CleanMyMac 3: Bersihkan & Pantau Sistem OS X Setiap Waktu

Jumat, 10 April 2015 | 19:10

Banyak pengguna komputer Mac pemula yang bertanya, apa sih aplikasi penghapus cache files paling ampuh di OS X? Jawaban dari saya selalu sama, CleanMyMac dari pengembang MacPaw. Kabar baik untuk kamu pengguna OS X Yosemite, sang pengembang akhirnya merilis CleanMyMac 3 dengan beragam fitur baru dan dukungan tampilan untuk sistem operasi tersebut. Gak usah terlalu panjang, mari langsung kita bahas ya!

CleanMyMac 3, Hapus Dengan Beragam Pengaturan

Untuk kamu yang belum tahu, CleanMyMac 3 berfungsi untuk membersihkan, optimalisasi dan merawat sistem operasi OS X kamu agar selalu prima. Ya, prima untuk diajak bekerja dengan ngebut karena bersih dari cache file yang tidak diperlukan atau dokumen tambahan yang bisa dihapus.

Gambar di atas adalah tampilan awal CleanMyMac 3 dengan sidebar yang berisi 2 fitur utama – Cleaning alias membersihkan OS X kamu serta Utilities untuk melakukan beragam hal lainnya. Sedangkan sisi kanan adalah preview setiap fitur yang kamu pilih tadi. Untuk langkah awal silahkan lakukan Scan pada mode Smart Cleanup. CleanMyMac 3 akan mulai memindai masing-masih sesi dari fiturnya, mulai dari System Junk, iPhoto Junk, lampiran email atau beragam lainnya.

Setelah selesai, kamu bisa memilih bagian mana yang mau dihapus. Sebagai contoh, pengguna dapat menghapus tuntas dukungan bahasa asing yang tidak pernah dipakai (Rusia misal?) pada aplikasi bawaan OS X.

Sebagai catatatan, pastikan kamu membaca setiap checlist fitur yang digunakan sebelum menekan tombol clean. Jangan sampai dokumen penting kamu ikut terhapus – terutama pada fitur Large & Old Files ya.

Gak Sekedar Hapus, Tapi Juga Pantau!

Nah ini dia favorit saya, CleanMyMac 3 kini juga punya mode pemantau instan. Pengguna dapat mengintip penggunaan Hard Disk, RAM, Baterai, notifikasi aplikasi yang bermasalah (freeze) atau membuat jadwal pembersihan otomatis.

Menggunakan nama Dashboard, fitur ini dapat kau akses lewat ikon CleanMyMac 3 di Menu Bar. Tampilan menunya dibuat sangat manis dengan progress bar warna biru atau hijau. Nantinya jika ada aplikasi yang ngambek alias not responding, fitur Dashboard di CleanMyMac 3 akan muncul ke dekstop dan meminta kamu memberikan perintah. Yaitu menutup aplikasi itu agar tidak mengganggu lainnya atau menunggu hingga proses kembali normal.

Beragam Fitur Baru Lainnya

Oke, Dashboard tadi baru satu saja dari beragam fitur baru di CleanMyMac 3. Berikut ini beberapa fitur lain yang dapat saya jelaskan sedikit untuk kamu agar gak terlalu penasaran

  • Health : Fitur pemantau kesehatan perangkat keras komputer Mac kamu. Misalkan RAM yang terpakai berlebihan, temperatur Hard Disk yang memanas, serta baterai yang mulai bermasalah.
  • Maintenance : Tidak sekedar membersihkan file, tapi CleanMyMac 3 juga dapat menjalankan beragam scripts untuk fitur yang lebih mutakhir. Seperti membereskan ulang Service Database, Spotlight, dan beragam lainnya.
  • Privacy : Bagi kamu pengguna beragam peramban pihak ketiga, kini CleanMyMac 3 punya fitur untuk menhapus data-data pribadi yang sebelumnya ada di setiap peramban tadi. Mulai dari sandi akun, browsing history, data pesan yang dikirim atau hal lainnya.
  • iTunes Junk : Nah ini bagian yang harus dicoba oleh pengguna komputer Mac dengan banyak perangkat iOS. Kamu dapat membersihkan backup lawas untuk perangkat iOS yang sudah tidak terpakai, Software Update, serta hasil unduhan yang tidak bisa dibuka.
  • Mail Attachments: Ini juga salah satu fitur baru yang cukup intuitif. Fungsinya bisa untuk untuk menghapus lampiran foto-foto dalam email yang sudah kamu unduh dan masih diindex oleh app Mail.
  • CleanMyMacMenu: Fitur ini hadir di Menu Bar OS X dan berfungsi untuk melaporkan masalah yang tiba-tiba terjadi pada sistem kamu.

Berminat Mencoba CleanMyMac 3?

Saya sudah mencoba CleanMyMac 3 dan berhasil menghapus sekitar 3 GB data yang tidak digunakan. Pastinya saya akan terus menggunakan CleanMyMac 3 untuk menjaga performa OS X agar selalu maksimal.

Berminat mencoba? CleanMyMac 3 dapat kamu unduh gratis dalam versi shareware alias digunakan dengan batasan hapus file 500 MB. Jika sudah cocok dan ingin membelinya, segera kunjungi laman CleanMyMac 3 di MacPaw untuk membeli lisensi mulai dari $39.95 atau beli lisensi keluarga yang lebih murah. Saran saya segera beli CleanMyMac 3 karena pengembangnya sedang memberikan promosi diskon 50% nih!

Download CleanMyMac 3

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan