15 Fitur Favorit di iOS 9 yang Wajib Kamu Coba

Selasa, 29 September 2015 | 19:03

Sistem operasi iOS 9 sudah dirilis untuk publik sejak tanggal 16 September 2015 lalu. Setelah cukup puas mencoba beragam halnya, saya ingin berbagi beberapa diantaranya yang paling menarik – dan tentunya membantu kegiatan sehari-hari. Berikut ini 15 fitur favorit di iOS 9, bisa kamu coba di iPad ataupun iPhone ya!

1. Font dan Multitasking Tentu Saja!

Untuk kamu yang belum tahu, iOS 9, Apple Watch serta OS X El Capitan mengusung font San Fransisco. Perubahan ini diberikan untuk memberikan tampilan yang lebih jelas dan tegas, terutama untuk layar dengan dukungan Retina Display.

Lanjut ke Switching Task, mode yang biasa digunakan dengna cara menekan Home Button 2x ini juga mendapatkan wajah baru. Tampilannya bertumpuk seperti lembaran buku, membuat kamu lebih cepat ketika menhapus aplikasi dari background.

Nah untuk bagian multitasking alias melihat 2 aplikasi dalam 1 layar, Aple memberikan mode ini untuk iPad. Ada 3 jenis yaitu Slide Over, Split View dan Picture in Picture. Informasi lengkapnya dapat kamu cek di laman kupas tuntas multitasking iPad.

2. Pencarian di App Settings

Akhirnya Apple mengadopsi fitur yang sudah sejak lama ada di System Preferences pada pengguna komputer Mac. Ya, kini kamu dapat melakukan swipe dari tengah layar ke bawah pada app Settings untuk menampilkan kolom Search. Ketikkan saja salah satu fitur yang ada di bagian cukup dalam pada mode pengaturan – AssitiveTouch misal. Tekan dan selamat, kamu sudah tiba di halaman pengaturan Assitive Touch.

3. Low Power Mode

Tidak asal gembar-gembor saja, saya sudah membuktikan bahwa iOS 9 berhasil membuat penggunaan baterai lebih hemat. Salah satu kuncinya adalah mode Low Power Mode yang ada di bagian Settings > Battery.

Aktifkan mode ini jika kamu perlu menghemat baterai, sudah menunjukkan indikator merah misalnya. Sebagai catatan, beragam fitur pendukung akan otomatis dimatikan jika masuk ke Low Power Mode (menarik email dari server, background app refresh, automatic downloads dan beberapa lainnya). Nantinya jika kamu menghubungkan perangkat iPhone ke charger dan mengisi daya hingga penuh, mode ini dapat otomatis mati. Menarik kan!

Catatan: Low Power Mode tidak tersedia di perangkat iPad ya

4. Kustomisasi AssitiveTouch

Kini kamu dapat mengatur tampilan menu yang ada di tombol virtual Assitive Touch. Akses saja dari Settings > General > Accessibility > AssitiveTouch > Customize Top Level Menu.

Silahkan tambah, kurangi atau ubah susunan menu di bagian itu dengan selera dan kebutuhan kamu ya! Saya sendiri hanya menyisakan fungsi Home, Siri, Control Center dan menambahkan mode Screenshot.

5. Pengaturan Huruf Kapital

Kini kamu tidak perlu bingung lagi apakah keyboard kamu ada dalam mode huruf kapital atau biasa. Atur saja dari mode Settings > General > Keyboards > Character Preview ON.

Dengan pengaturan ini, tuts keyboard akan menampilkan mode huruf besar dan kecil secara langsung. Dijamin deh gak takut salah lagi!

6. WiFi Assist

Sering mendapatkan jaringan WiFi yang tidak oke, dan malas jika harus mematikannya secara manual, mengganti koneksi ke selular data? Tenang, sekarang ada mode Wi-Fi Assist untuk melakukan hal tersebut secara otomatis yaitu berpindah ke jaringan selular data ketika WiFi yang kamu gunakan dianggap sangat bermasalah.

Lakukan pengaturan ini di mode Settings > Cellular > Wi-Fi Assist. Bagian ini ada di tampilan paling bawah, setelah kamu scroll jauh ke bawah dari daftar aplikasi yang dapat menggunakan selular data.


Baca Juga:

7. App Photos: Folder Selfies dan Screenshot

Apalah artinya perangkat iPhone jika tidak digunakan untuk narsis – foto bersama atau mengabadikan beragam momen dengan selfie. Di iOS 9 ini kamu dapat menjumpai smart folder bernama Selfies. Setiap foto yang kamu jepret dengan kamera depan dan terdeteksi oleh fitur face detection akan secara otomatis hadir d folder tersebut.

Hal serupa juga berlaku untuk gambar Screenshot. Ada folder dengan nama tersebut yang berisi setiap gambar screenshot yang kamu ambil dari layar iPhone atau iPad. Saya sangat menikmati mode ini terutama ketika membuat artikel review! Bagaimana dengan kamu?

8. App Photos: Pilih Foto Masal dengan Slide Saja

Sering menggunakan fitur Select di app Photos untuk memberi tanda ke beberapa foto sekaligus dan menghapusnya atau menyimpan di folder? Nah jika sebelumnya kamu harus menggunakan app pihak ketiga , sekarang fitur ini hadir secara bawaan di iOS 9.

Coba lakukan hal berikut: buka app Photos > Albums > Camera Roll > Select. Setelah itu swipe jari kamu dari kiri ke kanan foto atau arah sebalinya untuk memberi tanda. Mudah dan cepat kan!

9. Buka Notifikasi & Kembali ke Aplikasi Sebelumnya

Sering sekali saya sedang bermain game lalu ada notifikasi dari sosial media atau chat yang harus cepat dijawab. Nah setelah membereskan “gangguan” tadi, tidak perlu capek lagi untuk membuka mode multitasking dan kembali ke game kamu.

Cukup tekan teks di kiri atas layar dengan nama Back to (nama aplikasi). Sudah deh, kamu bisa bermain game lagi atau melanjutkan penggunaan aplikasi sebelumnya.

10. Siri Suggestions

Ini juga salah satu fitur menarik yang ada di iOS 9. Siri kini tampil kian cerdas dan mendukung saran yang dapat dipanggil lewat Spotlight (swipe dari atas ke bawah) atau dari halaman baru yang ada di sebelah kiri home screen paling depan.

Saran yang dapat diberikan juga beragam. Mulai dari kontak yang paling sering kamu hubungi, aplikasi yang terakhir dipakai, tempat atau hal menarik di sekitar kamu (tidak mendukung di Indonesia), atau beragam hal lainnya.

11. Safari: Tampilan Mobile atau Desktop?

Untuk kamu yang suka blog walking atau sekedar membaca artikel menarik di forum internet, Safari di iOS 9 punya cara yang lebih sederhana untuk memberikan tampilan web dalam mode desktop.

Cukup tekan ikon Extension di bagian bawah pilih Request Desktop Site. Sayangnya saya belum menemukan cara untuk kembali ke tampilan mobile – kecuali kamu menutup jendela peramban Safari tersebut dan masuk lagi ke laman yang sama.

12. Safari: Favorit Saya, Simpan Halaman Web ke iBooks!

Yes, ini fitur yang sudah sangat lama saya tunggu di perangkat iOS. Kini pengguna dapat menyimpan artikel atau laman web favorit dalam bentuk dokumen PDF. Nantinya dokumen ini akan disimpan di aplikasi iBooks. Sebelum hadir di iOS 9, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga semacam Printer Pro.

Cara menggunakan fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur nomer 11, via tombol Extensions. Pastikan laman web kamu sudah selesai dalam proses loading lalu tekan Extensions > Save PDF to iBooks. Setelah itu tampilan akan berubah ke aplikasi iBooks dan selamat menyimpan dokumen halaman web secara offline.

13. Siri nan Cerdas

Si personal assistant ini sudah semakin cerdas dan dapat membantu kamu dalam beragam kegiatan sehari-hari. Favorit saya adalah filterisasi foto seperti meminta Siri untuk menampilkan daftar foto dari suatu kota yang pernah kamu ambil.

Atau bisa juga untuk mengendalikan layanan Apple Music – memintanya memutar daftar lagu terbaik tahun ini, semua lagi dari artis favorit kamu atau beragam hal lainnya.

14. Aplikasi iCloud Drive

Jika di iOS 8 kamu kesulitan untuk menggunakan iCloud Drive sebagai cloud service untuk menyimpan dan mengorganisir dokumen, kini tidak lagi. Di iOS 9 silahkan masuk ke Settings > iCloud > iCloud Drive > Show on Home Screen. Pengaturan ini akan menampilkan app iCloud Drive – mirip Dropbox deh kurang lebih untuk mengatur segala dokumen kamu di awan.

15. Notes

Selamat tinggal beragam apliaksi pencatat! Sekarang ada Notes di iOS 9 yang sudah mendukung mode list, anotasi dengan gambar sketsa goresan tangan serta lampiran foto. Ingat, pastikan kamu memilih dukungan mode ini dan menggunakan layanan Notes di iCloud Drive untuk dapat menggunakan 3 mode baru ini ya!

Punya Fitur Favorit Lain?

Ada fitur favorit kamu yang belum masuk dalam daftar yang saya buat? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya supaya pembaca lain juga mendapatkan informasi tambahan yang menarik!


Ebook iPhone User Guide for iOS 9 Resmi Tersedia di iBooks


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Bagus Hernawan