(iOS 9) Tweak Jailbreak Pilihan dari Pembaca MakeMac

Jumat, 16 Oktober 2015 | 09:47

Perangkat iOS 9 sudah bisa Jailbreak! Ya, pastinya kamu tahu donk berita ini. Meskipun masih banyak tweak yang belum berjalan sempurna, sudah ada beberapa yang cukup menarik dan wajib kamu coba. Berikut ini beberapa tweak favorit dari teman-teman yang ngetweet ke @MakeMac.

SwipeSelection

Semenjak iOS 7, SwipeSelection adalah favorit saya. Fungsinya sederhana saja, melakukan swipe di atas permukaan keyboard virtual perangkat iOS untuk menggeser teks cursor. Hal ini cocok sekali untuk kamu yang sering salah ketik dan kesulitan untuk kembali ke beberapa kata di belakang.

iFile

Apalah artinya Jailbreak jika tidak menginstal iFile, setuju? Tweak ini berfungsi seperti folder explorer. Kamu bisa menjelajah ke system file atau menggunakan iFile untuk menyimpan dokumen dan tweaking alias mengedit tema yang kamu instal dengan Winterboard.

Activator

Tweak yang sudah lama sekali ada ini masih terus mendapatkan update dari pembuatnya. Fungsinya adalah kustomisasi gesture atau akses tombol untuk fitur tambahan yang dapat kamu atur secara bebas. Misalkan nih tap 3 jari bersamaan di layar untuk mengambil screenshot, tekan dan tahan di bagian status bar untuk mode multitasking, atau beragam hal lainnya.

revealMenu

Iri dengan perangkat iPhone 6s yang menggunakan 3D Touch? Jangan sedih dulu, nih instal aja tweak revealMenu. Kamu dapat merasakan sensasi menekan dan tahan ikon di homescreen untuk menampilkan beberapa shortcut cepat aplikasi. Sayangnya belum ada pengaturan untuk durasi tekanan atau hal lainnya – semoga saja segera hadir di pembaruan berikutnya.

Forcy

Serupa dengan revealMenu, tapi mode shortcut ala 3D Touch diaktifkan dengan swipe ikon ke atas. Lebih ribet memang rasanya, tapi dijamin tidak bentrok dengan fitur tekan dan tahan di iOS untuk menghapus atau memindahkan ikon aplikasi.

Medusa

Secara bawaan, perangkat iPad di iOS 9 yang mendukung mode multitasking Split View hanya iPad Air 2, iPad Mini 4 dan iPad Pro nanti. Nah jika kamu ngebet banget untuk mencoba mode ini di perangkat lain, coba gunakan tweak Medusa. Stt.. Kabarnya tweak ini juga berjalan untuk pengguna yang masih ada di iOS 8 loh!

F.lux

Bagi pengguna yang sering merasa sakit mata karena temperatur warna di layar iPhone yang cukup silau di tempat gelap misal, coba gunakan F.lux. Mirip dengan versi yang ada di OS X, tweak ringan ini akan membantu kamu mengatur warna di iPhone, menjadi sedikit lebih kuning dan gelap. Ya, tidak membuat mata sakit walaupun menggunakan iPhone di tengah kegelapan.

Baca Juga:

Punya Tweak Favorit Lain?

Gimana, seru kan? Atau kamu punya tweak favorit lain? Silahkan bagikan di kolom komentar ya! Sebagai catatan, masih sangat banyak tweak yang belum sepenuhnya mendukung iOS 9. Apalagi yang berbai ngoprek sistem dan membutuhkan dukungan dari tweak lain. Jangan nekat coba-coba instal – nanti malah iPhone kamu mengalami bootloop dan harus restore untuk membereskannya.

Lantas gimana donk? Gampang, silahkan buka laman iOS 9 Tweak Compatibility berikut. Cek apakah tweak favorit kamu sudah 100% mendukung, masih ada gangguan atau sama sekali tidak mendukung. Baru deh setelah itu kamu putuskan untuk menginstalnya. Jangan lupa, bagikan juga screenshot penggunaan tweak favorit kamu dengan cara tweet ke @MakeMac atau tag Instagram MakeMac ya!

Happy Jailbreaking!

Apa Itu Jailbreak?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan