Review Launcher, Widget Aplikasi Favorit di Notification Center

Rabu, 24 September 2014 | 17:13

Sebagai pengguna iOS yang sering mencoba berbagai aplikasi, terkadang saya malas merapikan tampilan home screen. Hal tersebut terkadang bikin repot ketika harus mencari beberapa aplikasi di waktu cepat – Maps dan Phone misalnya. Kini, masalah tersebut dapat teratasi dengan widget Launcher untuk iOS 8. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review untuk kamu semua.

Cara Kerja Launcher

Seperti namanya, Launcher dapat membuat kamu lebih cepat mengakses fitur atau aplikasi favorit di perangkat iPad atau iPhone. Sistem kerjanya semudah menentukan daftar tugas atau aplikasi favorit lalu menampilkannya di Notification Center. Kamu bebas mengaksesnya saat dibutuhkan, semisal ketika iPad dalam kondisi lock screen atau ketika membaca artikel.

Masih bingung? Yuk simak video trailer Launcher berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Aktifkan Launcher

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka dan simak beberapa penjelasan dari sang pengembang. Langkah selanjutnya adalah mengatur daftar Favorites yang kamu inginkan. Bisa action untuk menelpon keluarga, membuat aplikasi Twitter, mengirim pesan kepada teman, atau lain sebagainya.

Sudah? Sekarang saatnya membuka aplikasi Settings > Notification Center. Atur list Notification Center sehingga Launcher berada dalam bagian atas supaya mudah digunakan. Sekalian saja matikan beberapa daftar yang tidak kamu butuhkan disana.

Langkah berikutnya adalah menampilkan Widgets tersebut. Caranya adalah swipe ke bawah perangkat iOS kamu, lalu tekan tombol edit. Cari Laucher di list bagian bawah, dengan tanda + di pojok kirinya. Pindahkan ke list di bagian atas layar dengan menekan tanda + berwarna hijau tersebut. Setelah itu tekan Done. Nah sekarang widget Laucher sudah siap untuk kamu gunakan.


Baca Juga: View Source, Extension Safari iOS 8 Khusus Pengembang Web


Kesan Menggunakan Launcher

Bagi kamu yang sering mengakses beberapa aplikasi atau kegiatan secara cepat di perangkat iOS 8, Launcher wajib hadir di Notification Center kamu. Pengaturannya yang mudah, icon yang besar dan jelas terlihat semakin membuat saya jatuh cinta dengan kemudahan yang diberikan.

Sebagai catatan, aplikasi ini dapat kamu unduh gratis dengan beberapa batasan. Antara lain daftar ikon yang hanya 2 baris dan sebuah ikon Launcher sebagai sponsor. Pengguna yang ingin beralih ke versi Pro akan mendapatkan 3 baris ikon dan dapat menghapus app Launcher dari daftar ikon.

Bagaimana, tertarik mencoba Launcher? Segera unduh ya!

Thanks, Aswira!

Download Launcher with Multiple Widgets · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan