12 Game Simulasi Pilihan Penulis MakeMac (Part 1)

Selasa, 27 Oktober 2015 | 17:15

Jenuh saat melakukan aktifitas harian memang tidak dapat dihindari. Tetapi jangan biarkan rasa jenuh tersebut menumpuk, sehingga menyebabkan kalian menjadi malas untuk melakukan rutinitas harian. Salah satu cara untuk melepas jenuh adalah dengan berlibur atau mengisi waktu dengan mencoba hal baru.

Sayangnya, tidak mudah untuk mencari waktu yang tepat untuk berlibur. Oleh karena itu ada baiknya kalian mencoba alternatif kedua, yaitu mencoba hal baru dengan bermain game simulasi. Kabar baiknya, tim MakeMac sudah membuat list panjang tentang game simulasi terbaik, yang dapat kalian mainkan di iPhone, iPad, atau iPod kalian.

Game simulasi adalah sebuah genre dari video game, dimana, desain dari game tersebut dibuat menyerupai situasi dan kondisi yang sebenarnya. Semua gambar dan kegiatan di dalam game dengan genre simulasi ini memang sengaja dibuat mencontek desain aslinya, termasuk berbagai aktifitas yang terjadi di dunia nyata. Biasanya, game dengan genre simulasi tidak memiliki tujuan khusus ataupun jalan cerita. Pemain dapat bermain terus tanpa takut game tersebut akan selesai.

Sebagai catatan saja, list game dibawah dinilai berdasarkan popularitas dan fitur yang terdapat pada game itu sendiri, dan dibagi menjadi beberapa subgenre dari game simulasi. Berikut adalah dua belas game simulasi yang wajib kalian mainkan!

SimCity BuildIt

Siapa sih yang tidak mengenal game SimCity? SimCity adalah game simulasi tentang konstruksi dan manajemen pembangunan kota yang pertama kali diperkenalkan oleh Maxis, yang sekarang adalah salah satu divisi dari tim pengembang raksasa Electronic Arts. Seri game SimCity sendiri sudah dibuat untuk berbagai macam versi termasuk PC, konsol dan untuk tablet.

Walaupun tidak ada fitur multiplayer di dalam SimCity BuildIt, interaksi dengan pemain lain dapat diwujudkan secara tidak langsung dengan adanya fitur jual-beli atau barter yang muncul setelah kalian mencapai level tertentu. Kelengkapan dan gameplay yang diberikan juga lengkap, dapat dibilang sekelas dengan game untuk PC dan konsol. Fiturnya yang banyak dan lengkap menjadikan game ini pantas untuk masuk ke dalam list.

Soal grafis, tidak perlu ditanya lagi, game ini berhasil memanjakan mata pemain dengan detail yang sangat bagus, macam bangunan yang dapat dibangun juga cukup banyak sehingga kota yang dibuat nantinya terlihat berwarna-warni. Suara dari environment kota dibuat sedemikian rupa sehingga menggambarkan kondisi sebenarnya. Selain itu, musik latar khas yang ceria akan selalu menemani pemain mengatur dan membangun kota milikmu sendiri.

Download SimCity BuildIt · Harga: Gratis

TheSims Freeplay

Satu lagi seri game simulasi yang dihadirkan oleh Electronic Arts, yaitu TheSims Freeplay. Game ini menyajikan simulasi kehidupan sehari-hari, termasuk makan, tidur, dan bekerja. Dibuat dengan sedikit berbeda dengan seri The Sims lainnya, di dalam TheSims Freeplay, pemain dapat mengendalikan banyak karakter sekaligus.

Lalu apa yang menarik dari TheSims Freeplay? Aksi yang kalian lakukan di dalam game memakan waktu yang sama seperti di dunia nyata. Ketika sims—karakter manusia dalam game ini dipanggil—harus bekerja selama delapan jam, maka kalian harus menunggu delapan jam di dunia nyata, sampai aktifitas tersebut selesai. Jika salah satu sims tidur, maka kalian dapat bermain dengan sims lainnya. Menarik bukan?

Grafis dan musik latar yang diberikan dipertahankan. Grafisnya digambar dengan detail sehingga satu sims dengan lainnya berbeda-beda. Akan ada hewan yang juga hadir di dalam game ini. Musik latarnya dibuat ceria sehingga pemain tidak dibuat bosan walaupun musik yang diputar tidak banyak berubah.

Download The Sims™ FreePlay · Harga: Gratis

FIFA 16 Ultimate Team

Tidak bisa dipungkiri bahwa tim pengembang yang satu ini memang yang terdepan dengan game simulasinya. Tidak heran jika game simulasi olahraga sepakbola ini adalah hasil besutan tim pengembang Electronic Arts. Seri FIFA sebenarnya sudah dimulai sejak lama dan hampir tiap tahunnya rilis, tetapi tim pengembang nampaknya tetap berhasil mempertahankan game ini menjadi yang terbaik.

Grafis yang diberikan memang masih kalah dengan yang hadir pada seri FIFA pada PC dan konsol, namun demikian, bukan berarti gambarnya jelek. Untuk ukuran game yang hadir di tablet, FIFA 16 Ultimate Team sangatlah baik. Ditambah lagi dengan dukungan lain hal, yaitu Electronic Arts yang mempunyai lisensi untuk hampir semua pro liga. Ini berarti, seragam, badges, dan stadium ditampilkan sesuai dengan aslinya.

Download · Harga:

Surgeon Simulator

Menjadi dokter adalah hal yang tidak mudah, dengan adanya konsekuensi yang berat jika terjadi kesalahan. Tidak boleh terjadi kesalahan yang dapat membahayakan pasien. Situasi yang sama akan kalian hadapi pada game simulasi kedokteran, Surgeon Simulator. Game ini dibuat oleh tim pengembang Bossa Studios Ltd dan sebenarnya telah hadir terlebih dahulu di PC, hingga kemudian dibuat ulang, sebelum akhirnya dirilis resmi untuk iPad.

Inilah kesempatanmu menjadi dokter sungguhan. Bedanya, alih-alih menjadi simulasi kedokteran yang serius, game ini justru penuh dengan selingan humor. Bagaimana tidak, kalian dapat melakukan hal apa saja disini, termasuk bercanda saat operasi. Sedikit menakutkan memang jika kalian tidak suka dengan hal yang berdarah-darah, karena kita dapat mengendalikan berbagai macam alat yang terkadang tidak ada hubungannya sama sekali dengan medis, seperti palu misalnya.

Download Surgeon Simulator · Harga: 45000


Baca Juga:

FTL: Faster Than Light

Datang dari tim pengembang indie bernama Subset Games, FTL: Faster Than Light adalah sebuah game simulasi tentang pesawat luar angkasa. Game yang juga telah dibuat untuk Mac, PC, dan Linux ini mempunyai misi yang mudah. Misi tersebut adalah menghantarkan data penting ke markas federasi. Tetapi jangan tertipu dengan misinya yang terdengar mudah, banyak halangan yang akan kalian hadapi dalam perjalanan panjang menuju markas.

Dalamnya sistem strategi yang hadir dalam FTL: Faster Than Light juga menambah adanya tantangan untuk kalian. Kalian dapat merekrut member, menambah jumlah persenjataan, barter barang-barang untuk senjata baru, hingga harus beraksi karena adanya musuh. Simulasi yang dihadirkan meliputi pintu otomatis, sensor, persenjataan, hingga pelindung untuk kapal luar angkasa. Hal tersebut harus diatur sedemikian rupa agar pesawat dapat bertahan dari serangan musuh. Semua hal tersebut dijadikan satu dan ditampilkan dengan grafis yang sederhana bergaya pixelated 2D.

Download FTL: Faster Than Light · Harga: 149000

Game Dev Story

Jika selama ini kalian hanya bermain game saja, bagaimana jika sekarang kita bermain game untuk membuat game? Bingung ya? Pada Game Dev Story, pemain diajak untuk mengelola sebuah perusahaan game. Ini adalah salah satu game simulasi bisnis terbaik yang tersedia di App Store. Game ini dibuat oleh tim pengembang yang berasal dari Jepang, bernama Kairosoft Co.,Ltd.

Grafis yang dihadirkan memang khas sekali dengan game Kairosoft lainnya, yaitu berbentuk karakter mini pixelated 16-bit. Namun jangan tertipu dengan tampilannya yang terkesan lucu. Gameplay dari Game Dev Story sendiri cukup detail. Seperti halnya di dunia nyata, kalian diharapkan untuk membuat game untuk konsol ataupun PC, yang tentunya membutuhkan lisensi berbeda. Genre dan gaya game yang akan kalian buat juga menjadi tanggung-jawab kalian. Hasil dari semua hal tersebut nantinya dapat dilihat dari seberapa banyak game yang berhasil dijual oleh perusahaanmu sendiri.

Download Game Dev Story · Harga: 75000

Penasaran dengan enam game selanjutnya yang akan masuk dalam list? Cek kembali roundup games untuk minggu depan ya!


12 Game Simulasi Pilihan Penulis MakeMac (Part 2)


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya