari) dan beberapa hal lainnya.


Baca Juga: Yahoo! Ingin Menjadi Mesin Pencari Utama Buat iOS


Yahoo pasti mendapatkan kerugian besar dari hal ini. Bagaimana tidak, sudah 6 tahun lebih kerjasama ini terjalin dan sekarang mereka harus berpisah dengan ratusan juta pengguna perangkat iOS yang selalu mengakses aplikasi Weather.

Sekarang mereka sedang kebingungan apakah Apple hendak melanjutkan langkah yang sama di aplikasi Stocks (untuk memantau saham) yang juga menggunakan layanan dari Yahoo. Bisa saja Apple beralih ke pihak Bloomberg, CNBC atau Reuters.

[source site_name = “recode” site_url = “http://recode.net/2014/06/20/as-weather-channel-blows-yahoo-off-apples-upcoming-ios-8-app-storms-ahead-for-mayer/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan