Review Order & Chaos 2 Redemption: Ksatria Penjaga Dunia Baru

Rabu, 16 September 2015 | 15:15

Pada event Gamescom yang diadakan di Cologne, Jerman bulan Agustus yang lalu, Gameloft mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan sebuah proyek baru. Gameloft kembali akan merilis seri Order and Chaos yang dinamakan Order and Chaos 2: Redemption, sebagai penerus game sebelumnya yang rilis beberapa tahun lalu.

Kebetulan saja, kemarin, Gameloft kembali memberi kesempatan tim MakeMac untuk mencoba hasil dari proyek terbarunya tersebut. Masih sama dengan pendahulunya, Order & Chaos 2: Redemption adalah sebuah game MMORPG. Tentunya dengan pembaharuan dari sisi grafis, serta kelengkapan senjata dan aksesoris.

MMORPG adalah kependekan dari massively multiplayer online role-playing games, adalah tipe game yang menggabungkan game massively multiplayer online dengan game role-playing. Kalian dapat berinteraksi dan bermain bersama dengan sesama gamer dari seluruh dunia secara real-time, atau bersamaan.

Hadirnya Races dan Class Baru

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Seperti pendahulunya, petualangan kalian di Order & Chaos 2: Redemption dimulai di Haradon. Terdapat lima races yang dapat kalian mainkan; Human, Mendel, Elf, Orc dan Kratan. Kratan termasuk reptil race, ini menjadikan Kratan satu-satunya race yang tidak dapat diubah gendernya.

Setelah memilih races dari karakter, kalian harus memilih class. Ada lima class yang dapat kalian pilih; Warrior, Ranger, Mage, Monk, dan Blood Knight. Tidak ada yang spesial dari keempat class pertama. Warrior adalah class petarung jarak dekat, sedangkan Ranger adalah petarung jarak jauh, class ini memanfaatkan jarak sebagai keuntungan dalam bertarung. Mage dan Monk adalah class yang sama-sama berkekuatan magis. Mage menggunakan kekuatan magis untuk bertarung dengan kekuatan serangan area, sedangkan Monk menggunakan kekuatan magis untuk dapat menyembuhkan diri dalam waktu yang singkat.

Blood Knight adalah class yang menarik, class ini saya ibaratkan seperti vampir yang menghisap darah lawan untuk keuntungannya sendiri. Seorang karakter dengan class blood knight mempunyai kelebihan untuk menyerap kekuatan lawan dan menggunakan darahnya untuk mengumpulkan energi, yang kemudian digunakan untuk mengeluarkan kemampuan spesialnya. Kedengaran sangat keren bukan?

Kalian juga dapat merubah wajah, gaya rambut dan warna kulit. Sebagai contoh saja, saya menggunakan karakter elf yang berwarna hijau. Lagi-lagi, Kratan mempunyai sedikit kelebihan dalam hal kustomisasi. Sebagai Kratan, kalian dapat merubah gaya wajahnya menjadi wajah seekor kadal, ular, ataupun buaya. Ada juga empat tipe tanduk Kratan yang dapat kalian pilih.

Bukan sebuah MMO namanya jika tidak ada elemen crafting di dalamnya. Order & Chaos 2: Redemption mempunyai sistem crafting yang baik. Kalian dapat mengumpulkan berbagai macam objek yang kalian dapatkan ketika membunuh lawan untuk menaikkan level dari senjata utama. Tidak hanya itu, di sepanjang perjalanan kalian akan menemukan beberapa aksesoris pakaian yang dapat digunakan untuk melengkapi karakter, seperti pakaian pelindung, sepatu pelindung, dan kalung jimat.

Sistem energi pada Order & Chaos 2: Redemption dinamakan vigor elixir. Ketika vigor dari karakter kalian habis, maka kalian harus menunggu vigor tersebut terisi kembali untuk memainkannya lagi. Waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan vigor yang terisi penuh, cukup lama, jadi tidak usah khawatir, kalian cukup punya banyak waktu untuk menyelesaikan sejumlah misi sebelum vigor tersebut habis sama sekali.

Masih belum puas bermain juga? Gameloft memberikan lima slot karakter untuk dimainkan secara bergantian. Tiga slot terakhir membutuhkan kristal untuk membukanya. Kristal ini dapat kalian dapatkan melaui in-app purchase. Dua slot karakter sisanya diberikan gratis untuk kalian mainkan. Jadi, jika salah satu dari karakter kalian kehabisan vigor, maka kalian dapat bermain menggunakan karakter yang lain. Pembagian yang cukup adil saya rasa, mengingat gamenya akan diberikan secara gratis.

Ada dua bagian map yang ada pada seri Order & Chaos 2: Redemption. Kalian dapat memilih untuk bermain di salah satu map tersebut. Tidak masalah yang mana yang kalian pilih, karena kalian dapat memilih untuk bermain di map lainnya, mengingat kalian mempunyai dua slot karakter. Saya rasa kalian pasti puas melihat besarnya map yang disediakan pada game ini.

Jalan Pintas Skill Memudahkan Pemain Saat Berada Dalam Kombat

Terdapat dua mode kontrol yang dapat dipakai secara bersamaan. Kalian dapat bergerak menggunakan virtual joystick ataupun tap dimana saja. Ketika berjalan jauh, maka akan muncul tombol tambahan yang berguna untuk membiarkan karakter berjalan secara otomatis, sehingga kalian hanya tinggal mengarahkan saja.

Kalian dapat merubah ataupun mengatur jalan pintas untuk tiga skill utama karakter pada saat karakter tidak sedang berada dalam kombat. Tiga skill utama ini berada pada kanan bawah layar, berdekatan dengan tombol serangan normal dan tombol untuk lompat, sehingga cukup mudah diakses.

Map yang Sangat Besar, Terlalu Besar Mungkin?

Map yang besar seharusnya dapat menjadi kelebihan, tetapi lain cerita apabila kalian terpaksa kalah dalam sebuah pertarungan. Kalian akan hidup kembali di tempat checkpoint terdekat atau dengan membayar uang sungguhan. Jika kalian memilih pilihan pertama, ini berarti, kalian harus berjalan kembali, melalui jalan yang sama untuk kedua-kalinya dan berharap untuk tidak melakukan kesalahan untuk kesekian kalinya, yang membuat karakter kalian mati. Karena jika kalian mati, maka kalian harus melalui jalan yang sama kembali, sekali lagi.

Alokasi status ketika karakter naik level dilakukan secara otomatis. Ini berarti, pemain diharuskan untuk memilih tipe class sejak awal sesuai dengan gaya bermain. Ketika kalian lebih suka pertarungan jarak dekat, maka kalian harus memilih karakter dengan class warrior. Ketika kalian salah memilih, misalnya menggunakan tipe class mage untuk gaya bermain jarak dekat, maka kalian akan menemui banyak kesulitan di sepanjang cerita karena kalian tidak mempunyai cukup damage status. Jadi saran saya, kalian harus dapat menentukan class sesuai dengan gaya permainan kalian sedari awal.


Baca Juga:

Kesimpulan

Setelah kebanyakan dari MMORPG lainnya dipenuhi dengan adanya in-app purchase yang rakus, grafik yang tidak berubah ke arah yang baik, serta jalan cerita yang ala kadarnya, Order & Chaos 2: Redemption berhasil memikat saya untuk kembali memainkan game MMORPG.

Adanya fitur crafting yang cukup detail, dari persenjataan hingga aksesoris. Meningkatnya tampilan grafis serta jalan cerita yang baik. Tidak salah jika saya sangat merekomendasikan game ini untuk kalian. Untuk kalian pecinta seri Order & Chaos, berhati-hatilah karena game ini berpotensi untuk sekali lagi membuat kalian kecanduan. Sementara bagi kalian yang tidak terlalu menyukai game dengan tipe ini, rasanya kalian harus mencoba untuk bermain Order & Chaos 2: Redemption untuk mencoba, siapa tahu aja, game ini berhasil meracuni kalian untuk menyukai MMORPG.

Jika sudah tidak sabar lagi, kalian dapat melihat gameplay dari Order & Chaos 2: Redemption pada video yang saya sertakan dibawah artikel ini. Dan sembari menonton, ada baiknya jika kalian juga melakukan registrasi terlebih dulu untuk mendapatkan bonus eksklusif saat gamenya resmi dirilis. Kalian dapat mengakses website orderandchaos2.com untuk info lebih lanjut.

Sebagai pengingat saja, pastikan kalian simpan artikel ini karena besok, tepatnya tanggal 17 September, saya akan update lagi artikel ini untuk menyertakan link dari Order & Chaos 2: Redemption di App Store.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Download Order & Chaos 2-Fantasy MMORPG · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya