Sanksi Telak buat Pengguna yang Menyalahi Fitur Refund di App Store Eropa

Selasa, 13 Januari 2015 | 15:30

Menyusul ditemukannya penyelewengan terhadap kebijakan pengembalian uang (refund) dalam jangka waktu 14 hari oleh seorang pengguna yang membeli aplikasi di App Store regional Uni Eropa, Apple akan mengambil tindakan keras dengan memperingatkan bahwa ia tidak bisa lagi mendapatkan refund untuk aplikasi baru.

Seperti dilansir iDownloadBlog, si pengguna menyalahgunakan kebijakan refund 14 hari itu dengan membeli puluhan aplikasi dan meminta pengembalian uang kepada Apple. Sementara aplikasinya tetap berada di perangkat, ia berhasil mendapatkan uangnya kembali senilai $25 setelah ia berbelanja aplikasi senilai $40 di App Store.

One reader explains that when Apple introduced the new 14-day return policy, he started treating this policy as a trial period of some sort. After spending about $40 in various apps to trial, he was able to get $25 refunded, but Apple took notice of his behavior and a message popping up in the App Store now warns him that he will no longer be eligible for refunds on new purchases.

Baca Juga:

Karena pengguna tersebut sudah berbuat hal yang merugikan Apple, si pengguna di atas hanya diijinkan untuk membeli untuk melanjutkan atau menekan tombol cancel buat berhenti setiap kali ingin membeli aplikasi di App Store. Peringatan ini adalah hukuman telak bagi pengguna yang merugikan Apple.

Kebijakan refund sendiri hadir pada akhir 2014 lalu atas permintaan Uni Eropa. Setelah pengguna mengajukan refund, aplikasi yang beli akan terhapus dari history di bagian Purchased dan ia tidak dapat mengunduhnya kembali.

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah